5 Unsur-Unsur Sosial dalam Masyarakat Lengkap Beserta Penjelasannya

5 Unsur-Unsur Sosial dalam Masyarakat Lengkap Beserta Penjelasannya

Unsur-unsur sosial – Manusia adalah makhluk sosial. Artinya tiap manusia membutuhkan satu sama lain. Terdapat beberapa unsur-unsur sosial yang ada. Teori ini dikemukakan oleh para ahli. Dalam artikel ini akan kami jelaskan unsur-unsur sosial yang meliputi 5 poin yaitu kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial serta kekuasaan dan kewenangan lengkap.

Teori mengenai 5 unsur sosial tersebut dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Unsur-unsur sosial meliputi hal-hal yang membentuk interaksi sosial di masyarakat. Adanya ciri-ciri sosial ini menjadi unsur penjelas dalam ilmu sosial. Unsur-unsur sosial dalam masyarakat ini juga meliputi kelompok dan lembaga sosial, susunan strata dalam stratifikasi sosial serta kebudayaan dan juga kekuasaan.

unsur-unsur sosial

5 Unsur-Unsur Sosial

Apa saja unsur-unsur sosial dalam masyarakat? Di bawah ini merupakan 5 unsur-unsur sosial menurut Soerjono Soekanto lengkap beserta penjelasannya.

1. Kelompok Sosial

Pengertian kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang saling berinteraksi dan memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya dalam suatu kelompok. Kelompok sosial diciptakan oleh anggota masyarakat dan dapat memengaruhi perilaku para anggotanya. Beberapa ciri-ciri kelompok sosial adalah adanya hubungan timbal balik antar anggotanya.

2. Kebudayaan

Pengertian kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu memiliki sifat abstrak. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.

3. Lembaga Sosial

Pengertian lembaga sosial adalah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarkakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Adapun ciri-ciri lembaga sosial antara lain memiliki tujuan tertentu, memiliki tata tertib, mempunyai ideologi serta memiliki logo dan simbol tertentu.

4. Stratifikasi Sosial

Pengertian stratifikasi sosial adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal atau secara bertingkat. Sistem lapisan dalam masyarakat itu merupakan ciri yang tetap dan umum dalam masyarakat yang hidup teratur.

5. Kekuasaan dan Kewenangan

Kekuasaan adalah Kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan kewenangan adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

Nah itulah artikel info mengenai unsur-unsur sosial beserta penjelasan dan pembahasannya lengkap. Lima unsur sosial tersebut dikemukakan oleh Soerjono Soekanto yang meliputi kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial serta kekuasaan dan kewenangan.

Tinggalkan komentar