Fungsi Telinga Bagian Dalam, Tengah dan Bagian Luar [Terlengkap]

Fungsi Telinga Bagian Dalam, Tengah dan Bagian Luar [Terlengkap]

Manusia memiliki telinga sebagai organ pendengaran. Dengan telinga yang berfungsi baik, maka kita bisa mendengar suara dan bunyi dengan bantuan getaran dan gelombang. Fungsi telinga secara umum memang untuk mendengar, namun hal itu bisa terjadi karena kerja dari bagian-bagian telinga seperti gendang telinga, saluran eustachius, rumah siput dan lain-lain.

Fungsi telinga bisa kita rasakan sehari-hari. Saat kita berkomunikasi dengan orang lain, saat kita mendengarkan musik atau saat kita mendengar kicauan burung di pagi hari. Telinga membuat kita bisa mendengarkan suara dan bunyi yang ada di sekitar kita.

Selain untuk mendengar, ada juga fungsi telinga lain yang tergolong sebagai fungsi sekunder, sebut saja seperti fungsi keseimbangan tubuh atau fungsi keindahan bagi manusia.

(baca juga fungsi mata secara umum)

fungsi telinga bagian dalam tengah luar

Fungsi Telinga

Kita tahu bahwa fungsi telinga yang utama adalah untuk mendengar. Meski begitu telinga juga memiliki fungsi lain. Apa sajakah fungsi telinga bagi manusia? Berikut merupakan penjelasan fungsi telinga secara umum.

Sebagai alat indera pendengaran

Fungsi utama telinga adalah sebagai alat indera pendengaran. Dengan telinga, kita bisa mendengarkan getaran suara sehingga kita bisa mendengar. Organ telinga menangkap getaran gelombang suara yang masuk dari telinga bagian luar, setelah itu gelombang tersebut akan melalui beberapa proses tahapan, lalu diterima oleh otak dan direspon, sehingga suara bisa kita dengarkan.

Sebagai pengatur keseimbangan tubuh

Selain untuk mendengar, fungsi telinga bagi manusia yang lain adalah untuk mengatur keseimbangan tubuh.  Terdapat struktur khusus pada organ telinga yang memiliki fungsi sebagai pengatur dan menjaga keseimbangan tubuh karena telinga juga berhubungan dengan saraf-saraf otak.

Sebagai fungsi keindahan

Telinga juga memiliki fungsi keindahan. Adanya telinga di kedua sisi bisa dimanfaatkan untuk fungsi keindahan. Bagi para wanita biasanya memakai perhiasan berupa anting-anting atau pun aksesoris lain yang dilekatkan di kedua telinganya.

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Secara umum ada tiga bagian-bagian telinga, yakni telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Tiap bagian telinga memiliki fungsi masing-masing baik dalam menangkap getaran suara, melindungi organ lain hingga menjaga keseimbangan tubuh.

Fungsi Telinga Bagian Luar

  • Daun telinga : Fungsinya yaitu untuk menangkap getaran suara, mengatur arah gelombang yang diterima, memberi tekanan udara di sekitar gendang telinga, memberi perlindungan pada gendang telinga, mengatur volume suara yang diterima serta mendeteksi arah datangnya getaran gelombang.
  • Saluran telinga luar : Fungsinya yaitu untuk menerima getaran suara, mengarahkannya ke gendang telinga, mengatur kuat lemahnya getaran yang diterima sebelum ke gendang telinga serta mencegah serangga masuk ke dalam lubang telinga.
  • Gendang telinga : Fungsinya yaitu untuk memberi tegangan dan kelenturan pada gendang telinga, memberi menghantarkan getaran gelombang suara serta berperan dalam proses mendengar suara.

Fungsi Telinga Bagian Tengah

  • Saluran eustachius : Fungsinya yaitu untuk mengatur tekanan udara pada bagian telinga tengah serta menghubungkan telinga ke rongga hidung dan ke tenggorokan.
  • Tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi : Fungsinya yaitu untuk mengirimkan getaran gelombang suara yang diterima dari gendang telinga pada bagian telinga luar menuju jendela oval pada bagian telinga dalam.

Fungsi Telinga Bagian Dalam

  • Rumah siput (koklea) : Fungsinya yaitu sebagai reseptor karena di dalamnya terdapat sel-sel saraf, di dalam tabung rumah siput terdapat bagian yang terbentuk oleh tulang dan membran koklea.
  • Vestibull : Fungsinya yaitu untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Saluran setengah lingkaran (kanalis semisirkularis) : Fungsinya yaitu untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Nah itulah pengetahuan mengenai fungi telinga secara umum serta bagian-bagian telinga dan strukturnya lengkap. Manusia harus bersyukur karena diberikan telinga untuk mendengar sebagai alat pendengaran untuk mendengar bunyi dan suara di sekitar kita.

Tinggalkan komentar