Ciri-Ciri Planet Uranus Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-Ciri Planet Uranus Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-ciri planet Uranus – Terdapat 8 nama-nama planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari, mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Nah kali ini akan khusus dibahas mengenai ciri-ciri dan karakteristik planet Uranus beserta gambar dan penjelasan lengkapnya.

Planet Uranus merupakan planet ke-7 dalam tata surya, yang berarti planet terjauh kedua dari matahari. Uranus juga jadi planet terdingin kedua setelah Neptunus. Keduanya dijuluki sebagai planet Giants Ice karena permukaannya terdiri dari lapisan es.

Nama Uranus diambil dari tokoh dalam mitologi Yunani, yang dikonversi menjadi nama latin, yakni dewa langit Yunani Ouranos. Sistem Uranus mempunyai konfigurasi yang unik, karena kemiringan sumbunya miring ke samping, hampir pada bidang revolusinya mengelilingi matahari.

(baca juga ciri-ciri planet Saturnus)

ciri-ciri planet uranus

Ciri-Ciri Planet Uranus

Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dan karakteristik planet Uranus selengkapnya, meliputi nama lain, ciri-ciri fisik, urutan planet dalam tata surya, warna dan permukaan, jarak planet ke matahari, waktu rotasi dan revolusi, gaya gravitasi, rata-rata suhu, jumlah satelit dan cincin, komposisi penyusun, dan fakta-fakta unik planet lainnya.

Nama Lain Planet :

Dalam bahasa Inggris, planet Uranus juga disebut sebagai Uranus. Nama lain planet Uranus adalah Uranian.

Ciri-Ciri Fisik Planet Uranus :

Planet Uranus memiliki luas permukaan sebesar 8,116 x 109 km2. Diameter planet Uranus mencapai 50724 km, dengan volume planet sebesar 6,83 x 1013 km3. Adapun massa planet Uranus adalah (8.6810 ± 0.0013) x 1025 kg dengan kemiringan sumbu mencapai 97,77º.

Urutan Planet dalam Tata Surya :

Planet Uranus merupakan planet urutan ketujuh dalam tata surya, setelah planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Planet Uranus juga termasuk kategori planet luar, karena orbitnya tidak berada di antara matahari dan planet Bumi.

Warna dan Permukaan Planet :

Warna planet Uranus dilihat dari penampakannya adalah berwarna hijau-biru atau cyan. Adapun permukaan planet Uranus sebagian besar terdiri atas es dan bebatuan.

Jarak dari Planet ke Matahari :

Jarak dari planet Uranus menuju ke Matahari adalah sekitar 3.000.000.000 kilometer.

Waktu Rotasi dan Revolusi :

Waktu rotasi planet Uranus untuk berputar pada porosnya adalah 17 jam saja. Sedangkan waktu revolusi planet Uranus untuk mengelilingi matahari adalah 84 tahun.

Gaya Gravitasi Planet :

Planet Uranus memiliki gaya gravitasi sebesar 8,69 m/s2. Planet ini memiliki atmosfer dengan suhu terendah di tata surya. Struktur awannya berlapis-lapis dan kompleks, diperkirakan lapisan awan terendahnya terdiri atas air dan lapisan awan tertingginya terdiri atas metana

Rata-Rata Suhu Planet :

Planet Uranus memiliki rata-rata suhu mencapai 76 Kelvin atau sekitar -197,15 derajat Celcius.

Jumlah Satelit dan Cincin :

Planet Uranus memiliki 27 satelit alami, termasuk beberapa satelit terbesarnya seperti Titania dan Oberon. Selain itu planet Uranus juga memiliki sistem cincin yang cukup kompleks.

Komposisi Penyusun Planet :

Unsur-unsur dan komposisi penyusun planet Uranus terdiri dari hidrogen (83%), helium (15%), metana (2,3%), hidrogen deuterida (0,009%) serta kandungan es seperti amonia, air, amonium, metana, dan hidrosulfida.

Fakta Unik Planet Uranus :

Planet Uranus merupakan planet yang dijuluki Giants Ice, bersama dengan Neptunus karena lapisannya terdiri dari lapisan es. Uranus menjadi planet terjauh kedua dari matahari, serta planet terdingin kedua dalam tata surya. Uranus juga memiliki sistem cincin yang rumit dan kompleks.

Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri planet Uranus beserta gambar dan karakteristik planet lengkap. Uranus dikenal sebagai planet terjauh kedua dan terdingin kedua dalam tata surya. Planet ini juga memiliki atmosfer paling dingin dibanding planet lainnya.

Tinggalkan komentar