Sifat-Sifat Benda Gas Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Sifat-Sifat Benda Gas Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Sifat-sifat benda gas – Terdapat 3 jenis-jenis benda yakni benda padat, benda cair dan benda gas. Tiap macam benda memiliki sifat dan ciri-ciri. Kali ini akan khusus dibahas mengenai sifat zat gas dan ciri-ciri benda gas beserta penjelasan lengkapnya.

Benda cair memiliki sifat-sifat tertentu yang khas. Sifat dan ciri-ciri tersebut yang menjadi dasar perbedaan benda cair dengan benda padat atau benda gas. Ciri-ciri benda cair misalnya bentuknya tidak tetap sesuai wadahnya serta meresap melalui celah-celah kecil.

Beberapa contoh-contoh benda gas di sekitar kita misalnya adalah asap, uap air dan lain-lain. Lebih lanjut lagi, semua udara di sekitar kita adalah contoh benda gas, termasuk jenis-jenis gas seperti oksigen, karbondioksida, helium, nitrogen dan lain-lain.

Benda gas memiliki sifat-sifat tertentu yang khas. Sifat dan ciri-ciri tersebut yang menjadi dasar perbedaan benda gas dengan benda padat atau benda cair. Ciri-ciri benda gas misalnya mengisi seluruh ruangan yang ditempati serta terdapat di segala tempat.

(baca juga sifat benda cair)

sifat sifat benda gas

Sifat-Sifat Benda Gas

Di bawah ini adalah sifat-sifat benda gas, meliputi ciri-ciri dan karakteristik benda gas secara umum yang dapat diamati di sekitar kita beserta penjelasannya.

Mengisi seluruh ruangan yang ditempati

Sifat benda gas yang paling utama adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempati. Misalnya dalam sebuah kamar akan diisi oleh gas yang tak terlihat. Ciri-ciri benda gas ini juga dapat diamati saat meniup balon, dimana udara mengisi seluruh ruangan dalam balon yang ditiup.

Terdapat di segala tempat

Benda gas ada di segala tempat dan dimana-mana. Seluruh ruang kosong yang ada akan ditempati oleh benda gas atau udara. Bahkan wadah yang kosong pun sebenarnya berisi udara. Artinya udara ada dimana-mana, termasuk di sekitarmu saat ini.

Menekan ke segala arah

Sifat zat gas berikutnya adalah benda gas menekan ke segala arah. Gas tidak hanya menekan ke satu arah saja, tapi menekan ke segala arah. Misalnya saat balon ditiup akan mengembang dan membesar ke seluruh bagian karena udara menekan ke segala arah.

Memiliki massa atau berat

Benda gas juga memiliki massa atau berat. Meski tidak terlihat, namun benda gas juga memiliki massa. Contohnya balon yang sudah berisi udara akan menjadi sedikit lebih berat dibandingkan balon yang kempes, menjadi bukti bahwa benda gas juga mempunyai massa.

Jarak antar partikel berubah-ubah

Benda gas memiliki partikel penyusun, sama seperti benda padat atau benda cair. Pada benda gas, jarak antar partikelnya cenderung berubah-ubah, bisa dikatakan bahwa partikel benda gas tidak tetap. Hal ini membuat bentuk benda gas juga berubah-ubah.

Susunan partikel tidak teratur

Pada benda gas, susunan partikel penyusunnya juga tidak teratur. Ketidakteraturan partikel penyusun zat gas juga melebihi partikel benda padat atau benda cair. Hal ini pun menjadi salah satu pembeda antara sifat benda gas dengan sifat benda padat atau juga benda cair.

Gaya tarik antar partikel hampir tidak ada

Gaya tarik menarik antar partikel pada benda gas juga cenderung lemah. Bahkan bisa dikatakan gaya tarik antar partikel benda gas hampir tidak ada sama sekali. Hal ini berbeda dengan gaya tarik partikel benda padat yang sangat kuat serta pada benda cair yang cukup kuat.

Gerakan partikel sangat bebas

Sifat-sifat benda gas yang terakhir adalah memiliki gerakan partikel yang sangat bebas. Gerakan partikel pada benda gas sangat bebas. Bahkan gerakan partikel pada benda gas lebih bebas melebih bebasnya gerakan partikel pada benda cair.

Nah itulah sifat-sifat benda gas dan ciri-ciri benda gas beserta penjelasannya. Terdapat beberapa sifat-sifat benda gas yang unik dan khas, misalnya mengisi seluruh ruangan yang ditempati, menekan ke segala arah serta terdapat di segala tempat.

Tinggalkan komentar