Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan dan Penjelasan Lengkapnya

Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan dan Penjelasan Lengkapnya

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan – Sosiologi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat. Objek kajian sosiologi membahas mengenai fakta sosial, tindakan sosial dan realitas sosial di lingkungan masyarakat. Secara umum ada 4 ciri-ciri ilmu sosiologi yang ada meliputi karakteristik dan sifat-sifat sosiologis itu sendiri.

Pengertian sosiologi secara umum adalah salah satu bidang ilmu sosial yang mempelajari tentang masyarakat dan unsur-unsurnya. Ruang lingkup sosiologi mempelajari interaksi masyarakat, kelompok sosial dan hal-hal lain yang ada dalam masyarakat sehari-hari.

Sosiologi juga termasuk sebagai ilmu pengetahuan dengan kajian dan teori yang telah dijelaskan dari masa ke masa. Kaidah-kaidah sosiologi pun dipelajari secara teratur dan sistematik. Hal ini kemudian dapat dijelaskan pada sifat-sifat sosiologi itu sendiri sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang dipelajari.

(baca juga pengertian sosial menurut para ahli)

ciri-ciri sosiologi

Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu

Terdapat 4 ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan secara umum. Karakteristik sosiologi yang ada meliputi sifat-sifat sosiologi di antaranya adalah empiris, teoritis, kumulatif dan non-etis. Berikut merupakan penjelasan 4 ciri-ciri ilmu sosiologis menurut para ahli selengkapnya.

1. Empiris

Sosiologi bersifat empiris. Artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dan fakta yang logis. Ilmu sosiologi didasarkan pada observasi terhadap kenyataan menggunakan akal sehat manusia, sehingga hasilnya tidak bersifat spekulatif atau menduga-duga.

Contoh sosiologi bersifat empiris bisa dilihat dari kajian tentang perilaku manusia yang didasarkan pada pengamatan langsung. Dengan kata lain, sosiologis tidak bisa menggunakan khayalan atau imajinasi, melainkan dari fakta yang logis.

2. Teoritis

Sosiologis bersifat teoritis. Artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan data, observasi konkret dan kajian sistematis dari hasil pengamatan empiris.

Ilmu sosiologi juga harus dipelajari berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku. Pola hubungan sebab akibat ataupun keterkaitannya juga harus diperhatikan dalam kajian ilmu sosiologis.

3. Kumulatif

Sosiologis bersifat kumulatif. Artinya sosiologi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Teori-teori tersebut merupakan hasil dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Teori sosiologis terus dikembangkan dari tahun ke tahun dan terus berkembang dan mengalami perbaikan serta perluasan untuk mengganti atau memperkuat teori-teori yang lama.

4. Non-Etis

Sosiologis bersifat non-etis. Artinya sosiologi membahas suatu permasalahan sosial tanpa mempersoalkan nilainya, yaitu baik atau buruknya suatu persoalan yang dibahas.

Ilmu sosiologis membahas sebuah masalah secara objektif tanpa melihat baik buruknya. Kajian sosiologis juga bertujuan mencari solusi tiap permasalahan yang ada.

(baca juga contoh penyimpangan sosial)

Nah itulah 4 ciri-ciri sosiologis sebagai ilmu pengetahuan dan penjelasannya menurut para ahli lengkap. Ciri-ciri sosiologis secara umum adalah bersifat empiris, teoritis, kumulatif dan non-etis. Sekian pembahasan ciri dan unsur-unsur sosiologis kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan.

Tinggalkan komentar