Objek Kajian Sosiologi & Penjelasannya (Material, Formal, Budaya, Agama)

Objek Kajian Sosiologi & Penjelasannya (Material, Formal, Budaya, Agama)

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan dalam masyarakat. Terdapat beberapa objek-objek kajian sosiologi yang dipelajari. Objek sosiologi adalah hal-hal yang menjadi landasan pengembangan ilmu sosiologi. Kali ini akan dibahas mengenai 4 objek kajian sosiologi dalam masyarakat dan penjelasannya.

Secara umum pengertian objek kajian sosiologi adalah hal-hal yang menjadi konsep dan objek dari kajian dan penelitian yang dipelajari dalam ilmu sosiologi. Objek sosiologi pun menjadi batasan dari pembelajaran ilmu sosiologi itu sendiri.

Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, objek kajian ilmu sosiologi juga sesuai dengan ciri-ciri sosiologi itu sendiri yang bersifat teoritis dan empiris. Penjabaran mengenai objek kajian sosiologis juga dikemukakan oleh para ahli seperti Max Weber, Emile Durkheim, Karl Max dan lain-lain.

(baca juga fungsi sosiologi)

objek kajian sosiologi

Objek Kajian Sosiologi

Secara umum, ada beberapa ruang lingkup sosiologi yang dibagi menjadi 4 objek kajian utama, yakni objek material, objek formal, objek budaya dan objek agama.

1. Objek Material

Objek kajian sosiologi yang pertama adalah objek material (material object). Yang dimaksud objek material sosiologi berkaitan dengan kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia. Objek material juga meliputi hal-hal mempengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

2. Objek Formal

Objek sosiologi berikutnya adalah objek formal (formal object). Yang dimaksud objek formal sosiologi menitikberatkan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Artinya objek formal meliputi hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

3. Objek Budaya

Selanjutnya adalah objek budaya (culture object). Penjelasan objek budaya sosiologi adalah hal-hal yang berkaitan dengan norma kebudayaan dalam masyarakat. Objek budaya juga menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

4. Objek Agama

Objek-objek sosiologi yang terakhir adalah objek agama (religion object). Pengaruh dari objek agama sosiologi dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat yang berkaitan dengan Ketuhanan. Banyak juga dampak yang memengaruhi hubungan manusia yang ditimbulkan dari objek agama.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 4 objek kajian ilmu sosiologi secara umum menurut para ahli. Contoh-contoh objek kajian sosiologi pun bisa kita temui di kehidupan sehari-hari di sekitar kita.

Tinggalkan komentar