6 Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Ada di Indonesia

6 Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Ada di Indonesia

Contoh pasar persaingan sempurna – Secara umum ada dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Ada beberapa contoh pasar persaingan sempurna di Indonesia yang bisa kita temui di sekitar kita.

Pengertian pasar persaingan sempurna secara umum adalah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan dapat penawaran yang dapat secara bebas bergerak serta sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana ada banyak penjual dan pembeli yang terlibat dan tidak dapat mempengaruhi pasar. Definisi pasar persaingan sempurna ini merupakan kebalikan dari pasar persaingan tidak sempurna.

Terdapat beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna, di antaranya yaitu jumlah penjual dan pembeli yang banyak, harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan, barang yang dijual homogen, tidak ada intervensi harga dari penjual, pembeli atau pihak luar lain. Dari ciri-ciri tersebut, bisa disimpulkan ada beberapa contoh pasar persaingan sempurna di lingkungan masyarakat yang sering kita jumpai.

(baca juga ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna)

contoh pasar persaingan sempurna

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Berikut merupakan 6 contoh pasar persaingan sempurna di Indonesia meliputi pasar kebutuhan pokok di pasar tradisional dan bursa efek atau pasar modal beserta penjelasan dan alasannya.

Pasar Beras

Pasar beras menjadi salah satu contoh pasar persaingan sempurna atau setidaknya yang paling mendekati. Dalam pasar beras, jumlah adalah penjual dan pembeli sama-sama banyak. Selain itu, baik penjual atau pun pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang sudah diatur.

Selain itu, meski ada perbedaan mutu dan kualitas, namun sifat pasar beras bisa dikatakan homogen karena diiringi oleh perbedaan harga. Terbentuknya harga yang terjadi pada pasar beras merupakan hasil dari kekuatan tarik-menarik atau tawar-menawar permintaan beras.

Pasar Sayur

Pasar sayur juga bisa dibilang menjadi contoh pasar persaingan sempurna. Jumlah penjual sayur sangat banyak dan sama dengan jumlah pembelinya. Komoditas sayur pun memiliki harga pasar sendiri yang tidak bisa dipengaruhi baik oleh penjual atau pun oleh pembeli.

Harga sayur memang ditentukan oleh interaksi jumlah penawaran dan permintaan pasar. Barang yang dijual pun homogen berupa sayur-sayuran. Pembeli pun tidak akan membeli sayur dengan harga di atas harga pasar, sebaliknya penjual juga tidak akan menjual sayur dengan harga di bawah harga pasar.

Pasar Buah

Sama seperti pasar sayur, pasar buah juga bisa dikategorikan sebagai contoh pasar pesaingan sempurna. Jumlah penjual buah dan pembeli buah memang sama-sama banyak dan bisa ditemui di mana-mana. Harga buah pun sudah dibentuk oleh mekanisme pasar lewat kurva permintaan dan penawaran.

Meski tidak bisa dibilang murni sebagai pasar persaingan sempurna, namun setidaknya mekanisme dan struktur pada pasar buah sudah mendekati pasar persaingan sempurna.

Pasar Gandum

Gandum termasuk salah satu kebutuhan pokok. Gandum bisa digunakan untuk memproduksi tepung terigu untuk membuat roti, kue, biskuit dan olahan makanan lain. Tak heran jika gandum banyak dijual. Pasar gandum pun termasuk salah satu yang mendekati sebagai contoh pasar persaingan sempurna.

Dalam pasar gandum, jumlah penjual dan pembeli sama banyaknya. Harga pasar gandum pun ditentukan lewat mekanisme permintaan dan penawaran di pasar. Pasar gandum juga memenuhi mekanisme pada ciri-ciri pasar persaingan sempurna lainnya.

Pasar Kentang

Sama seperti gandum, kentang juga termasuk salah satu kebutuhan pokok yang sering diperjualbelikan. Kentang bisa digunakan untuk berbagai olahan makanan. Pada prakteknya, pasar kentang juga bisa disebut sebagai contoh pasar persaingan sempurna.

Jumlah penjual kentang pun cukup banyak dibandingkan jumlah pembelinya. Adapun sistem harga pasar kentang juga tidak bisa dipengaruhi oleh penjual dan pembeli.

Pasar Modal (Bursa Efek)

Jika contoh di atas hanya membahas mengenai pasar kebutuhan pokok seperti beras, sayur atau gandum, maka contoh pasar persaingan sempurna berikutnya adalah pasar modal atau bursa efek. Pasar modal termasuk pasar persaingan sempurna karena sesuai dengan ciri-cirinya. Secara umum peran pasar modal memang cukup penting untuk perekonomian negara.

Dalam bursa efek, harga sudah ditentukan oleh sistem harga berupa permintaan dan penawaran saham dan instrumen pasar modal lainnya. Selain itu pemerintah tidak bisa melakukan intervensi, begitu pula dengan penjual dan pembeli yang tidak bisa mempengaruhi harga.

Nah itulah info pengetahuan mengenai 6 contoh pasar persaingan sempurna lengkap beserta alasan dan penjelasannya. Contoh-contoh tersebut termasuk pasar persaingan sempurna karena memenuhi karakteristik dan ciri-cirinya. Meski beberapa tidak bisa dibilang sebagai pasar persaingan sempurna seutuhnya, namun setidaknya contoh-contoh tersebut sudah mendekati sebagai pasar persaingan sempurna.

Tinggalkan komentar