20+ Contoh Kebutuhan Primer dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia

20+ Contoh Kebutuhan Primer dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia

Contoh kebutuhan primer – Secara umum macam-macam kebutuhan manusia dibedakan menjadi 3, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia dan harus dipenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup.

Kebutuhan primer menjadi sangat penting untuk berlangsungnya kehidupan manusia. Artinya kebutuhan primer harus didahulukan terlebih dahulu dan diprioritaskan, dibandingkan dengan kebutuhan sekunder (kebutuhan tambahan setelah primer) dan kebutuhan tersier (kebutuhan yang bersifat mewah dan untuk kesenangan semata).

Contoh kebutuhan primer yang paling utama adalah sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan (tempat tinggal). Ketiganya menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi untuk bisa tetap hidup. Tanpa makan, pakaian, dan tempat tinggal, tentu manusia tidak akan bisa bertahan hidup.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak juga kebutuhan primer manusia lainnya. Misalnya seperti kebutuhan pendidikan dan kebutuhan informasi. Begitu pula dengan kesehatan atau kebutuhan akan kelurga dan teman.

Contoh Kebutuhan Primer

Berikut akan dijelaskan apa saja yang termasuk contoh kebutuhan primer manusia dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kebutuhan sandang, pangan, papan, dan lain-lain.

1. Sandang

contoh kebutuhan primer sandang

Sandang merupakan contoh kebutuhan primer manusia. Sandang berarti pakaian yang berfungsi untuk menutupi tubuh sebagai bentuk proteksi dan perlindungan dari udara panas dan dingin. Memakai pakaian juga sesuai dengan nilai dan norma masyarakat.

2. Pangan

contoh kebutuhan primer pangan

Pangan adalah kebutuhan primer yang utama bagi manusia. Tanpa makan dan minum, manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Kebutuhan makan dan minum penting untuk memberi asupan nutrisi dan energi agar bertahan hidup dan menjalani kehidupan sehari-hari.

3. Papan

Papan adalah rumah atau tempat tinggal, dan termasuk kebutuhan primer juga. Rumah penting agar kita bisa berlindung dan berteduh, serta sebagai tempat tinggal, sebagai tempat tidur dan istirahat juga, serta sebagai tempat berkumpul bersama keluarga.

Contoh Kebutuhan Primer Lainnya

Selain 3 kebutuhan primer yang utama (sandang, pangan, papan), juga ada beberapa contoh kebutuhan primer yang dibutuhkan manusia seiring perkembangan zaman, di antaranya adalah sebagai berikut :

Keluarga

Keluarga jadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Sejak kecil kita hidup dibesarkan oleh orang tua, yakni ayah dan ibu. Kita tumbuh berkembang dengan saudara-saudara kita. Lalu manusia juga akan menikah dan membentuk keluarga baru.

Teman

Selain keluarga, memiliki teman juga menjadi sebuah kebutuhan pokok. Sejak kecil kita berinteraksi dengan teman-teman, baik teman sekolah atau teman lingkungan. Begitu pula saat sudah besar, kita berinteraksi dengan teman kerja juga.

Kesehatan

Kesehatan menjadi kebutuhan primer yang dibutuhkan manusia. Memiliki tubuh dan jiwa yang sehat sangat penting untuk menjalankan kehidupan. Kesehatan harus terus dijaga dengan berolahraga dan makan yang teratur, serta pola hidup sehat lainnya.

Pendidikan

Di era modern seperti sekarang, pendidikan sudah jadi kebutuhan primer. Menempuh pendidikan penting untuk menambah wawasan dan sebagai bekal masa depan yang baik. Memiliki ilmu pengetahuan juga penting untuk meningkatkan kualitas diri.

Informasi

Informasi juga sudah jadi kebutuhan wajib bagi manusia, apalagi di era digital seperti sekarang. Orang-orang berlomba-lomba agar tidak ketinggalan informasi terbaru. Akses informasi bisa didapat dengan mudah dan cepat dengan bantuan internet.

Kasih Sayang

Manusia juga membutuhkan kasih sayang, baik dari orang tua, keluarga, pasangan, teman, dan lain-lain. Tanpa kasih sayang seseorang akan merasa kesepian dan hidupnya hampa. Oleh karena itu kasih sayang sudah jadi kebutuhan wajib bagi manusia.

Kebutuhan Primer Lainnya :

  • Pekerjaan
  • Pengetahuan
  • Identitas diri
  • Privasi
  • Berhubungan
  • Keamanan
  • Ketentraman
  • Keselamatan
  • Diakui keberadaannya
  • Menunjukkan kemampuan
  • Dihargai dan menghargai
  • Dicintai dan mencintai

Nah itulah contoh-contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari manusia. Secara umum ada 3 kebutuhan pokok manusia yang utama yakni sandang, pangan, dan papan serta beberapa kebutuhan primer lainnya.

Tinggalkan komentar