Tujuan PBB Beserta Fungsi & Peran PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Tujuan PBB Beserta Fungsi & Peran PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Tujuan PBB – PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah organisasi antar negara-negara di seluruh dunia. Terdapat 193 negara anggota PBB yang hampir meliputi semua negara yang ada di dunia. Tujuan berdirinya PBB yang paling utama adalah untuk menjalin kerjasama dan perdamaian dunia. Selain itu juga ada tujuan dibentuknya PBB yang lain terutama terkait peran PBB dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Dalam bahasa Inggris, PBB disebut sebagai UN atau United Nations. Organisasi ini pertama kali dibentuk pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah selesainya Perang Dunia II. Tujuan PBB awalnya adalah untuk mendorong kerjasama internasional. Saat pertama berdiri terdapat 51 negara pendiri PBB yang awalnya dibentuk sebagai pengganti Liga Bangsa-Bangsa.

Kini sudah ada 193 negara anggota PBB termasuk Indonesia. Sebagai tambahan juga ada 2 negara anggota pengamat yaitu Vatikan dan Palestina. Markas utama PBB ada di kota New York, Amerika Serikat. Selain itu juga ada markas PBB di kota lain seperti Jenewa (Swiss), Wina (Austria) dan Nairobi (Kenya).

Terdapat juga banyak organisasi di bawah naungan PBB seperti WHO, UNICEF, UNESCO, FAO, ILO dan lain-lain. Peran PBB sangat penting dalam menjalin kerjasama internasional. PBB seakan menjadi wadah bagi negara-negara dunia menjalin kerjasama.

Tujuan didirikan PBB pun berfokus pada aspek kerjasama dan menjaga perdamaian. Fungsi PBB pun bisa dirasakan pada tiap negara anggotanya. Manfaat PBB bagi Indonesia pun cukup berdampak pada hubungan Indonesia dengan negara lain sesama anggota.

(baca juga tujuan OPEC)

tujuan pbb

Tujuan PBB

Apa saja tujuan PBB. Secara umum terdapat 5 poin utama tujuan berdirinya PBB. Berikut merupakan daftar 5 tujuan didirikan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) selengkapnya:

  1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia
  2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia
  3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan
  4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia
  5. Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Peranan PBB dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

PBB berperan untuk menjaga perdamaian dunia dan keamanan dunia. Hal ini diwakilkan dengan adanya satuan Pasukan Penjaga Perdamaian PBB atau UN Peacekeeping yang direkrut secara sukarela. Mereka melakukan berbagai misi kemanusiaan ke negara-negara konflik untuk menyelesaikan masalah yang ada terkait perdamaian.

Misi paling besar dari Pasukan Penjaga Perdamaian PBB adalah misi di Republik Demokrat Kongo dengan melibatkan 20 ribu personil pasukan.

Peranan PBB dalam Penegakan Hak Asasi Manusia

HAM atau hak asasi manusia menjadi isu yang diperjuangkan oleh PBB. Penegakan HAM merupakan salah satu alasan utama untuk didirikannya PBB. Kekejaman dan genosida pada Perang Dunia II menyebabkan munculnya konsensus bahwa organisasi baru ini harus bekerja untuk mencegah tragedi serupa pada masa mendatang.

Tujuan awal adalah menciptakan kerangka hukum untuk mempertimbangkan dan bertindak atas keluhan tentang pelanggaran hak asasi manusia.

Peranan PBB dalam Memberi Bantuan Kemanusiaan

PBB juga memberikan bantuan kemanusiaan pada berbagai bencana baik yang ditimbulkan manusia (perang, konflik) atau disebabkan alam (gempa, tsunami).

Dengan berkordinasi dengan badan dan lembaga lain seperti Palang Merah, PBB menyediakan makanan, air minum, tempat tinggal dan pelayanan kemanusiaan lainnya untuk orang-orang yang menderita kelaparan, pengungsi akibat perang atau yang terkena bencana lainnya

Peranan PBB dalam Pembangunan Ekonomi Internasional

Aspek ekonomi juga sangat diperhatikan untuk PBB. PBB kerap memberi bantuan ekonomi pada negara-negara berkembang dan negara tertinggal.

PBB setiap tahun menerbitkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), beberapa negara mengukur perbandingan peringkat oleh kemiskinan, melek huruf, pendidikan, harapan hidup dan faktor lainnya serta membuat program Pembangunan Millenium.

Demikianlah info dunia mengenai fungsi dan tujuan PBB serta peranan PBB, meliputi tujuan dibentuknya PBB di bidang perdamaian dunia, kerjasama internasional, penegakan hak asasi manusia, pembangunan ekonomi serta bantuan kemanusiaan. Sekian artikel pengetahuan tujuan PBB kali ini.

Tinggalkan komentar