5+ Tujuan Manajemen Bagi Perusahaan dan Organisasi Secara Umum

5+ Tujuan Manajemen Bagi Perusahaan dan Organisasi Secara Umum

Tujuan manajemen – Pengertian manajemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Dalam melaksanakan kegiatan manajemen, terdapat tujuan dan fungsi yang ingin dicapai perusahaan atau organisasi tertentu.

Pada prakteknya, terdapat 6 unsur-unsur manajemen yakni manusia (man), uang (money), bahan (materials), mesin (machines), metode (methods), dan pasar (market). Teori unsur manajemen tersebut dikenal dengan istilah 6M dan jadi unsur proses manajemen yang utama yang selalu ada di tiap perusahaan.

Selain itu juga terdapat 14 prinsip-prinsip manajemen antara lain yaitu pembagian kerja, wewenang dan tanggungjawab, disiplin, kesatuan perintah, kesatuan pengarahan, mengesampingkan kepentingan individu, penggajian, pemusatan, rantai hierarki, ketertiban, kesetaraan, stabilitas kondisi pegawai, inisiatif, serta kesatuan dan semangat.

Fungsi manajemen secara umum adalah merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengendalikan. Jika fungsi ini dijalankan dengan benar, maka tujuan manajemen yang diinginkan perusahaan tentu dapat tercapai dengan tepat.

tujuan manajemen

Tujuan Manajemen

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja tujuan dan fungsi manajemen beserta penjelasannya lengkap.

1. Melaksanakan dan Mengevaluasi Strategi Perusahaan

Tujuan manajemen yang pertama adalah melaksanakan strategi perusahaan dan melakukan evaluasi terhadap strategi tersebut. Sebelumnya strategi telah ditentukan secara kolektif untuk dijalankan agar produksi perusahaan berjalan efektif dan efisien.

Evaluasi juga perlu dilakukan untuk menentukan apakah strategi tersebut berhasil atau tidak. Jika berhasil, maka strategi tersebut akan terus digunakan. Sebaliknya jika dirasa strategi perusahaan kurang efektif, maka akan dicarikan solusi strategi yang baru.

2. Meninjau Kembali Implementasi Fungsi dan Kinerja Anggota

Manajemen juga bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, meninjau kembali, dan melakukan pengkajian ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika dianggap terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.

Dalam hal ini pembagian tugas dan wewenang pada anggota yang terlibat juga ditinjau kembali, apakah efektif atau tidak. Hal ini penting untuk melakukan evaluasi terhadap fungsi manajemen secara keseluruhan, apakah sudah benar atau tidak.

3. Memperbarui Strategi Sesuai Perkembangan Eksternal

Tujuan manajemen juga penting untuk terus memperbahrui strategi dan kebijakan perusahaan dari waktu ke waktu. Hal ini penting untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan faktor eksternal yang terus berubah-ubah.

Tantangan-tantangan baru selalu muncul di hadapan perusahaan, sehingga strategi yang digunakan harus terus berubah dan beradaptasi dengan situasi eksternal terbaru. Kegiatan ini penting agar target perusahaan dapat terus tercapai.

4. Meninjau SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)

Manajemen juga penting untuk melakukan peninjauan terhadap analisis SWOT yakni strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman). Menganalisis SWOT penting agar perusahaan terus bisa beroperasi.

Kita tentu harus tahu kekuatan dan kelemahan perusahaan agar bisa terus berkembang dan melakukan perbaikan. Selain itu peluang yang ada juga harus diidentifikasi, begitu pula dengan ancaman dan tantangan yang mungkin hadir ke depannya.

5. Melakukan Inovasi

Tujuan manajemen juga bertujuan untuk melakukan inovasi atas kegiatan sehingga kita hidup kita lebih teratur. Dalam kaitannya dengan operasi perusahaan, tujuan ini penting agar perusahaan terus beroperasi dan mampu mencapai target.

Inovasi-inovasi sangat diperlukan agar operasional perusahaan tidak berhenti di satu titik saja. Pada akhirnya, inovasi baru akan mampu meningkatkan efektivitas kinerja para anggota yang juga berimbas pada tercapainya tujuan dan sasaran organisasi.

Nah itulah pembahasan mengenai apa saja tujuan manajemen beserta pengertian, unsur-unsur, serta fungsi manajemen secara umum. Kegiatan manajemen pun penting dilakukan guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasi secara tepat dan efisien.

Tinggalkan komentar