6 Faktor Penyebab Gempa Bumi Beserta Penjelasannya [Lengkap]

6 Faktor Penyebab Gempa Bumi Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Faktor penyebab gempa bumi – Pengertian gempa bumi secara umum adalah peristiwa alam berupa getaran atau gerakan bergelombang pada kulit bumi yang ditimbulkan oleh tenaga asal dalam. Gempa bumi adalah bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu, biasanya karena adanya aktivitas tektonik atau vulkanik.

Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismoteter. Adapun skala yang digunakan dalam mengukur kekuatan gempa bumi adalah skala richter.

Gempa bumi dengan kekuatan besar dapat menyebabkan kerusakan bangunan dan tak jarang merenggut banyak korban jiwa. Di daerah pesisir, gempa bumi juga bisa menimbulkan bencana tsunami. Karena letak geografis Indonesia dan secara geologis ada di lempeng benua, maka Indonesia termasuk negara yang rawan gempa.

(baca juga ciri-ciri makhluk hidup)

faktor penyebab gempa bumi

Faktor Penyebab Gempa Bumi

Secara umum sebagian besar gempa bumi disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi. Bisa juga gempa dikarenakan aktivitas vulkanik. Dalam beberapa kasus, gempa bumi bisa disebabkan adanya injeksi cairan atau massa air yang menumpuk, meski jarang terjadi.

Bahkan gempa bumi bisa disebabkan ulah manusia juga loh. Nah berikut ini adalah penjelasan 6 faktor penyebab terjadinya gempa bumi.

1. Pergeseran Lempeng Bumi

Faktor penyebab terjadinya gempa bumi yang paling utama dan paling sering adalah adanya pergeseran lempeng bumi. Hal ini terjadi karena adanya retakan yang kemudian bergerak dengan cepat sebagai akibat pelepasan energi dari dalam bumi (endogen) atau dari luar bumi (eksogen).

2. Pergerakan Magma dalam Gunung Berapi

Hal lain yang dapat menyebabkan gempa bumi adalah aktivitas gunung berapi atau vulkanik. Pergerakan magma pada gunung berapi juga jadi faktor penyebab gempa bumi dan menimbulkan gejala letusan gunung berapi vulkanik. Faktor ini membuat banyak terjadi gempa di sekitar gunung berapi.

3. Adanya Injeksi Cairan dari dan ke dalam Bumi

Dalam beberapa kasus tertentu, ada juga bencana gempa bumi yang terjadi karena ekstraksi cairan. Lebih detailnya gempa bumi terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari atau ke dalam Bumi. Kasus gempa bumi karena faktor ini sangat jarang terjadi.

4. Massa Air yang Menumpuk

Faktor lain yang juga jarang terjadi adalah karena massa air yang menumpuk. Gempa bumi bisa terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam atau bendungan. Kasus ini sangat jarang terjadi namun pernah terjadi di daerah Zambia, Afrika.

5. Terjadi Ledakan Besar

Tahukah kamu kalau gempa bumi juga bisa terjadi karena campur tangan manusia? Dalam realitanya, gempa bumi juga bisa terjadi jika ada ledakan besar yang disebabkan manusia. Meski tidak sebesar gempa bumi tektonik, gempa bumi ini cukup membuat tanah bergetar. Ledakan besar bisa terjadi karena uji coba nuklir dan sejenisnya.

6. Tumbukan Meteor atau Asteroid

Secara teori, gempa bumi bisa terjadi jika ada meteor, asteroid atau benda langit lain yang jatuh ke permukaan bumi. Tumbukan meteor cukup besar untuk menyebabkan bumi berguncang. Gempa bumi jenis ini jarang terjadi dan jika terjadi, hanya berskala kecil saja.

Demikian pembahasan 6 faktor penyebab gempa bumi bisa terjadi dan penjelasan lengkapnya. Gempa bumi termasuk bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu, terutama di wilayah lempengan atau gunung berapi. Sebagai negara rawan gempa, pihak pemerintah harus memperhatikan hal ini dengan serius.

Tinggalkan komentar