25+ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Terlengkap (Bentuk Tabel)

25+ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Terlengkap (Bentuk Tabel)

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan – Terdapat beberapa klasifikasi makhluk hidup, termasuk juga untuk kategori hewan dan tumbuhan. Kita bisa menemui jenis hewan dan tumbuhan di sekitar kita. Tiap organisme tentu memiliki sel-sel penyusunnya. Baik sel hewan dan sel tumbuhan memiliki beberapa perbedaan. Apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?

Secara struktur, hewan dan tumbuhan memang sangat berbeda, baik dari segi fisik maupun cara hidupnya. Contohnya tumbuhan menghasilkan makanan sendiri, sementara hewan mencari makanan dari lingkungan dan organisme lainnya. Lebih jelasnya perbedaan hewan dan tumbuhan bisa dilihat dari bagian sel-selnya.

Terdapat beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan yang ada bisa ditinjau dari banyak aspek, seperti struktur sel hewan dan sel tumbuhan, organel sel hewan dan sel tumbuhan serta bagian-bagian sel hewan dan pada sel tumbuhan.

Salah satu perbedaan mendasar sel hewan dan tumbuhan adalah adanya dinding sel pada sel tumbuhan, sementara sel hewan tidak memilikinya. Selain itu ada banyak perbedaan lain antara sel tumbuhan dengan sel hewan.

(baca juga fungsi mitokondria pada sel)

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Di bawah ini kami akan jelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan secara lengkap dan detail dalam bentuk tabel dan pembahasan ciri-cirinya.

Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan yang Utama

Secara umum ada 4 perbedaan utama sel hewan dan sel tubuhan. Hal ini didasarkan pada ciri-ciri sel hewan dan ciri-ciri sel tumbuhan yang utama meliputi ada tidaknya dinding sel, ada tidaknya plastida, ada tidaknya sentriol dan ukuran vakuola.

Berikut merupakan perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang paling utama, ditampilkan dalam bentuk tabel perbandingan.

Sel TumbuhanSel Hewan
Memiliki dinding selTidak memiliki dinding sel
Mempunyai plastida (kromoplas, kloroplas dan leukoplas)Tidak mempunyai plastida
Tidak memiliki sentriolMemiliki sentriol
Memiliki vakuola berukuran besarMemiliki vakuola berukuran kecil

Inilah pembahasan mengenai 4 perbedaan utama antara sel hewan dan sel binatang, dijelaskan secara lengkap beserta fungsi dan ciri-cirinya.

Dinding Sel

Salah satu hal yang membedakan sel hewan dan tumbuhan adalah ada tidaknya dinding sel. Dinding sel hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. Fungsi dinding sel pada sel tumbuhan adalah untuk mempertahankan bentuk sel dan memberikan perlindungan terhadap sel. Dinding sel ini terdiri dari selulosa dan hemiselulosa.

Sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Sel hewan hanya memiliki membran plasma yang juga dimiliki sel tumbuhan. Fungsi membran plasma adalah sebagai batas luar sel hewan.

Plastida

Salah satu organel sel tumbuahan yang tidak dimiliki sel hewan adalah plastida. Sel tumbuhan memiliki plastida yang mempunyai kandungan kloroplas di dalamnya.

Fungsi kloroplas berguna agar tumbuhan tumbuhan bisa membuat makanan mereka sendiri (autotrof). Kloroplas sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis tumbuhan untuk membuat makanan sendiri.

Adapun sel hewan tidak memiliki kloroplas, sehingga hewan tidak bisa membuat makanan sendiri (heterotrof). Hewan mendapat makanan dari lingkungan atau berburu organisme lain.

Sentriol

Berbanding terbalik dengan plastida, sentriol merupakan organel sel hewan yang tidak ditemui pada sel tumbuhan. Sentriol adalah sepasang struktur berbentuk seperti silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

Biasanya, anggota pasangan sentriol terletak pada posisi menyudut ke arah kanan satu sama lain. Fungsi sentriol pada sel hewan adalah untuk membantu pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel.

Sentriol ini terbentuk dari mikrotubulus yang berwujud menyerupai suatu struktur protein seperti jala dan tampak berdekatan dengan kromosom selama pembelahan sel (metosis dan meiosis). Sentriol tidak terdapat pada sel tumbuhan.

Vakuola

Vakuola menjadi organel yang pasti ada pada sel tumbuhan dan bisa jadi ada pada sel hewan. Pada sel tumbuhan, vakuola yang ada memiliki ukuran yang besar dan menonjol.

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan adalah untuk memasukkan air melalui tonoplas dan sebagai gudang sel yang mengandung air dan zat terlarut lainnya.

Pada sel hewan, vakuola bisa jadi ada atau tidak ada. Kalaupun terdapat vakuola, maka ukurannya relatif kecil. Vakuola biasa hanya ditemukan pada hewan bersel satu.

Ciri-Ciri Sel Hewan

Berikut ini merupakan 7 ciri-ciri dan karakteristik sel hewan yang membedakan sel hewan dengan sel tumbuhan selengkapnya.

  1. Ukuran sel hewan lebih kecil dari sel tumbuhan
  2. Tidak memiliki plastida (kloroplas)
  3. Tidak memiliki dinding sel
  4. Mempunyai bentuk tidak tetap dan berubah-ubah
  5. Tidak memiliki vakuola, meski kadang ada juga memiliki vakuola tapi ukurannya kecil
  6. Memiliki lisosom
  7. Memiliki sentrosom

Ciri-Ciri Sel Tumbuhan

Berikut ini merupakan 7 ciri-ciri dan karakteristik sel tumbuhan yang membedakan sel tumbuhan dengan sel hewan selengkapnya.

  1. Ukuran sel tumbuhan lebih besar dari sel hewan
  2. Biasanya memiliki plastida (kloroplas)
  3. Memiliki dinding sel dan membran sel
  4. Mempunyai bentuk yang tetap
  5. Memiliki vakuola ukuran besar dan biasanya berjumlah banyak
  6. Tidak memiliki lisosom
  7. Tidak memiliki sentrosom

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Selain ciri-ciri sel hewan dan sel tumbuhan, ada sekitar 25 komparasi lainnya antara sel tumbuhan dan sel hewan. Berikut ini perbedaan sel tumbuhan dan hewan dalam bentuk tabel ditampilkan secara lengkap.

NoPerbedaanSel TumbuhanSel Hewan
1Dinding selAdaTidak ada
2PlastidaAda (kromoplas, kloroplas dan leukoplas)Tidak ada
3SentriolTidak adaAda
4VakuolaBerukuran besarBerukuran kecil
5Sambungan antar selPlasmodesmataDesmosome, tight junction
6Mendapat makananMenghasilkan makanan sendiri (fotosintesis)Mengambil makanan dari lingkungan atau organisme lain
7Tingkat totipotensiSangat tinggiRendah
8Ketahanan TekananKuat karena dinding selLemah tanpa vakuola kontraktil
9Sitokinesis selMembentuk lempeng mitosisMembentuk furrowing
10Pembentukan spindleSecara anastralSecara amphiastral
11FlagelaJarang, hanya pada sperma tumbuhan tertentuSering ditemukan
12SiliaSangat jarangSering ditemukan
13Ukuran selBesarKecil
14Organel respirasiKloroplast (plastida) dan mitokondriaMitokondria
15SentrosomTidak ada, jarang ditemukanAda
16Letak inti selBerada di pheriperal sitoplasmaBerada di tengah sel
17Elastisitas jaringanRendah, karena adanya dinding selTinggi, tidak adanya dinding sel
18SentriolTidak adaAda
19Bentuk selBentuk sel tumbuhan tetap, jarang berubahTidak mempunyai bentuk tetap, dapat berubah-ubah
20GlioksisomAdaTidak ada, jarang ditemukan
21LisosomJarang ditemukanUmumnya banyak terdapat dalam sel hewan
22Matriks ekstraselularTidak adaAda
23NucleusLebih kecil dari vakuolaLebih besar dari vakuola
24Menyimpan tenagaMenyimpan tenaga dalam bentuk butiran (granul) patiMenyimpan tenaga dalam bentuk butiran (granul) glikogen
25Perbandingan ukuran selSel tumbuhan lebih besar dari sel hewanSel hewan lebih kecil dari sel tumbuhan

Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Nah demikianlah penjelasan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan, dijelaskan secara lengkap dari segi ciri-ciri, karakteristik dan aspek lainnya dalam bentuk tabel. Sekian info pengetahuan umum kali ini, semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar