Ciri-Ciri Planet Saturnus Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-Ciri Planet Saturnus Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-ciri planet Saturnus – Terdapat 8 nama-nama planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari, mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Nah kali ini akan khusus dibahas mengenai ciri-ciri dan karakteristik planet Saturnus beserta gambar dan penjelasan lengkapnya.

Planet Saturnus merupakan planet urutan ke-6 dalam tata surya. Saturnus merupakan planet dengan ukuran terbesar kedua setelah planet Jupiter. Ciri khas dari planet ini adalah memiliki cincin raksasa yang sangat indah. Karena cincin itu jugalah planet Saturnus sering dianggap sebagai planet yang paling indah.

Saturnus telah diketahui sejak zaman prasejarah. Nama Saturnus mengacu pada dewa pertanian dan panen dalam mitologi Yunani di zaman Kekaisaran Romawi. Saturnus memiliki banyak satelit alami, beberapa di antaranya memiliki ukuran yang cukup besar.

(baca juga ciri-ciri planet Jupiter)

ciri-ciri planet saturnus

Ciri-Ciri Planet Saturnus

Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dan karakteristik planet Saturnus selengkapnya, meliputi nama lain, ciri-ciri fisik, urutan planet dalam tata surya, warna dan permukaan, jarak planet ke matahari, waktu rotasi dan revolusi, gaya gravitasi, rata-rata suhu, jumlah satelit dan cincin, komposisi penyusun, dan fakta-fakta unik planet lainnya.

Nama Lain Planet :

Dalam bahasa Inggris, planet Saturnus disebut sebagai Saturn. Nama lain planet Saturnus adalah Zohal.

Ciri-Ciri Fisik Planet Saturnus :

Planet Saturnus memiliki luas permukaan sebesar 4,27 x 1010 km2. Diameter planet Saturnus mencapai 120536 km, dengan volume planet sebesar 8,271 x 1014 km3. Adapun massa planet Saturnus adalah 5,683 x 1026 kg dengan kemiringan sumbu mencapai 26,73º.

Urutan Planet dalam Tata Surya :

Planet Saturnus merupakan planet urutan keenam dalam tata surya, setelah planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan Jupiter. Planet Saturnus juga termasuk kategori planet luar, karena orbitnya tidak berada di antara matahari dan planet Bumi.

Warna dan Permukaan Planet :

Warna planet Saturnus dilihat dari penampakannya adalah berwarna kuning pucat. Adapun permukaan planet Saturnus tersusun dari unsur-unsur gas dengan materi penyusun utamanya adalah gas hidrogen dan helium.

Jarak dari Planet ke Matahari :

Jarak dari planet Saturnus menuju ke Matahari adalah sekitar 1.400.000.000 kilometer.

Waktu Rotasi dan Revolusi :

Waktu rotasi planet Saturnus untuk berputar pada porosnya adalah 11 jam saja. Sedangkan waktu revolusi planet Saturnus untuk mengelilingi matahari adalah 29 tahun.

Gaya Gravitasi Planet :

Planet Saturnus memiliki gaya gravitasi sebesar 10,44 m/s2. Planet ini memiliki atmosfer yang tersusun atas gas amonia dan metana, serta sedikit kandungan asetilena, etana dan fosfin.

Rata-Rata Suhu Planet :

Planet Saturnus memiliki rata-rata suhu mencapai 134 Kelvin atau sekitar -139,15 derajat Celcius.

Jumlah Satelit dan Cincin :

Planet Saturnus memiliki 59 satelit alami, termasuk beberapa satelit terbesarnya seperti Titan, Rhea, Iapetus, dan Dione. Selain itu planet Saturnus juga memiliki cincin besar dari bongkahan es.

Komposisi Penyusun Planet :

Unsur-unsur dan komposisi penyusun planet Saturnus terdiri dari hidrogen (96%), helium (3%), metana (0,4%), amonia (0,01%), hidrogen deuterida (0,01%), etana (0,0007%), dan gas-gas kecil lainnya.

Fakta Unik Planet Saturnus :

Planet Saturnus adalah planet terbesar kedua dalam tata surya, setelah planet Jupiter. Selain itu waktu rotasi Saturnus merupakan yang tercepat kedua dibanding planet lain. Saturnus juga dianggap sebagai planet terindah dan tercantik karena memiliki cincin yang indah dipandang.

Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri planet Saturnus beserta gambar dan karakteristik planet lengkap. Saturnus dikenal sebagai planet paling indah karena memiliki cincin yang sangat cantik untuk dilihat.

Tinggalkan komentar