Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian interaksi sosial menurut para ahli – Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial? Secara umum pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara 2 individu atau lebih. Pada faktanya, manusia selalu melakukan interaksi sosial sehari-hari, baik individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Secara umum ada 5 ciri-ciri interaksi sosial yaitu dilakukan lebih dari 1 orang (2 orang atau lebih), terdapat komunikasi antara pihak yang terlibat serta memiliki maksud dan tujuan. Interaksi sosial juga memiliki dimensi waktu dan reaksi timbal balik yang ditimbulkan.

Adanya interaksi sosial juga memiliki banyak dampak dan pengaruh. Salah satu pengaruh interaksi sosial adalah terbentuknya lembaga sosial atau kelompok sosial tertentu. Interaksi sosial pun bisa terjadi dimana saja, mulai dari lingkup keluarga hingga lingkungan masyarakat sekitar.

Namun tahukah kamu apa pengertian interaksi sosial? Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial itu sendiri? Kami akan jelaskan pengertian interaksi sosial berikut.

(baca juga contoh kelompok sosial)

pengertian interaksi sosial menurut para ahli

Pengertian Interaksi Sosial

Berikut akan dijelaskan pengertian interaksi sosial, baik definisi secara umum maupun penjelasan para ahli mengenai arti interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial Secara Umum

Pengertian interaksi sosial secaraa umum dapat diartikan sebagai hubungan sosial antar individu dalam lingkup masyarakat sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Berikut penjelasan definisi interaksi sosial secara etimologis, menurut KBBI dan menurut Wikipedia.

Menurut KBBI

Definisi interaksi sosial menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah hubungan sosial yang dinamis antara orang perseorangan dan orang perseorangan, antara perseorangan dan kelompok dan antara kelompok dan kelompok.

Menurut Wikipedia

Pengertian interaksi sosial menurut situs Wikipedia Indonesia adalah merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat.

Secara Etimologis

Pengertian interaksi sosial secara etimologis dapat ditelaah dari dua kata. Secara etimologis interaksi sosial berasal dari kata inter (antar/berbalas-balasan) dan aksi (tindakan). Sedangkan kata sosial berarti lebh dari satu orang (ditujukan untuk orang lain). Sehingga interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan sosial yang dinamis antar individu, individu dengan kelompok dan antar kelompok.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut merupakan penjelasan mengenai pengertian interaksi sosial menurut para ahli di bidang ilmu sosial dari dalam dan luar negeri.

Menurut Kimbal Young dan Raymond W. Mack

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, antara individu dengan kelompok maupun antar kelompok.

Menurut Soerjono Soekanto

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis, yang menyangkut hubungan interindividu, antar kelompok, atau antara individu dengan kelompok.

Menurut Homans

Interaksi sosial adalah suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya.

Menurut Shaw

Definisi interaksi sosial yaitu suatu pertukaran antarpribadi yang masing-masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka dan masing-masing perilaku mempengaruhi satu sama lain.

Menurut Thibaut dan Kelley

Arti interaksi sosial adalah peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sam lain atau berkomunikasi satu sama lain.

Menurut Bonner

Pengertian interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu, dimana kelakuan individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.

Menurut Jhon Lewis Gillin

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang sangat dinamis yang menyangkut hubungan antar-individu dan kelompok atau antar-kelompok.

Menurut Macionis

Interaksi sosial adalah proses bertindak dan membalas tindakan yang dilakukan seseorang dalam melakukan hubungan dengan orang lain.

Menurut Broom dan Selznic

Pengertian interaksi sosial adalah proses bertindak yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan proses menyesuaikan respon (tindak balasan) sesuai dengan tindakan orang lain.

Menurut Walgito

Interaksi sosial adalah sebuah hubungan timbal balik yang dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain serta terhadap kelompok dengan kelompok lain yang saling berhubungan.

Menurut Murdiyatmo dan Handayani

Interaksi sosial merupakan hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Menurut Astrid S. Susanti

Interaksi Sosial adalah hubungan antar manusia yang menciptakan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembuatan struktur sosial dan sangat tergantung oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan pihak yang ikut terlibat.

Menurut Maryati dan Suryawati

Interaksi Sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik dan tindakan balasan (respon) antar individu, antar kelompok atau individu dan kelompok.

Menurut Selo Soemardjan

Pengertian interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara manusia (individu) dengan berbagai segi kehidupan bersama.

Menurut Hernawan

Interaksi sosial adalah suatu prinsip pembelajaran yang meliputi keterampilan berkomunikasi dan kerjasama untuk menumbuhkan sikap yang harmonis setiap inividu dengan lingkungannya.

Menurut Max Weber

Menurut Max Weber, pengertian interaksi sosial adalah adalah tindakan individu yang dapat mempengaruhi individu lain dalam lingkuannya.

Nah itulah pembahasan terlengkap mengenai pengertian interaksi sosial menurut para ahli dan definisinya secara umum. Sebagai makhluk sosial tak heran jika manusia selalu melakukan interaksi sosial tiap harinya, baik di lingkup keluarga atau lingkup masyarakat. Sekian info pengertian kali ini, semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar