7+ Jenis-Jenis Administrasi Beserta Pengertian, Fungsi & Penjelasannya

7+ Jenis-Jenis Administrasi Beserta Pengertian, Fungsi & Penjelasannya

Jenis-jenis administrasi – Pengertian administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Tugas-tugas administrasi menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam kegiatan perkantoran, organisasi, dan bahkan pemerintahan. 

Administrasi dapat diartikan sebagai seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Pembelajaran terkait tugas administrasi pun banyak ditemui.

Fungsi dan tujuan administrasi antara lain adalah untuk memantau aktivitas administrasi dalam perusahaan, menilai kegiatan-kegiatan pengorganisasian perusahaan, menyusun program peningkatan usaha dan kegiatan engorganisasian, serta untuk mengevaluasi dan perbaikan kinerja perusahaan.

Berdasarkan jenisnya, administrasi juga bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Tiap jenis administrasi memiliki ciri-ciri dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya administrasi niaga bertujuan untuk mendapat keuntungan, sedangkan administrasi negara berfungsi sebagai ilmu dalam tata negara dan lembaga-lembaga di dalamnya.

(baca juga unsur-unsur administrasi)

jenis-jenis administrasi

Jenis-Jenis Administrasi

Ada beberapa macam-macam administrasi yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan jenis-jenis administrasi beserta penjelasannya.

Administrasi Perkantoran (Publik)

Administrasi perkantoran atau publik merupakan jenis administrasi dalam bentuk kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik di sebuah organisasi. Umumnya pekerja yang bekerja di bidang ini disebut sebagai administrator atau admin.

Administrasi Negara

Administrasi negara merupakan jenis administrasi yang berkaitan dengan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Jenis administrasi ini juga meliputi hal-hal yang berkaitan dengan publik seperti kebijakan publik, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Administrasi Niaga

Administrasi niaga merupakan salah satu jenis administrasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan atau keuntungan bisnis. Umumnya administrasi niaga tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga atau bisnis yang bisa mendatangkan profit ekonomi.

Administrasi Pembangunan

Administrasi pembangunan merupakan jenis administrasi yang meliputi proses pengendalian usaha oleh negara atau pemerintah untuk merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan. Tujuannya adalah menuju ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.

Administrasi Kependudukan

Administrasi kependudukan merupakan jenis administrasi berupa rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi penduduk. Nantinya data akan digunakan untuk pelayanan publik dan pembangunan di bidang sektor yang lain. 

Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan merupakan jenis administrasi yang meliputi segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan dan pencapaian tujuan sebuah organisasi perusahaan. Jenis administrasi keuangan ini menghasilkan otuput berupa laporan keuangan yang membantu pengambilan keputusan bagi perusahaan atau organisasi.

Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan merupakan jenis administrasi berupa proses keseluruhan dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak terkait dengan tugas-tugas pendidikan. Jenis administrasi ini juga mencakup kegiatan-kegiatan yang luas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan di bidang pendidikan.

Nah itulah 7 jenis-jenis administrasi beserta pengertian dan penjelasannya. Secara umum jenis-jenis administrasi terdiri dari administrasi perkantoran, negara, niaga, pembangunan, kependudukan, keuangan, dan pendidikan.

Tinggalkan komentar