10+ Ciri-Ciri Globalisasi Beserta Dampak dan Penjelasannya [Lengkap]

10+ Ciri-Ciri Globalisasi Beserta Dampak dan Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri globalisasi – Globalisasi merupakan proses mendunia yang terjadi akibat kemajuan teknologi. Proses globalisasi dirasakan di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Terdapat ciri-ciri dan karakteristik globalisasi yang ada di sektor ekonomi, politik, lingkungan, sosial, budaya, informasi dan lain-lain.

Pengertian globalisasi secara umum adalah proses dimana dunia menjadi semakin terhubung sebagai akibat dari meningkatnya perdagangan secara masif serta terjadinya pertukaran budaya. Sedangkan definisi globalisasi menurut KBBI adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia atau singkatnya berarti mendunia.

Adanya kemajuan teknologi dan akses internet menjadi faktor pendorong globalisasi di era modern. Terdapat dampak positif dan negatif globalisasi yang bisa kita rasakan di sekitar kita. Kita pun akan terdampak dari proses globalisasi, baik secara langsung atau tidak langsung.

Terdapat beberapa ciri-ciri globalisasi yang bisa kita amati. Contoh unsur karakteristik globalisasi bisa dilihat di sektor informasi dimana kita mendapat akses informasi dengan lebih mudah dan cepat yang didorong berkat adanya internet dan teknologi gadget.

(baca juga unsur-unsur globalisasi)

ciri-ciri globalisasi

Ciri-Ciri Globalisasi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri globalisasi beserta penjelasannya, baik di bidang ekonomi, politik, budaya, lingkungan, informasi dan komunikasi secara internasional.

Kebijakan liberisasi

Salah satu ciri utama globalisasi adalah adanya liberisasi. Artinya terdapat kebebasan bagii pengusaha untuk mendirikan industri, usaha perdagangan atau usaha apapun, baik di dalam negara mereka sendiri atau pun usaha di luar negeri.

Perdagangan bebas

Ciri-ciri globalisasi berikutnya adalah adanya perdagangan bebas atau free-trade. Kebijakan ini terjadi sehingga perdagangan bebas antar negara semakin gencar. Tidak ada atau kurangnyanya kontrol pemerintah yang berlebihan atas sektor perdagangan.

Adanya keterbukaan

Dalam era globalisi, hal yang paling menonjol adalah adanya keterbukaan di segala aspek kehidupan. Hal ini paling bisa dilihat pada aspek komunikasi dan informasi. Sebuah berita bisa langsung menyebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu hitungan detik. Segala informasi juga bisa didapatkan dengan akses mudah dan cepat.

Konektivitas

Karakteristik globalisasi yang lain adalah adanya konektivitas antar individu. Orang bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda negara dan melewati batas nasional lewat media teknologi tertentu. Kini tiap orang bisa dengan mudah terhubung dan terkoneksi dengan siapa saja di seluruh dunia.

Perubahan ekonomi dunia

Globalisasi akan sangat mempengaruhi kondisi ekonomi nasional dan internasional. Ciri globalisasi juga meliputi aspek ekonomi dimana kegiatan ekonomi dikendalikan baik oleh pasar domestik dan pasar internasional beserta koordinasinya dalam lingkup global.

Proses komposit

Ciri globalisasi berikutnya adalah proses kompsoit. Yang dimaksud pada ciri ini adalah adanya integrasi negara-bangsa di seluruh dunia oleh ikatan ekonomi, komersial, politik, budaya dan teknologi umum sehingga akan menciptakan tatanan dunia baru tanpa batas nasional.

Kebudayaan global

Ciri-ciri globalisasi juga dapat dilihat dari aspek budaya. Globalisasi membuat budaya suatu negara menjadi lebih dikenal secara global. Adanya sarana dan media seperti internet mempercepat persebaran sebuah budaya, yang meliputi kebiasaan, tradisi, film, musik, tarian, gaya hidup, cara berpakaian dan aspek budaya lain.

Privatisasi

Privatisasi menjadi salah satu karakteristik globalisasi berikutnya. Yang dimaksud privatisasi yaitu menjaga negara menjauh dari kepemilikan sarana produksi dan distribusi serta membiarkan arus bebas aktivitas industri, perdagangan dan ekonomi lintas batas.

Akses Transportasi dan Komunikasi

Globalisasi juga mempengaruhi kecepatan transportasi dan komunikasi. Hal ini bisa dilihat pada terjadinya percepatan interaksi dan komunikasi secara mendunia dengan terciptanya sistem transportasi maju, sehingga mempercepat pertukaran serta difusi ide, barang barang, informasi, modal dan juga masyarakat.

Adanya Isu Lingkungan

Salah satu ciri yang termasuk dampak negatif globalisasi adalah adanya masalah lingkungan yang mengharuskan adanya upaya dari negara tertentu atau secara global. Kerusakan lingkungan dan alam menjadi tak terhindarkan sebagai dampak dari globalisasi di era modern, mulai dari kerusakan tanah, air atau pemanasan global.

Nah itulah pembahasan 10 ciri-ciri globalisasi di Indonesia dan di dunia beserta penjelasannya. Globalisasi memiliki pengaruh dan dampak di berbagai bidang, baik sektor politik, ekonomi, lingkungan, sosial, budaya, informasi, komuniaksi, transportasi dan sebagainya.

Tinggalkan komentar