Tugas Bank Sentral Secara Umum Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Tugas Bank Sentral Secara Umum Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Fungsi dan tugas bank sentral – Apa itu bank sentral? Pengertian bank sentral secara umum adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara tersebut.

Fungsi bank sentral antara lain untuk menjaga stabilitas nilai mata uang stabilitas sektor perbankan, dan sistem finansial secara keseluruhan. Bank sentral yang ada di Indonesia dijalankan oleh Bank Indonesia atau BI.

Peran bank sentral menjadi penting bagi tiap kebijakan ekonomi di sebuah negara. Tujuan bank sentral juga untuk menjaga kestabilan nilai mata uang terhadap kurs mata asing secara global.

Bank sentral juga memiliki tugas dan wewenang khusus dalam menjalankan kebijakan moneternya. Tugas bank sentral ini tentu berbeda dengan tugas bank umum lainnya, baik bank negara atau bank swasta.

Lantas apa sebenarnya tugas pokok bank sentral? Apa tugas Bank Indonesia selaku bank sentral Indonesia?

(baca juga unsur-unsur pajak)

tugas bank sentral

Tugas Bank Sentral

Berikut ini adalah tugas-tugas pokok bank sentral, termasuk juga Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral di Indonesia.

1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Tugas bank sentral ini dilakukan dalam rangka mengendalikan jumlah uang beredar, agar tercipta kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa. Selain itu, kebijakan ini juga dapat dilaksanakan untuk mendorong perekonomian nasional.

Dalam pelaksanaannya, bank sentral juga perlu berkoordinasi dengan pemerintah agar kebijakan moneter yang dilaksanakan sejalan dengan kebijakan fiskal dan kebijakan ekonomi lainnya yang ditetapkan pemerintah, sehingga hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kebijakan tersebut dapat dimaksimalkan.

2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

Tugas bank sentral ini dilakukan dalam rangka terciptanya kesepakatan, aturan, standar dan prosedur yang digunakan untuk mengatur peredaran uang. Sistem pembayaran yang dimaksud dapat berupa sistem pembayaran tunai dan non tunai.

Wewenang bank sentral juga digunakan untuk melaksanakan, memberi persetujuan dan perizinan atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran serta memastikan masyarakat luas dapat memperoleh jasa sistem pembayaran yang efisien, cepat, tepat dan aman. .

3. Mengatur dan mengawasi perbankan

Bank sentral menetapkan peraturan, memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan atau kegiatan usaha tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan atas bank dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang telah berlaku di suatu negara.

Nah itulah 3 tugas pokok bank sentral yang ada di tiap negara, termasuk juga tugas Bank Indonesia selaku bank sentral Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan terkait tugas dan fungsi bank sentral.

Tinggalkan komentar