Fungsi Hidung Beserta Bagian-Bagian dan Struktur Hidung [Lengkap]

Fungsi Hidung Beserta Bagian-Bagian dan Struktur Hidung [Lengkap]

Hidung adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai indera penciuman. Fungsi utama hidung memang untuk dapat mencium bau di sekitar kita. Meski begitu ada fungsi hidung bagi manusia yang lain misalnya untuk menyaring udara saat bernapas serta untuk mengatur suhu udara yang masuk ke saluran pernapasan.

Ada beberapa bagian-bagian hidung seperti lubang hidung, bulu hidung, septum hidung, rongga hidung, saraf hidung (saraf olfaktori), sinus hidung, tulang rawan hidung, silia, selaput lendir serta saluran hidung-tenggorokan (nasofaring).

Tiap bagian-bagian hidung memiliki fungsi masing-masing. Misalnya fungsi rongga hidung adalah untuk melanjutkan udara yang masuk menuju tenggorokan serta menjaga kelembapan udara pada sistem pernafasan. Sementara fungsi tulang hidung adalah membentuk bagian ujung hidung.

(baca juga fungsi telinga)

fungsi hidung dan bagian-bagian hidung

Fungsi Hidung Bagi Manusia

Kita tahu bahwa fungsi hidung yang utama adalah untuk mencium bau. Meski begitu hidung juga memiliki fungsi lain. Apa sajakah fungsi hidung bagi manusia? Berikut merupakan penjelasan fungsi hidung secara umum.

1. Sebagai alat indera penciuman

Salah satu fungsi utama hidung adalah sebagai indera penciuman. Sama seperti mata untuk melihat dan telinga untuk mendengar, hidung merupakan organ tubuh yang digunakan untuk mencium bau. Hidung memiliki saraf olfaktori atau saraf pembau yang merupakan bagian dari saraf kranial dan berfungsi untuk menanggapi rangsangan zat gas atau uap.

2. Sebagai organ pernafasan dengan menyaring udara

Hidung juga berfungsi sebagai organ pernapasan. Hidung menjadi organ pernapasan pertama yang dilalui tubuh yang berperan untuk menyaring udara yang masuk dalam tubuh. Bisa dibilang bahwa hidung adalah pintu masuk pertama untuk menyaring udara sebelum menuju organ pernapasan berikutnya sampai menuju paru-paru.

3. Mengatur suhu udara dan kelembapan udara yang masuk

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa fungsi hidung juga penting sebagai pintuk masuk dan keluar udara menuju organ pernapasan berikutnya. Hidung juga berperan dalam mengatur suhu udara dan kelembapan udara yang masuk ke sistem pernapasan karena adanya pembuluh darah dan lendir di dalam hidung.

4. Mencegah benda asing masuk dalam sistem pernapasan

Fungsi hidung bagi manusi juga penting untuk mencegah partikel asing untuk masuk ke dalam sistem pernapasan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan bersin saat ada benda asing berbahaya yang masuk. Selain itu hidung juga menyaring debu dan kotoran dari udara luar dengan menggunakan bulu hidung atau selaput lendir.

5. Mengatur resonansi suara

Hidung juga berperan dalam mengatur resonansi suara manusia. Adanya bagian rongga hidung membuat resonansi suara terpengaruh akibat tekanan udara yang masuk melalui hidung. Misalnya jika kita menutup hidung kita, maka suara kita saat berbicara akan berbeda dalam kondisi normal.

6. Memberi rasa pada makanan

Lidah merupakan indra pengecapan, namun hidung juga memiliki pengaruh pada indera pengecapan. Kombinasi hidung dan lidah dapat memberi rasa optimal pada makanan. Fungsi hidung di sini adalah menerima pantulan rasa oleh lidah. Misalnya hidung kita tersumbat saat flu, maka rasa makanan yang biasa kita makan akan berbeda.

Nah itulah pengetahuan mengenai fungi hidung secara umum bagi manusia serta bagian-bagian hidung dan strukturnya lengkap. Manusia memiliki hidung yang berperan dalam banyak fungsi tubuh seperti sebagai indera penciuman bau hingga untuk menyaring udara menuju saluran pernapasan.

Tinggalkan komentar