Fungsi Mata Secara Umum Beserta Bagian-Bagian dan Struktur Mata

Fungsi Mata Secara Umum Beserta Bagian-Bagian dan Struktur Mata

Manusia memiliki mata sebagai organ penglihatan. Dengan mata yang berfungsi baik, maka kita bisa melihat objek lain dengan jelas dengan bantuan cahaya. Fungsi mata secara umum memang untuk melihat, namun hal itu bisa terjadi karena kerja dari bagian-bagian mata seperti kornea, iris, pupil dan retina.

Cara kerja mata memang cukup kompleks karena membutuhkan kontribusi dan fungsi bagian-bagian mata secara keseluruhan. Struktur mata dibagi menjadi dua yakni bagian luar mata dan organ dalam mata. Kita juga harus merawat kesehatan mata karena jika tidak bisa saja terserang beberapa penyakit mata seperti katarak, rabun hingga kebutaan.

Selain untuk melihat, ada juga fungsi mata lain yang tergolong sebagai fungsi sekunder, sebut saja seperti fungsi keindahan, fungsi komunikasi hingga fungsi pembelajaran bagi manusia.

(baca juga fungsi paru-paru)

fungsi mata dan struktur mata

Fungsi Mata Secara umum

Apa saja fungsi mata manusia? Tentu kita tahu bahwa mata digunakan oleh manusia untuk melihat. Tapi ternyata ada juga fungsi mata bagi manusia yang lainnya. Berikut merupakan fungsi-fungsi mata secara umum beserta struktur dan penjelasannya.

1. Sebagai alat indra penglihatan

Ini adalah fungsi utama mata yaitu sebagai alat indra penglihatan. Artinya mata digunakan untuk melihat objek lain. Cara kerja mata pun cukup kompleks dimana tiap bagian-bagian mata memiliki fungsi masing-masing hingga sebuah objek bisa dilihat oleh mata. Dengan mata kita bisa menikmati pandangan visual.

2. Sebagai alat komunikasi

Mata ternyata bisa juga digunakan untuk alat komunikasi, meski tidak dengan komunikasi secara langsung. Dengan mata kita bisa memberi kode dan sinyal pada lawan bicara kita, seperti dengan mengedipkan mata atau memelototkan mata. Dalam situai tertentu, komunikasi dengan mata menjadi lebih cepat dan efisien.

3. Sebagai fungsi keindahan

Bagi manusia, mata juga bisa mengandung fungsi keindahan. Adanya mata yang terletak di bagian wajah tentu mengandung unsur artistik. Bagi pecinta kecantikan, biasanya memberi hiasan-hiasan tertentu pada bagian mata seperti memakai lensa kontak atau perawatan lainnya. 

4. Sebagai alat pembelajaran

Manusia adalah makhluk yang terus belajar. Mata bisa jadi alat utama bagi manusia untuk belajar. Dengan melihat hal-hal baru yang akan dipelajari, manusia bisa terus berkembang dan belajar untuk mendapat kemampuan baru. Dalam hal ini, manusia juga membutuhkan bagian tubuh lain seperti telinga, otak dan lain-lain.

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Secara umum ada dua bagian-bagian mata, yakni bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar mata digunakan untuk proteksi dan perlindungan dari objek asing seperti debu, asap dan keringat. Sementara organ dalam mata berfungsi dalam proses cara kerja mata agar mata bisa melihat.

Bagian Luar Mata

  • Bulu mata yang berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan diterima.
  • Alis mata yang berfungsi untuk menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
  • Kelopak mata yang berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.
  • Kelenjar air mata yang berfungsi menghasilkan air mata dan menjaga kelembapan mata.

Struktur Mata Bagian Dalam

  • Kornea yang berfungsi melindungi bagian sensitif di belakangnya serta membantu mata memfokuskan bayangan pada retina.
  • Lensa Mata yang berfungsi memfokuskan cahaya yang masuk ke bagian belakang mata tepat pada retina.
  • Iris yang berfungsi memberikan warna mata dan mengatur perbesaran pupil.
  • Pupil yang berfungsi menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil akan melebar jika cahaya terlalu yang gelap, dan akan menyempit jika cahaya terlalu terang.
  • Otot Mata yang berfungsi mengatur besar dan kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.
  • Retina (Selaput Jala) yang berfungsi menangkap dan meneruskan cahaya dari lensa hingga ke saraf mata.
  • Syaraf Optik yang berfungsi meneruskan rangsang cahaya dari retina ke otak.
  • Spot Kuning (Mokula) yang menjadi bagian mata yang paling peka pada retina yang memiliki bagian yang paling peka terhadap respon dari luar.
  • Vitreus humor yang berfungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.

Nah itulah pengetahuan mengenai fungi mata secara umum serta bagian-bagian mata dan strukturnya lengkap. Manusia harus bersyukur karena diberikan mata untuk melihat sebagai alat visual untuk melihat objek-objek lain di sekitar kita.

Tinggalkan komentar