Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Beserta Fungsinya

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Beserta Fungsinya

Pengertian teknologi informasi dan komunikasi – Teknologi informasi dan komunikasi, atau biasa disingkat TIK, merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan serta pemindahan informasi dan data antar media. Di era modern seperti sekarang, penguasaan TIK menjadi sangat penting dan diperhatikan.

TIK menjadi terminologi yang terus dipelajari di abad 21 seperti sekarang sebagai salah satu pengaruh globalisasi. Hal ini karena pentingnya mempelajari teknologi informasi dan komunikasi yang memang sangat dibutuhkan di semua bidang. Akses informasi dan komunikasi yang cepat juga ditunjang peran internet dan sosial media.

Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi memiliki banyak fungsi baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, hiburan, sosial budaya, dan sebagainya. Adanya teknologi informasi dan komunikasi juga turut mempermudah manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Di bawah ini akan dijelaskan apa pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi secara umum, serta menurut pendapat para ahli disertai penjelasan lengkapnya.

(baca juga contoh globalisasi)

pengertian teknologi informasi dan komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Secara Umum

Pengertian teknologi informasi dan komunikasi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Istilah TIK bisa dibagi menjadi 2 (dua), yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Definisi teknologi informasi diartikan meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi.

Sementara teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Kedua terminologi ini pun tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Menurut Para Ahli

Menurut Susanto (2002)

Pengertian teknologi informasi komunikasi menurut Susanto adalah sarana atau media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun data. Selain itu, juga menjadi sebuah alat komunikasi secara searah atau dua arah.

Menurut Eric Deeson (1991)

Menurut Deeson, teknologi informasi dan komunikasi sudah merupakan suatu kebutuhan pokok manusia untuk proses mengambil, memindahkan, mengelola dan mendapatkan informasi dalam sebuah konteks yang akan memberikan keuntungan pribadi serta seluruh masyarakat.

Menurut Puskur Dinas Indonesia

Definisi teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah rangkaian struktur yang saling berkaitan antara satu sama lain, yang terdiri dari aktivitas proses, kelola, manipulasi, kelola dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke media lainnya.

Menurut Anatta Sannai

Arti teknologi informasi dan komunikasi menurut Anatta Sannai merupakan suatu alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.

Menurut William and Sawyer

Teknologi komunikasi merupakan sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara. Jaringan ini bisa disebut sebagai internet.

Menurut Kenneth C Loudon

Teknologi informasi merupakan sebuah sarana yang digunakan oleh para manajer untuk menanggulangi suatu perubahan, yang merupakan suatu proses perubahan pada informasi yang sudah disimpan di dalam komputer sebelumnya.

Menurut Kamus Oxford (1995)

Teknologi informasi merupakan sebuah studi alat elektronik, khususnya komputer, yang difungsikan sebagai media penyimpanan, analisis, distribusi informasi dalam berbagai bentuk. Misalnya adalah gambar dan kata-kata.

Menurut Martin (1999)

Menurut Martin, teknologi informasi ini tidak hanya tentang software dan hardware untuk mengolah, memproses, dan menyimpan saja, tapi juga mencakup komunikasi yang memiliki peranan sebagai pengirim informasi. Singkatnya teknologi informasi dan komunikasi ini saling berhungan satu sama lain.

Nah itulah penjelasan mengenai definisi dan pengertian teknologi informasi dan komunikasi atau bisa disingkat TIK, yang memang penting untuk dikuasai untuk memudahkan kehidupan manusia di era modern. Semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar