10 Fungsi Lidah Manusia Beserta Bagian-Bagian & Struktur Lidah

10 Fungsi Lidah Manusia Beserta Bagian-Bagian & Struktur Lidah

Lidah adalah bagian tubuh manusia yang ada di dalam mulut. Lidah adalah organ tubuh sebagai indra pengecapan. Fungsi lidah yang utama dalah untuk mengecap dan merasakan makanan. Selain itu juga ada fungsi lidah lainnya seperti untuk membantu mencerna makanan dan membantu berbicara.

Secara struktur lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut. Lidah tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis. Terdapat dua jenis otot pada lidah yaitu otot ekstrinsik dan intrinsik.

Selain sebagai indra pengecapan, fungsi lidah juga digunakan untuk  membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Bagian-bagian lidah terdiri dari ujung lidah, pangkal lidah dan akar lidah.

(baca juga fungsi hidung)

fungsi lidah manusia

Fungsi Lidah Manusia

Kita tahu bahwa fungsi lidah yang utama adalah untuk mengecap dan merasakan. Meski begitu lidah juga memiliki fungsi lain. Apa sajakah fungsi lidah bagi manusia? Berikut merupakan penjelasan fungsi lidah secara umum.

1. Sebagai indera pengecap atau perasa

Fungsi utama lidah tentunya sebagai indera pengecap atau perasa. Bagian lidah manusia memiliki reseptor rasa di bagian kuncup rasa untuk dapat merasakan makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut. Dengan lidah kita bisa menentukan apakah makanan terasa manis, pahit, asin atau malah tidak enak.

2. Membantu proses berbicara

Secara tidak langsung, fungsi lidah juga digunakan untuk berkomunikasi. Lidah membantu manusia dalam proses berbicara. Dengan bantuan bibir dan gigi pada mulut, lidah berperan agar suara keluar dari tenggorokan menjadi terdengar jelas.

3. Membantu menguyah makanan

Fungsi lidah juga digunakan saat kita makan. Lidah membantu untuk menguyah makanan. Lidah dapat bergerak bebas dalam mulut sehingga lidah dapat membantu menguyah dan mengolah makanan yang awalnya padat agar menjadi lebih lembek.

4. Membantu menelan

Selain membantu menguyah, lidah juga membantu menelan makanan atau minuman. Makanan yang dikunyah menjadi lembek akan didorong oleh lidah agar masuk ke dalam tenggorokan. Selanjutnya setelah ditelah, makanan tersebut akan diproses oleh alat pencernaan.

5. Membantu mengisap cairan

Lidah juga berperanh membantu manusia untuk mengisap cairan ke dalam mulut. Tanpa lidah kita akan kesusahan untuk mengisap cairan, bisa berupa air atau carian lain. Contohnya adalah saat bayi menggunakan lidah untuk mengisap air susu ibu (ASI).

6. Membersihkan mulut dari kotoran

Fungsi lidah juga bisa digunakan untuk membersihkan mulut dari kotoran atau sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut. Ujung lidah menjadi bagian yang sensitif sehingga bisa merasakan sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut.

7. Melindungi mulut dari kuman dan bakteri

Fungsi lidah secara umum juga dapat melindungi mulut dari kuman atau bakteri. Di dasar lidah, terdapat sel-sel pelindung bernama tonsil lingual yang berada di belakang rongga mulut. Bersama dengan tonsil palatina (amandel) dan tonsil faringeal (adenoid), lidah turut melindungi tubuh dari kuman dan bakteri yang mungkin masuk ke mulut.

8. Membantu mengeluarkan udara

Manfaat lidah berikutnya adalah untuk membantu mengeluarkan udara. Lidah mampu membantu mengeluarkan panas tubuh, termasuk udara ke luar. Hal ini juga membantu untuk mengontrol suhu dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

9. Membantu melembapkan mulut

Lidah juga berfungsi untuk melembapkan mulut. Hal ini bisa terjadi saat mengalami bibir kering karena dehidrasi. Untuk mengatasinya orang akan membasahi bibir dengan air liur melalui fungsi lidah. Dengan hal ini maka dapat menjaga kelembapan mulut.

10. Sebagai indikasi keadaan tubuh

Fungsi lidah juga bisa sebagai indikator keadaan tubuh. Kondisi lidah kurang lebih dapat menggambarkan kesehatan tubuh seseorang. Misalnya jika ada perubaha warna atau kondisi lain, maka bisa jadi ada gejala penyakit dalam tubuh. Hal inilah mengapa kadang dokter mengecek lidah sebelum memberi diagnosa penyakit.

Nah itulah pengetahuan mengenai fungi lidah secara umum bagi manusia serta bagian-bagian lidah dan strukturnya lengkap. Dengan lidah, manusia bisa makan dan minum dengan enak serta bisa merasakan rasa makanan yang dimakannya.

Tinggalkan komentar