10+ Faktor Pendorong Globalisasi Beserta Penjelasannya [Lengkap]

10+ Faktor Pendorong Globalisasi Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Faktor pendorong globalisasi – Pengertian globalisasi secara umum adalah proses mendunia dimana batasan negara menjadi hampir tidak ada. Terdapat faktor-faktor pendukung globalisasi di antaranya meliputi bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, informasi dan sebagainya.

Perbedaan ini bisa dirasakan dengan membandingkan kehidupan di era modern seperti sekarang dengan di masa lalu. Misalnya dari segi komunikasi, dulu dilakukan dengan berkirim surat dan bisa membutuhkan waktu berhari-hari. Kini dalam hitungan detik, kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh.

Adanya globalisasi tentu memudahkan kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Dampak positif globalisasi juga dapat dirasakan dalam ruang lingkup negara sekalipun. Meski tentu terdapat dampak negatif globalisasi seperti maraknya kejahatan siber dan sikap konsumtif yang meningkat.

Tentu ada banyak faktor terjadinya globalisasi, misalnya adanya akses internet ataupun transportasi yang kian mudah didapat. Selain itu juga terdapat faktor-faktor penyebab globalisasi lainnya yang meliputi berbagai bidang dan sektor.

(baca juga ciri-ciri globalisasi)

faktor pendorong globalisasi

Faktor-Faktor Pendorong Globalisasi

Berikut akan dijelaskan 10 faktor pendorong globalisasi yang paling utama meliputi bidang teknologi informasi, ekonomi, politik, sosial budaya dan sebagainya.

Kemajuan pengetahuan serta teknologi dan informasi

Salah satu faktor pendorong globalisasi yang paling utama adalah pengetahuan dan teknologi yang kian maju. Pengetahuan bisa diakses oleh siapa saja dari mana saja. Adanya internet membuat penyebaran informasi dan berita dapat terjadi dalam hitungan detik.

Selain itu banyaknya perangkat teknologi canggih membuat kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja dengan cepat dan mudah. Adanya berbagai jenis aplikasi atau sosial media juga membantu menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia.

Transportasi yang semakin cepat dan mudah

Faktor pendukung globalisasi berikutnya adalah akses transportasi yang kian cepat, maju dan mudah. Di zaman dahulu, transportasi menggunakan hewan seperti kuda atau onta hingga membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Kini banyak alat transportasi seperti kendaraan pribadi memudahkan akses mobilitas sehingga menjadi sangat cepat dan efisien. Bahkan untuk transportasi antar negara sekalipun bisa dilakukan dengan sangat cepat dengan adanya pesawat terbang.

Kerjasama antar negara-negara dunia

Banyaknya kerjasama antar negara-negara di dunia juga menjadi faktor penting terjadinya globalisasi. Kerjasama yang dimaksud adalah hubungan antar negara dengan negara lain adalah sekelompok negara lain, baik karena faktor geografis atau kesamaan tujuan.

Kerjasama internasional yang dijalin bisa berupa hubungan bilateral, hubungan multiteral atau hubungan internasional. Tak heran jika banyak organisasi internasional yang bermunculan seperti PBB, ASEAN, OPEC, OKI dan lain sebagainya.

Sistem perekonomian negara yang terbuka

Di bidang ekonomi juga terdapat faktor yang mempengaruhi terjadinya globalisasi. Saat ini kebanyakan negara-negara di dunia telah menganut sistem ekonomi terbuka. Hal ini membuat tiap negara dapat mengadakan kerjasama dengan negara lain di berbagai bidang, termasuk juga ekonomi.

Kerjasama ekonomi antar negara bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk, misalnya meliputi perdagangan bebas, kegiatan ekspor-impor, kebijakan ekonomi dan sebagainya. Hal ini membuat arus globalisasi telah mencakup seluruh negara-negara di dunia.

Kebijakan perdagangan bebas

Masih berkaitan dengan sistem ekonomi, adanya kebijakan free trade atau perdagangan bebas juga menjadi faktor pendorong globalisasi yang cukup krusial. Hal ini terjadi juga karena adanya sistem perekonomian terbuka yang banyak dianut seperti yang dibahas di poin sebelumnya.

Perdagangan bebas membuat tiap orang bisa membeli atau menjual barang lintas negara. Adanya akses transportasi mudah membuat pengiriman barang juga bisa dilakukan dengan cepat. Kini istilah pasar global sudah dipahami oleh banyak masyarakat.

Kemudahan dalam migrasi

Faktor penyebab globalisasi yang lain adalah kemudahan dalam bermigrasi atau berpindah dari satu negara menuju ke negara yang lainnya. Tentu banyak alasan untuk bermigrasi seperti bekerja, kuliah, wisata, liburan, pindah tempat dan lain sebagainya.

Kini migrasi menjadi semakin mudah dan tidak ribet seperti pada masa lalu. Tak heran jika tiap negara selalu ada warga pendatang, baik itu turis yang hanya dalam waktu singkat atau warga asing yang telah menetap dalam waktu lama di negara tersebut.

Sistem keuangan yang liberal

Salah satu faktor pendorong terjadinya globalisasi di dunia adalah adanya liberalisasi sistem keuangan global. Hampir setiap negara memiliki ketergantungan dengan sistem keuangan global yang ada dan hal ini tidak bisa dihindari oleh tiap negara.

Artinya kebanyakan negara membutuhkan dana atau modal investasi dari lembaga keuangan dunia atau negara lain. Dalam hal ini, lembaga keuangan seperti IMF atau Bank Dunia memegang peranan penting dalam terjadinya proses globalisasi di dunia.

Meningkatnya kependudukan

Jumlah penduduk di Bumi terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan kini diperkirakan lebih dari 8 miliar jiwa manusia yang ada di Bumi, tersebar di lebih dari 200 negara berdaulat di seluruh dunia. Banyaknya jumlah penduduk juga mempengaruhi terjadinya globalisasi.

Masyarakat yang beragam juga mendorong terjadinya pertukaran budaya satu sama lain. Konektivitas antar individu lintas negara juga kian mudah dan kian sering terjadi. Tidak ada batasan negara berkat adanya akses komunikasi dan informasi.

Industri yang berkembang pesat

Kegiatan industri di era digital seperti sekarang terus berkembang. Secara tidak langsung, hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi globalisasi. Sektor industri terus bertambah dan berkembang di berbagai negara, apalagi ditunjang alat dan mesin canggih.

Produktivitas kerja di sektor industri juga kian efisien dengan teknologi maju. Hal ini juga mendorong banyaknya tenaga kerja, baik domestik atau tenaga kerja asing. Tak heran jika kemajuan sektor industri juga menjadi faktor pendorong globalisasi.

Kebutuhan manusia yang tak terbatas

Di era modern, kebutuhan manusia semakin banyak dan tidak terbatas. Hal ini juga menjadi faktor terjadinya globalisasi. Banyaknya kebutuhan membuat berbagai inovasi terus dibuat dan dikembangkan, dengan pemanfaatan teknologi canggih termutakhir.

Adanya kebutuhan membuat manusia terus berkembang seperti sekarang. Hasilnya inovasi yang dikembangkan turut mendorong terjadinya globalisasi dengan didukung kemajuan teknologi dan kian meluasnya pengetahuan manusia secara keseluruhan.

Nah demikianlah faktor-faktor pendorong globalisasi dan penjelasannya lengkap. Terdapat banyak hal-hal yang mendorong terjadinya proses globalisasi di Indonesia dan juga di seluruh dunia, termasuk kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi.

Tinggalkan komentar