Ciri-Ciri Planet Jupiter Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-Ciri Planet Jupiter Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-ciri planet Jupiter – Terdapat 8 nama-nama planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari, mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Nah kali ini akan khusus dibahas mengenai ciri-ciri dan karakteristik planet Jupiter beserta gambar dan penjelasan lengkapnya.

Planet Jupiter adalah planet urutan ke-5 dalam tata surya. Jupiter dikenal sebagai planet dengan ukuran terbesar dalam tata surya. Luas permukaa Jupiter 120 kali lipat lebih besar dibanding planet Bumi. Planet ini terdiri dari gas hidrogen dan helium sebagai unsur penyusunnya.

Jupiter telah dikenal oleh para astronom sejak zaman kuno, dan dikaitkan dengan mitologi dan kepercayaan religius banyak peradaban. Nama Jupiter pun dinamai dari dewa Jupiter dalam mitologi Romawi. Jupiter juga memiliki banyak satelit, bahkan satelit terbesar Jupiter, Ganymede lebih besar ukurannya dibanding planet Merkurius.

(baca juga ciri-ciri planet Mars)

ciri-ciri planet jupiter

Ciri-Ciri Planet Jupiter

Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dan karakteristik planet Jupiter selengkapnya, meliputi nama lain, ciri-ciri fisik, urutan planet dalam tata surya, warna dan permukaan, jarak planet ke matahari, waktu rotasi dan revolusi, gaya gravitasi, rata-rata suhu, jumlah satelit dan cincin, komposisi penyusun, dan fakta-fakta unik planet lainnya.

Nama Lain Planet :

Dalam bahasa Inggris, planet Jupiter juga dikenal sebagai Jupiter. Nama lain planet Jupiter adalah Jovian atau Musytari.

Ciri-Ciri Fisik Planet Jupiter :

Planet Jupiter memiliki luas permukaan sebesar 6,142 x 1010 km2 Diameter planet Jupiter mencapai 142984 km, dengan volume planet sebesar 1,43 x 1015 km3. Adapun massa planet Jupiter adalah 1,898 x 1027 kg dengan kemiringan sumbu mencapai 3,13º.

Urutan Planet dalam Tata Surya :

Planet Jupiter merupakan planet urutan kelima dalam tata surya, setelah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet Jupiter juga termasuk kategori planet luar, karena orbitnya tidak berada di antara matahari dan planet Bumi.

Warna dan Permukaan Planet :

Warna planet Jupiter dilihat dari penampakannya adalah berwarna yang tampak berlapis-lapis dengan kombinasi oranye dan putih. Adapun permukaan planet Jupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, serta tidak memiliki permukaan yang padat layaknya raksasa gas lainnya.

Jarak dari Planet ke Matahari :

Jarak dari planet Jupiter menuju ke Matahari adalah sekitar 778.000.000 kilometer.

Waktu Rotasi dan Revolusi :

Waktu rotasi planet Jupiter untuk berputar pada porosnya adalah 10 jam saja. Sedangkan waktu revolusi planet Jupiter untuk mengelilingi matahari adalah 11 tahun.

Gaya Gravitasi Planet :

Planet Jupiter memiliki gaya gravitasi sebesar 24,8 m/s2. Planet ini memiliki atmosfer terbesar dalam tata surya dengan ketinggian yang membentang hingga 5000 km.

Rata-Rata Suhu Planet :

Planet Jupiter memiliki rata-rata suhu mencapai 165 Kelvin atau sekitar -108,15 derajat Celcius.

Jumlah Satelit dan Cincin :

Planet Jupiter memiliki 79 satelit alami, paling banyak dibanding planet lain. Selain itu planet Jupiter juga memiliki cincin.

Komposisi Penyusun Planet :

Unsur-unsur dan komposisi penyusun planet Jupiter terdiri dari hidrogen (89%), helium (10%), dan gas-gas kecil lainnya.

Fakta Unik Planet Jupiter :

Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya dengan ukuran raksasa. Jupiter juga menjadi planet dengan waktu rotasi paling cepat, 1 hari di Jupiter hanya berlangsung 10 jam saja. Planet ini juga jadi planet dengan jumlah satelit alami paling banyak, yakni 79 satelit yang masih diketahui sejauh ini.

Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri planet Jupiter beserta gambar dan karakteristik planet lengkap. Jupiter dikenal sebagai planet terbesar dalam tata surya, serta memiliki jumlah satelit alami paling banyak dibandingkan dengan planet-planet lainnya.

Tinggalkan komentar