8 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Contohnya

8 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Contohnya

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna – Sebelumnya kita telah bahas mengenai pengertian dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna, maka kali ini akan dibahas mengenai pasar persaingan tidak sempurna. Jenis pasar tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar sempurna. Dalam artikel ini akan dibagikan info mengenai ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna beserta definisi, pengertian, sistem pasar, struktur harga pasar, contoh dan penjelasan lengkapnya dalam ilmu ekonomi.

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian pasar persaingan tidak sempurna adalah salah satu dari jenis-jenis pasar dimana jumlah penjualnya sedikit tetapi pembelinya sangat banyak. Definisi pasar persaingan tidak sempurna ini membuat penjual menjadi diuntungkan karena dapat menentukan jumlah harga. Akibatnya penjual bisa memperoleh lebih banyak keuntungan karena bisa menaikkan harga barang yang dijual.

Pasar persaingan tidak sempurna ini adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Pasar jenis ini juga memliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ada beberapa bentuk dan jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna yakni pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopolistis dan pasar oligopsoni.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Apa saja ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna? Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri dari pasar persaingan tidak sempurna.

(baca juga ciri-ciri pasar persaingan sempurna)

ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna

Sedikit penjual dan banyak pembeli

Ciri utama pasar persaingan tidak sempurna adalah sedikit penjual dan banyak pembeli. Dalam pasar persaingan tidak sempurna, jumlah penjual sangat sedikit bahkan ada juga pasar persaingan tidak sempurna yang hanya ada 1 penjual saja. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah pembeli yang banyak.

Penjual berhak menentukan harga

Satu hal yang menjadi perbedaan pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna adalah penentuan harga pasar. Jika pada pasar persaingan sempurna, harga ditentukan oleh mekanisme pasar melalui jumlah penawaran dan permintaan, maka dalam pasar persaingan tidak sempurna harga pasar ditentukan oleh penjual itu sendiri yang jumlahnya sedikit.

Penjual baru susah masuk dan bersaing

Sulit untuk produsen atau penjual baru untuk masuk ke dalam pasar. Hal ini dikarenakan penjual sebelumnya sudah lebih dikenal dan bisa saja beberapa penjual lama bekerja sama untuk menghancurkan produsen baru agar persaingan berkurang.

Tidak ada barang pengganti

Dalam pasar persaingan tidak sempurna, barang yang dijual merupakan produk khusus yang susah dicari penggantinya atau barang substitusi di tempat lain. Artinya pembeli harus membeli barang di pasar tersebut untuk mendapatkan kebutuhan akan barang tersebut.

Barang yang dijual semacam

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna berikutnya adalah barang yang dijual bersifat homogen. Artinya barang yang dijual dalam pasar persaingan tidak sempurna adalah semacam atau sejenis.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

  • Pertamina menjual bahan bakar
  • PLN menjual energi listrik
  • Telkom yang menyediakan jasa telepon

Nah itulah info referensi mengenai pengertian pasar persaingan tidak sempurna dan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna beserta penjelasan lengkapnya dalam ilmu ekonomi. Beberapa ciri pasar persaingan tidak sempurna meliputi sedikit penjual dan banyak pembeli, penjual berhak mengatur harga barang serta susahnya penjual baru untuk masuk.

Tinggalkan komentar