Letak Geologis Indonesia Beserta Pengaruh dan Dampaknya

Letak Geologis Indonesia Beserta Pengaruh dan Dampaknya

Letak geologis Indonesia dan pengaruhnya – Indonesia sering disebut sebagai negara yang berada di posisi strategis. Letak geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Sementara secara geologis Indonesia terletak di antara jalur pegunungan, lempeng tektonik dan dangkalan laut yang beragam pula.

Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Dua benua yang mengapit Indonesia adalah benua Asia dan benua Australia. Sementara dua samudera yang mengapit Indonesia adalah samudera Pasifik dan samudera Hindia. Pengaruh letak geografis Indonesia dapat dilihat di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Sementara letak astronomis Indonesia berada di antara 6° LU sampai 11° LS serta di antara 95° BT sampai 141° BT.  Pengaruh letak astronomis Indonesia dapat dilihat dengan adanya pembagian waktu di Indonesia menjadi tiga yakni waktu Indonesia barat (WIB), waktu Indonesia tengah (WITA) dan waktu Indonesia timur (WIT).

Lantas bagaimana dengan letak geologis wilayah Indonesia? Pengertian letak geologis adalah letak suatu negara dilihat dari keadaan batu-batuan yang terdapat dalam tubuh bumi wilayah tersebut.

(baca juga nama-nama pelabuhan di Indonesia)

letak geologis indonesia dan pengaruhnya

Letak Geologis Indonesia

Secara geologis Indonesia terletak di antara beberapa lempengan bumi, jalur pegunungan dan beberapa dangkalan laut. Wilayah Indonesia di tiap belahannya pun berbeda-beda baik di Indonesia bagian barat, bagian tengah maupun bagian timur.

Indonesia terletak di antara 3 lempeng litosfer

Indonesia berada di titik pertemua tiga lempeng tektonik besar, yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia serta lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Jawa dan Sumatera, yang kemudian bertabrakan dengan lempeng Pasifik di wilayah Maluku dan Papua.

Letak lempeng-lempeng ini menyebabkan wilayah Indonesia menjadi rawan terkena gempa bumi, terutama pada bagian titik-titik pertemuan lempeng. Tanah longsor dan bencana tsunami pun memiliki potensi terjadi di daerah tersebut.

Indonesia dilalui 2 jalur pegunungan

Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia yakni sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik. Wilayah Indonesia bagian barat dilalui oleh jalur pegunungan sirkum Mediterania sedangkan wilayah Indonesia bagian tengah dan timur dilalui oleh jalur pegunungan sirkum Pasifik.

Hal ini membuat banyak gunung berapi yang ada di wilayah Indonesia. Rangkaian pegunungan di bagian barat kebanyakan gunungnya masih bersifat aktif. Sementara rangkaian pegunungan di bagian tengah dan timur kebanyakan gunungnya sudah banyak yang tidak aktif lagi.

Indonesia terletak pada 3 daerah dangkalan laut

Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan laut, yaitu dangkalan Sunda, dangkalah Sahul serta daerah laut pertengahan Australia Asiatis. Dangkalan Sunda menghubungkan wilayah Indonesia bagian barat dengan benua Asia. Sementara dangkalan Sahul menghubungkan wilayah Indonesia bagian timur dengan benua Australia.

Adapun daerah laut pertengahan Australia-Asiatis terletak di wilayah tengah di antara dangkalan sunda dan dangkalan Sahul. Adanya dangkalan ini memberi pengaruh pada persebaran flora dan fauna di Indonesia serta keanekaragaman hayati yang lainnya.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Terdapat beberapa dampak letak geologis Indonesia, baik dampak positif maupun dampak negatif. Berikut merupakan dampak dan pengaruh letak geologis Indonesia selengkapnya.

Pengaruh letak geologis di antara titik pertemuan lempeng tektonik besar

  • Indonesia rawan terkena gempa bumi dan tanah longsor
  • Potensi bencana tsunami di dekat garis pantai
  • Banyak tambang mineral dan emas di wilayah Indonesia

Pengaruh letak geologis yang dilalui jalur pegunungan besar

  • Indonesia memiliki banyak banyak gunung berapi yang aktif
  • Tanah di sekitar pegunungan subur untuk pertanian dan perkebunan
  • Rawan akan bencana gunung meletus atau gempa bumi vulkanik
  • Terdapat gunung api yang muncul di tengah laut

Pengaruh letak geologis terletak di tiga daerah dangkalan

  • Lautan Indonesia di bagian barat merupakan laut dalam
  • Lautan Indonesia di bagian tengah dan timur cenderung banyak yang dangkal
  • Persebaran flora dan fauna di Indonesia begitu bervariasi
  • Keanekaragaman hayati Indonesia bagian barat, tengah dan timur berbeda-beda

Nah itulah penjelasan letak geologis Indonesia dan pengaruhnya lengkap. Pengaruh letak geologis Indonesia bisa berupa dampak positif atau dampak negatif, dimana Indonesia dilalui 2 jalur pegunungan serta terletak di antara 3 titik lempeng dan 3 dangkalan besar.

Tinggalkan komentar