Sifat-Sifat Benda Padat Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Sifat-Sifat Benda Padat Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Sifat-sifat benda padat – Terdapat 3 jenis-jenis benda yakni benda padat, benda cair dan benda gas. Tiap macam benda memiliki sifat dan ciri-ciri. Kali ini akan khusus dibahas mengenai sifat zat padat dan ciri-ciri benda padat beserta penjelasannya.

Beberapa contoh-contoh benda padat di sekitar kita misalnya adalah kayu, kertas, besi dan lain-lain. Lebih khusus lagi, benda-benda seperti baju, meja, kursi, pulpen, tas, topi, TV, kulkas, pintu dan benda lain di sekitar kita juga termasuk contoh benda padat.

Benda padat memiliki sifat-sifat tertentu yang khas. Sifat dan ciri-ciri tersebut yang menjadi dasar perbedaan benda padat dengan benda cair atau benda gas. Ciri-ciri benda padat misalnya memiliki bentuk tetap, tidak dipengaruhi wadahnya serta volume tetap.

(baca juga rumus volume tabung)

sifat sifat benda padat

Sifat-Sifat Benda Padat

Di bawah ini adalah sifat-sifat benda padat, meliputi ciri-ciri dan karakteristik benda padat secara umum yang dapat diamati di sekitar kita beserta penjelasannya.

Bentuknya padat

Benda padat memiliki bentuk yang padat. Hal ini jelas menjadi ciri-ciri benda padat yang paling utama. Objek benda padat bersifat nyata dan asli. Artinya benda padat dapat dilihat, dapat disentuh, dapat dirasakan dan dapat dibawa secara nyata.

Memiliki bentuk yang tetap

Bentuk benda padat tidak dipengaruhi oleh wadahnya. Hal ini berbeda dengan benda cair atau benda gas yang berubah-ubah. Bentuk benda padat cenderung tetap meski berganti wadah. Contohnya baju yang dimasukkan ke dalam lemari, maka bentuk baju tersebut akan tetap.

Memiliki volume yang tetap

Salah satu sifat benda padat yang utama adalah memiliki volume tetap. Selain bentuk yang tetap, volume benda padat juga tetap dan tidak berubah. Volume benda padat pun akan tetap meski wadahnya berubah-ubah. Artinya volume benda padat tidak dipengaruhi oleh wadahnya.

Menempati ruang

Sifat benda padat selanjutnya adalah menempati ruang. Artinya terdapat ruang yang ditempati oleh tiap benda padat. Ruang yang dimiliki oleh benda padat meliputi panjang, tinggi dan lebar. Tiap benda padat pasti akan menempati ruang.

Bisa diubah dengan perlakuan tertentu

Meski memiliki bentuk tetap, namun benda padat juga bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu. Misalnya saja kertas yang disobek menjadi kecil, piring yang dibanting hingga pecah atau balok kayu yang diolah menjadi perabotan rumah tangga.

Jarak antar partikel sangat rapat

Sifat benda padat berikutnya adalah jarak antar partikel penyusunnya cenderung sangat rapat. Seperti diketahui jika benda padat terdiri dari susunan partikel penyusunnya. Nah, partikel penyusun benda padat ini sangat rapat satu sama lain.

Susunan partikel penyusun teratur

Selain jarak antar partikel yang rapat, sifat benda padat berikutnya juga masih berhubungan dengan susunan partikel penyusunnya ini. Pada benda padat, susunan partikel penyusunnya bersifat teratur. Hal ini lah yang membuat bentuk benda padat tetap.

Gaya tarik antar partikel sangat kuat

Terdapat gaya tarik antar partikel pada tiap benda. Salah satu ciri-ciri benda padat adalah memiliki gaya tarik antar partikel yang sangat kuat. Partikel pada benda padat tidak dapat bergerak bebas karena adanya gaya tarik partikel yang kuat tersebut.

Nah itulah sifat-sifat benda padat dan ciri-ciri benda padat beserta penjelasannya. Terdapat beberapa sifat-sifat benda padat yang unik dan khas, misalnya memiliki bentuk dan volume tetap serta jarak antar partikel yang rapat dan teratur.

Satu pemikiran pada “Sifat-Sifat Benda Padat Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]”

Tinggalkan komentar