Syarat-Syarat Interaksi Sosial Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Syarat-Syarat Interaksi Sosial Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Syarat-syarat interaksi sosial – Interaksi sosial adalah hubungan antar 2 orang atau lebih. Contoh interaksi sosial bisa kita temui di sekitar kita, baik antar individu, individu dengan kelompok atau antar kelompok. Meski begitu, ada syarat-syarat terjadinya interaksi sosial yang harus dipenuhi hingga sebuah interaksi bisa dikatakan sebagai interaksi sosial.

Pengertian interaksi sosial memang meliputi hubungan timbal balik antar dua orang atau lebih, bisa berupa interaksi sosial individu dengan individu, interaksi sosial individu dengan kelompok serta interaksi sosial kelompok dengan kelompok.

Terdapat syarat interaksi sosial yang harus dipenuhi agar interaksi tersebut dikatakan sebagai sebuah interaksi sosial. Apapun bentuk-bentuk interaksi sosial yang terjadi, syarat-syarat tersebut harus tetap ada. Dua syarat interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi antar pelaku dalam sebuah interaksi sosial tersebut.

Kedua syarat ini harus dipenuhi, disamping ciri-ciri lain yang biasanya bisa kita temui di tiap contoh interaksi sosial di sekitar kita. Di bawah ini akan dijelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial yang meliputi kontak sosial dan komunikasi antar pelaku.

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Berikut ini akan dijelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial disertai pengertian, bentuk-bentuk, contoh dan gambarnya.

1. Kontak Sosial

syarat terjadinya interaksi sosial kontak sosial

Kontak sosial menjadi salah satu syarat terjadinya interaksi sosial. Pengertian kontak sosial adalah hubungan antara seseorang dengan orang lain yang dilakukan berdasarkan tujuan dan maksud masing-masing dalam kehidupan masyarakat.

Adanya kontak sosial menjadi awal terjadinya sebuah interaksi sosial dalam masyarakat. Ada beberapa bentuk-bentuk kontak sosial yang dibagi berdasarkan beberapa subjek, misalnya menurut medianya, menurut dampaknya atau menurut jumlah pelakunya.

Macam-macam kontak sosial menurut medianya dibagi menjadi dua yakni kontak sosial primer dan sekunder. Kontak sosial primer adalah kontak sosial yang terjadi secara langsung jika pelaku interaksi bertemu muka secara langsung. Sementara kontak sosial sekunder terjadi secara tidak langsung bisa melalui media lain seperti telepon, pesan, internet dan lain-lain.

Macam-macam kontak sosial menurut dampaknya dibagi menjadi dua yakni kontak sosial positif dan negatif. Kontak sosial positif adalah sebuah hubungan sosial yang mengarah pada suatu bentuk kerjasama. Sementara kontak sosial negatif mengarah pada hal-hal negatif seperti konflik dan pertentangan.

Sementara jenis-jenis kontak sosial menurut jumlah pelakunya dibagi menjadi tiga jenis, yakni kontak sosial antara individu dengan individu, kontak sosial antara individu dengan kelompok serta kontak sosial antara kelompok dengan kelompok.

2. Komunikasi

syarat interaksi sosial komunikasi

Syarat interaksi sosial lainnya adalah adanya komunikasi. Pengertian komunikasi adalah hubungan atau interaksi antara seseorangan dengan orang lain. Ada dua jenis komunikasi yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Artinya komunikasi bukan hanya lisan saja, tapi juga bisa lewat media lain.

Ada 5 unsur terjadinya sebuah komunikasi di antaranya yaitu :

  • Komunikator, yaitu orang yang menyampaikan pesan, perasaan atau pikiran kepada pihak lain.
  • Komunikan, yaitu orang atau kelompok yang dikirimi pesan, pikiran atau perasaan oleh pihak lain.
  • Pesan, yaitu sesuatu yang disampaikan oleh komunikator, dapat berupa informasi, instruksi dan perasaan.
  • Media, yaitu alat untuk menyampaikan pesan, dapat berupa lisan, tulisan, gambar, film dan lain-lain.
  • Efek, yaitu perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan.

Terdapat tiga tahapan dalam komunikasi yaitu encoding, penyampaian dan decoding. Encoding adalah tahap saat gagasan yang akan dikomunikasikan diwujudkan dalam kalimat atau gambar. Pada tahap penyampaian, gagasan tersebut sudah diwujudkan dalam bentuk kalimat dan gambar disampaikan.

Sedangkan dalam tahap decoding, terjadi proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar yang diterima menurut pengalaman yang dimiliki. Maka sebuah proses komunikasi telah dilakukan secara kronologis dari awal sampai diterima.

Nah, sudah dijelaskan 2 syarat terjadinya interaksi sosial beserta pengertian, jenis-jenis, tahapan dan contohnya lengkap. Secara umum memang ada dua syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan adanya komunikasi antar pelaku interaksi sosial.

Tinggalkan komentar