Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan [Lengkap]

Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan [Lengkap]

Indonesia adalah negara yang berada pada posisi strategis. Letak geografis Indonesia termasuk strategis karena Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra yang sering disebut posisi silang Indonesia. Lantas bagaimana kondisi letak geografis Indonesia dan wilayahnya? Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia? Kali ini akan ditampilkan penjelasan letak geografis Indonesia dalam peta dunia beserta pengaruhnya.

Secara geografis Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara yang strategis dimana negara ini juga termasuk sebagai negara maritim dan negara kepulauan. Batas wilayah Indonesia berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Australia, Papua Nugini dan Timor Leste.

Dalam peta dunia, letak geografis Indonesia berada cukup strategis dan menjadi salah satu pusat perdagangan dunia. Indonesia berdekatan dengan benua Asia dan Australia. Pengaruh letak geografis Indonesia memberi banyak dampak bagi Indonesia. Hal ini juga turut dipengaruhi oleh letak astronomis Indonesia dan letak geologis Indonesia.

(baca juga 10 pulau terbesar di dunia)

letak geografis indonesia

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis wilayah Indonesia berada pada posisi yang strategis yang disebut dengan posisi silang negara Indonesia. Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Asia dan Australia dan Indonesia terletak diantara dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia.

Indonesia Terletak Diantara Dua Benua (Asia dan Australia)

Menurut posisi geografisnya, maka Indonesia diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Asia dan Australia menjadi benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia.

Posisi geografis Indonesia tersebut tentunya menguntungkan Indonesia sebab dapat terbentuknya lalu lintas perdagangan dunia. Tidak sekedar pada segi perdagangan saja, situasi tersebut pula dapat mempengaruhi kondisi iklim serta cuaca di Indonesia.

Indonesia Terletak Diantara Dua Samudra (Pasifik dan Hindia)

Selain diapit oleh dua benua, Indonesia diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Kondisi geografis Indonesia ini menyebabkan adanya dua macam musim di Indonesia yakni musim penghujan dan musim kemarau.

Pengaruh letak geografis di Indonesia ini menyebabkan terjadinya musim penghujan di Indonesia yang berlangsung antara bulan Oktober sampai April dan musim kemarau yang terjadi dalam kurun antara April sampai Oktober.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Letak wilayah Indonesia secara geografis tentu memberi efek dan akibat tertentu. Pengaruh letak geografis Indonesia ini berdampak pada beberapa sektor mulai dari ekonomi, politik, keadaan alam dan sosial budaya. Berikut beberapa akibat dan pengaruh terhadap kondisi geografis Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Alam

  • Wilayah Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan.
  • Indonesia memiliki iklim musim, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah. Hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan di Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Penduduk

  • Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang seni, bahasa, budaya, peradaban, dan agama.
  • Kekayaan kultur di Indonesia tidak terlepas dari kebudayaan yang terletak di sekitarnya yang mengalami proses asimilasi dan melahirkan kebudayaan lain yang khas serta beragam.

Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Ekonomi

  • Letak wilayah yang berada pada posisi silang menyebabkan Indonesia banyak mempunyai kerjasama perekenomian dengan negara-negara berkembang.
  • Lalu lintas perdagangan dan pelayaran di Indonesia cukup ramai, sehingga menunjang perdagangan di Indonesia dan menambah sumber devisa negara.
  • Karena Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia maka dapat dijadikan sebagai daya tarik kerjasama antar negara bersama dengan negara-negara ASEAN.

Penjelasan mengenai letak geografis Indonesia dalam peta dunia beserta pengaruh letak geografis Indonesia tersebut dikutip dari berbagai sumber. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca sekalian mengenai ilmu geografi Indonesia.

Tinggalkan komentar