Fungsi dan Manfaat Asuransi Beserta Tujuan dan Penjelasannya [Lengkap]

Fungsi dan Manfaat Asuransi Beserta Tujuan dan Penjelasannya [Lengkap]

Fungsi dan manfaat asuransi – Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Adanya asuransi berawal karena ketidakpastian yang mungkin terjadi. Kita tentu tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, entah itu 1 tahun lagi atau mungkin besok. Hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi sewaktu-waktu, sehingga asuransi dibutuhkan untuk menanggung kerugian atau kehilangan tersebut.

Terdapat banyak jenis-jenis asuransi, sebut saja seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi jaminan hari tua, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan, asuransi properti dan harta benda, dan sebagainya. Tiap jenis tentu memiliki mekanisme masing-masing.

Satu hal yang pasti, bahwa tiap jenis asuransi memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yang paling utama adalah untuk mengalihkan resiko dan meminimalisir potensi kerugian. Asuransi juga bisa bermanfaat sebagai bentuk investasi dan tabungan juga.

(baca juga tujuan manajemen)

fungsi dan manfaat asuransi

Fungsi Asuransi

Terdapat beberapa fungsi asuransi yang cuku penting seperti untuk mengalihkan resiko dan menghimpun dana. Berikut merupakan beberapa fungsi asuransi beserta penjelasannya.

1. Sebagai Pengalih Resiko

Asuransi berfungsi sebagai pengalih resiko atau kerugian. Dengan demikian, sejumlah resiko yang mungkin saja menimpa bisa teralihkan pada jaminan yang ada di produk asuransi tersebut. Resiko kerugian atau kehilangan tersebut bisa ditutupi oleh pihak asuransi.

2. Sebagai Penghimpun Dana

Asuransi juga berfungsi sebagai penghimpun dana. Dana terhipun dari masyarakat berupa iuran asuransi, yang dikelola sedemikian rupa, untuk kelak akan akan dipergunakan untuk membayar kerugian yang mungkin akan diderita salah seorang tertanggung.

3. Memberi Keseimbangan Premi dan Jumlah Tanggungan

Fungsi asuransi berikutnya adalah memberikan keseimbangan antara premi yang dibayarkan dengan perlindungan yang nantinya diberikan apabila nasabah mengalami peristiwa yang merugikan. Dengan kata lain nasabah akan diberikan ganti rugi yang seimbang atau sesuai dengan premi yang dibayarkan setiap bulannya.

4. Sebagai Sarana Investasi

Asuransi juga bisa berfungsi sebagai sarana investasi. Dana yang dihimpun dari nasabah itu akan dikembangkan oleh pihak asuransi. Pada beberapa jenis asuransi, premi asuransi juga bisa diambil pada masa tertentu karena tidak pernah ada klaim sama sekali sebelumnya.

5. Membagi Resiko Kerugian

Fungsi asuransi juga penting untuk membagi resiko kerugian. Dengan adanya asuransi, maka potensi kerugian dapat dibagi kepada pihak lain. Dengan kata lain, pembayaran premi yang dilakukan nasabah adalah seimbang dengan risiko yang dialihkan kepada perusahaan asuransi.

Tujuan Asuransi

Program asuransi tentu memiliki tujuan-tujuan tertentu, salah satunya memberi jaminan perlindungan dan resiko bagi pihak pertama. Berikut merupakan tujuan-tujuan asuransi selengkapnya.

  • Memberikan jaminan perlindungan dari risiko-risiko kerugian yang diderita satu pihak.
  • Meningkatkan efisiensi perusahaan, karena tidak perlu secara khusus mengadakan pengamanan dan pengawasan untuk memberikan perlindungan karena sudah tertutup asuransi.
  • Memeratakan biaya, karena cukup mengeluarkan biaya premi yang jumlahnya tertentu dan tidak perlu mengganti kerugian yang timbul yang jumlahnya tidak tentu dan tidak pasti.
  • Sebagai dasar bagi pihak bank untuk memberikan kredit karena bank memerlukan jaminan perlindungan atas agunan yang diberikan oleh peminjam uang.
  • Sebagai tabungan, karena jumlah yang dibayar kepada pihak asuransi akan dikembalikan dalam jumlah yang lebih besar, khusus berlaku untuk asuransi jiwa.
  • Menutup loss of earning power seseorang atau badan usaha pada saat ia tidak dapat berfungsi atau bekerja.

Manfaat Asuransi

Terdapat beberapa manfaat asuransi yang bisa dirasakan pihak pertama dan pihak kedua. Berikut ini merupakan beberapa manfaat asuransi beserta penjelasannya.

1. Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Manfaat asuransi yang pertama adalah dapat memberikan rasa aman dan tenang. Dengan adanya asuransi, maka kita merasa lebih tenang dalam memghadapi ketidakpastian di masa depan, termasuk potensi kerugian atau kehilangan tertentu karena akan ditutup oleh asuransi.

2. Meminimalisir Potensi Kerugian

Adanya asuransi juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir potensi kerugian dan kehilangan. Dengan membayar premi asuransi, maka segala bentuk kerugian dan kehilangan akan diganti oleh pihak asuransi, sehingga jumlah kerugian bisa diminimalisir.

3. Membantu Mengatur Keuangan

Manfaat asuransi selanjutnya adalah dapat membantu mengatur keuangan. Adanya asuransi akan membantu mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian, sehingga kita tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak asuransi akan menyediakan ganti rugi.

4. Menambah Investasi dan Tabungan

Asuransi juga bisa bermanfaat sebagai investasi dan tabungan. Dengan menggunakan asuransi, maka kita mendapat jaminan pengembalian asuransi di akhir kontrak. Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan.

5. Mempermudah Mendapat Pinjaman Bank

Asuransi bermanfaat untuk mempermudah kita mendapatkan pinjaman dari bank. Untuk meminjam dana dari bank ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun jika kita memiliki asuransi bagi barang jaminan, maka pihak bank tidak akan berpikir lagi untuk memberi pinjaman dana.

6. Menutup Loss of Earning Seseorang atau Badan Usaha

Manfaat asuransi yang terakhir adalah mampu menutup loss of earning dari seseorang atau badan usaha yang sedang tidak bekerja. Artinya saat ada masalah dan gangguan pekerjaan, maka pihak asuransi siap untuk menanggungnya sementara.

Nah itulah penjelasan manfaat dan fungsi asuransi secara umum beserta penjelasannya secara lengkap. Terdapat banyak manfaat dan kemudahan dari program asuransi bagi nasabahanya yang bisa digunaka dengan baik dari segi ekonomi.

Tinggalkan komentar