Batas-Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis (Daratan dan Lautan)

Batas-Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis (Daratan dan Lautan)

Batas-batas wilayah Indonesia secara astronomis – Indonesia adalah negara dengan letak yang cukup strategis. Letak geografis Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra. Indonesia pun memiliki wilayah perbatasan. Batas-batas wilayah Indonesia bisa berupa batas daratan atau batas lautan, baik di sebelah utara, barat, timur atau selatan.

Berdasarkan letak geografis Indonesia, posisi wilayahnya terletak di antara dua benua dan dua samudera. Dua benua yang mengapit wilayah Indonesia adalah benua Asia dan benua Australia. Sementara dua samudera yang mengapit wilayah Indonesia adalah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Sementara berdasarkan letak geologis Indonesia terletak di antara 2 jalur pegunungan dunia, 3 lempeng tektonik dan 3 daerah dangkalan laut. Adapun letak astronomis Indonesia terletak di antara 6° LU sampai 11° LS serta di antara 95° BT sampai 141° BT.

Wilayah Indonesia pun termasuk cukup luas. Negara ini juga termasuk negara maritim karena sebagian wilayahnya adalah perairan serta juga termasuk negara kepulauan karena terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga memiliki banyak wilayah perbatasan dengan negara lain.

Secara umum batas wilayah Indonesia dibagi menjadi dua yakni batas daratan dan batas lautan. Batas daratan merupakan daerah perbatasan di darat dengan negara lain. Sementara batas lautan merupakan perbatasan di wilayah perairan bisa dengan wilayah perairan negara lain atau daerah laut lepas.

batas-batas wilayah indonesia secara astronomis

Batas-Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Nah apa saja batas-batas negara Indonesia di bagian utara, barat, timur dan selatan? Berikut akan dijelasakan batas-batas wilayah Indonesia baik batas darat Indonesia maupun batas lautan Indonesia di sebelah utara, barat, timur dan selatan terlengkap.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Batas wilayah Indonesia sebelah utara memiliki batas darat dan laut. Untuk batas daratan di sebelah utara berbatasan dengan wilayah negara Malaysia. Kedua negara memiliki batas daratan yang ada di wilayah pulau Kalimantan atau Borneo.

Sedangkan untuk batas lautan wilayah Indonesia di sebelah utara berbatasan dengan wilayah perairan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Perbatasan ada di wilayah perairan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Batas wilayah Indonesia sebelah barat memiliki batas lautan saja dan tidak memiliki batas daratan dengan negara lain. Batas laut wilayah Indonesia di sebelah barat berbatasan dengan perairan Samudera Hindia serta berbatas juga dengan wilayah perairan negara India.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Batas wilayah Indonesia sebelah timur memiliki batas darat dan laut. Untuk batas daratan di sebelah timur berbatasan dengan wilayah negara Papua Nugini. Kedua negara memiliki batas daratan yang ada di wilayah pulau Papua atau Irian Jaya.

Sedangkan untuk batas lautan wilayah Indonesia di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik yang merupakan wilayah perairan lepas.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Batas wilayah Indonesia sebelah selatan memiliki batas darat dan laut. Untuk batas daratan di sebelah selatan berbatasan dengan wilayah negara Timor Leste. Kedua negara memiliki batas daratan yang ada di wilayah pulau Timor di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan untuk batas lautan wilayah Indonesia di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia serta wilayah perairan negara Australia.

Demikian pengetahuan mengenai batas-batas wilayah Indonesia daratan dan lautan secara astronomis lengkap beserta penjelasannya. Secara umum memang Indonesia memiliki batas-batas wilayah di tiap arah, baik di bagian utara, bagian barat, bagian timur dan bagian selatan.

Tinggalkan komentar