Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian asimilasi secara umum adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli tersebut sehingga kemudian membentuk kebudayaan baru. Singkatnya, asimilasi adalah terbentuknya budaya baru hasil pembauran 2 kebudayaan yang berbeda.

Ada beberapa syarat terjadinya asimilasi, misalnya adanya sejumlah kelompok dengan kebudayaan berbeda serta terjadinya interaksi sosial antar dua kelompok atau lebih tersebut. Asimilasi juga ditandai dengan usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan dari macam-macam kelompok sosial yang berbeda.

Tentu dalam asimilasi juga ada faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorong asimilasi antara lain adalah sikap toleransi, sikap terbuka serta adanya persamaan unsur budaya. Sedangkan faktor penghambat asimilasi misalnya yaitu adanya prasangka negatif, kelompok yang terisolasi dan merasa kelompoknya paling unggul.

Asimilasi menjadi salah satu dari bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif. Kali ini akan dibahas mengenai apa itu arti asimilasi, pendapat para ahli mengenai pengertian asimilasi dan contohnya yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

(baca juga objek kajian sosiologi)

pengertian asimilasi menurut para ahli

Pengertian Asimilasi

Apa yang dimaksud asimilasi? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian asimilasi, baik definisi asimilasi secara umum, menurut KBBI atau menurut para ahli.

Arti Asimilasi Menurut KBBI

Dalam kaitannya dengan ilmu sosial budaya, pengertian asimilasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah penyesuaian diri terhadap kebudayaan dan pola-pola perilaku atau pembauran nilai dan sikap warga masyarakat yang tergolong sebagai suatu bangsa.

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian-pengertian asimilasi menurut para ahli, baik ahli dari dalam negeri serta ahli dari luar negeri.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian asimilasi menurut Koentjaraningrat adalah proses perubahan sosial dalam masyarakat yang terjadi karena adanya perkembang dan hubungan interaksi sosial yang terus menerus dan serius yang akhirnya mendorong masyarakat untuk membaurkan kebudayaan yang ada dalam upaya mengakomodir semua pihak dalam menata bentuk keteraturan sosial yang sudah ada.

Menurut Seymour Smith

Menurut Seymour Smith, definisi asimilasi adalah tahap kedua dari proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat yang dilatarbelakangi terjadinya akulturasi terlebih dahulu sehingga akan menciptakan kebudayaan baru dan diterima masyarakat.

Menurut Garbarino

Arti asimilasi menurut Garbarino merupakan istilah yang dipergunakan untuk memberikan penjelasan mengenai penggabungan dua unsur kebudayaan dalam masyarakat.

Menurut Vander Zanden

Menurut Vander Zanden, asimilasi adalah bagian dari proses di antara dua kelompok atau lebih melalui tahapan berfikir, saling toleransi, bertindak dan akhirnya masing-masing kelompok tersebut bercampur kebudayaannya dan menjadi kesatuan.

Menurut Alvin L. Bertrand

Alvin L. Bertrand berpendapat bahwa pengertian asimilasi adalah proses tingkatan sosial lanjutan yang terbentuk karena tiap kelompok atau golongan yang berbeda budayanya saling melakukan interaksi sosial secara langsung dalam kurun waktu lama, kemudian menghasilkan kebudayaan baru akibat perubahan budaya tiap-tiap kelompok baik dari unsur maupun secara keseluruhan.

Menurut James Danandjaja

Asimilasi menurut James Danandjaja adalah proses menyesuaikan diri masing-masing kelompok yang berbeda kebudayaanya yang seiringnya waktu masing-masing kebudayaan kelompok mengalami kemunduran dan akhirnya menghadirkan kebudayaan baru.

Menurut Milton M. Gordon

Milton M. Gordon menjelaskan arti asimilasi adalah tahapan yang bisa menjadi bagian dari akulturasi, yang mana harus terjadi akulturasi terlebih dahulu supaya bisa menghasilkan asimilasi.

Menurut Ogburn dan Nimkoff

Ogburn dan Nimkoff berpendapat bahwa definisi asimilasi adalah hasil dari percampuran dari interaksi antara individu atau kelompok yang memiliki kesamaan dalam hal sejarah, atau sikap.

Menurut Dejun Su, Chad Ricardson dan Guang Zen Wang

Dejun Su, Chad Richardson dan Guang Zen Wang mengartikan asimilasi sebagai proses terjadinya perubahan kebudayaan yang lama dan secara menyeluruh atau kompleks, memiliki sifat keanekaragaman dari keterlibatan kelompok baru.

Contoh Asimilasi

Ada banyak contoh contoh asimilasi yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contoh asimilasi di Indonesia.

  • Musik dangdut merupakan pembauran musik asli melayu dengan sentuhan musik khas India.
  • Cara berpakaian warga asing yang akhirnya ditiru oleh warga lokal Indonesia.
  • Perpaduan musik rap hip hop dan budaya Jawa menghasilkan lagu lagu hip hop Jawa.
  • Budaya kaligrafi dari Arab yang kemudian dipadukan dengan kebudayaan Indonesia.
  • Masjid-masjid yang memiliki corak Tionghoa merupakan hasil asimilasi dua budaya yang berbeda.

Nah demikianlah pembahasan mengenai definisi dan pengertian asimilasi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari secara umum. Asimilasi merupakan perpaduan 2 budaya untuk menghasilkan sebuah kebudayaan baru. Meski begitu tidak semua asimilasi bersifat positif sehingga kita harus menyaring mana-mana saja kebudayaan baru yang layak untuk diterima.

Tinggalkan komentar