Dampak Pencemaran Air Terhadap Manusia dan Lingkungan [Lengkap]

Dampak Pencemaran Air Terhadap Manusia dan Lingkungan [Lengkap]

Dampak pencemaran air – Pengertian pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.

Penyebab pencemaran air antara lain adalah limbah rumah tangga, limbah industri, penggunaan deterjen, kegiatan sektor pertanian, penggunaan bahan peledak di lautan, penggundulan hutan dan permasalahan sampah.

Yang termasuk zat pencemar air antara lain adalah zat kimia organik (misalnya pestisida, deterjen), pencemar anorganik (misalnya asam, logam), zat radioaktif (misalnya uranium, iodine), bahan sedimen (misalnya kerikil, tanah) dan sebagainya.

Pencemaran air memiliki banyak dampak negatif. Efek polusi air ini tidak hanya dirasakan manusia saja, tapi juga pada makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan serta pada lingkungan secara keseluruhan.

(baca juga dampak pencemaran udara)

dampak pencemaran air

Dampak Pencemaran Air

Berikut beberapa dampak negatif terjadinya pencemaran air bagi manusia, hewan dan lingkungan hidup.

Banjir, Erosi dan Longsor

Dampak pencemaran air bisa berakibat pada bencana seperti banjir, erosi dan tanah longsor. Hal ini karena menumpuknya sampah atau limbah yang membuat air tercemar. Terjadinya banjir atau tanah longsor tentu sangat merugikan, bahkan bisa menimbulkan korban jiwa.

Sarang Penyakit

Air yang tercemar juga bisa menjadi sarang penyakit. Penyakit yang bisa timbul dari pencemaran air adalah kolera dan hepatitis yang berbahaya bagi para penghuni di sekitarnya.

Air Bersih Berkurang

Pencemaran air membuat persediaan air bersih jadi berkurang. Air yang tercemar menjadi kotor dan tidak layak digunakan untuk kebutuhan manusia sesuai dengan fungsi air itu sendiri.

Biota Air Terancam

Dampak pencemaran air juga berbahaya bagi biota air yakni makhluk hidup yang ada di perarian seperti ikan, udang, kepiting dan sebagainya. Efeknya bisa membuat tempat tinggal mereka kotor dan bisa membuat biota air terancam atau mati.

Terganggunya Ekosistem Air

Ekosistem air juga bisa terancam karena adanya polusi air. Air yang tercemar tidak hanya membuat biota air mati, namun ekosistem air secara keseluruhan juga terganggu.

Nah itulah dampak-dampak pencemaran air pada manusia, hewan dan lingkungan beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga bisa menambah wawasan efek negatif polusi air.

Tinggalkan komentar