8 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Penjelasannya [Lengkap]

8 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna – Secara umum, pasar dibagi menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar pasar persaingan tidak sempurna. Dalam artikel ini akan khusus dibahas mengenai ciri-ciri pasar persaingan sempurna beserta definisi, pengertian, sistem pasar, struktur harga pasar, contoh dan penjelasan lengkapnya dalam ilmu ekonomi.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Dilihat dari bentuk dan struktunya, ada dua jenis-jenis pasar, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan dapat penawaran yang dapat secara bebas bergerak. Definisi pasar persaingan sempurna juga bisa dijelaskan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana ada banyak penjual dan pembeli yang terlibat dan tidak dapat mempengaruhi pasar.

Beberapa contoh pasar persaingan sempurna dalam kehidupan sehari-hari misalnya adalah pasar beras, pasar sayur dan pasar buah.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Apa saja ciri-ciri pasar persaingan sempurna? Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna.

(baca juga ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna)

ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Banyak penjual dan pembeli

Ciri utama pasar persaingan sempurna adalah ada banyak penjual dan pembeli. Baik penjual atau pun pembeli tidak memiliki wewenang untuk mempengaruhi harga yang sudah ada. Adapun harga sudah ditentukan oleh mekanisme pasar lewat interaksi jumlah penawaran dan permintaan di masyarakat.

Harga ditentukan penawaran dan permintaan

Seperti yang disinggung di poin di atas, harga di pasar persaingan sempurna ditentukan oleh mekanisme pasar, bukan dari penjual atau pun pembeli. Maksud yang lebih spesifik lagi yaitu harga ditentukan interaksi jumlah penawaran dan permintaan yang ada di masyarakat.

Barang yang dijual homogen

Dalam pasar persaingan sempurna, barang yang dijual bersifat homogen. Artinya barang yang dijual sama atau identik dan bahkan tidak terdapat banyak perbedaan secara kualitas. Karena itu, pembeli tidak dapat membedakan mana produk dari perusahaan satu dengan yang lain.

Perusahaan adalah price taker

Perusahaan bertindak sebagai price taker atau pengambil harga dalam pasar persaingan sempurn. Artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku.

Ada kebebasan menutup dan membuka

Ciri pasar persaingan sempurna berikutnya adalah adanya kebebasan menutup dan membuka atau free entry and free exit. Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan.

Pembeli punya pengetahuan mengenai pasar persaingan sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna, baik penjual atau pun pembeli memiliki pengetahuan mengenai pasar persaingan sempurna. Hal ini yang membuat tidak ada pembeli yang membeli produk dengan harga lebih tinggi dari harga pasar dan juga sebaliknya, tidak ada penjual yang menjual produk dengan harga lebih rendah dari harga pasar yang berlaku.

Perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna

Ciri pokok pasar persaingan sempurna lain yaitu perpindahan sumber ekonomi yang cukup sempurna. Artinya tidak ada kesulitan jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya karena semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

Tidak ada intervensi dari pemerintah dan pihak luar

Pasar persaingan sempurna tidak bisa diintervensi dari pemerintah atau dari pihak lain. Artinya pemerintah tidak bisa turut campur tangan dalam menentukan harga di pasar. Selain itu pihak luar lainnya juga tidak memiliki kuasa untuk terlibat dan mempengaruhi harga di pasar persaingan sempurna.

Nah itulah info referensi mengenai pengertian pasar persaingan sempurna dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna beserta penjelasan lengkapnya dalam ilmu ekonomi. Beberapa ciri pasar persaingan sempurna meliputi banyaknya penjual dan pembeli, barang yang dijual homogen serta adanya kebebasan perusahaan untuk membuka dan menutup bisnis yang ada di pasar persaingan sempurna.

Tinggalkan komentar