5 Ciri-Ciri Interaksi Sosial Menurut Para Ahli dan Penjelasannya [Lengkap]

5 Ciri-Ciri Interaksi Sosial Menurut Para Ahli dan Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri interaksi sosial – Apa itu interaksi sosial? Pengertian interaksi sosial bisa diartikan sebagai hubungan antar manusia berdasarkan nilai dan norma yang berlaku. Dalam sebuah interaksi, terdapat syarat interaksi sosial yang harus dipenuhi. Hal tersebut menjadi karakteristik dan ciri utama terjadinya sebuah hubungan sosial. Lalu apa sajakah ciri-ciri interaksi sosial itu sendiri?

Secara umum, pengertian interaksi sosial adalah suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan nilai dan norma sosial yang berlaku dan diterapkan dalam masyarakat.

Sebagai makhluk sosial tentu manusia harus berinteraksi dengan manusia lain. Tiap manusia saling membutuhkan dan tidak bisa hidup sendiri sehingga kita harus berhubungan dengan orang lain. Suatu interaksi juga termasuk unsur-unsur sosial.

Terdapat beberapa ciri-ciri terjadinya sebuah interaksi sosial. Di antara ciri interaksi sosial adalah adanya komunikasi atau kontak sosial yang terjadi antara para pelaku interaksi sosial. Sebuah kontak sosial juga harus melibatkan minimal 2 orang atau lebih sebagai syarat terjadinya interaksi sosial.

ciri-ciri interaksi sosial

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Secara umum, terdapat 5 ciri-ciri interaksi sosial. Berikut ini merupakan 5 ciri dan karakteristik interaksi sosial lengkap beserta penjelasannya.

1. Jumlah pelaku lebih dari 1 orang

Ciri-ciri pokok interaksi sosial adalah pelaku lebih dari 1 orang. Suatu interaksi sosial minimal baru bisa dilakukan lebih dari 1 orang. Artinya interaksi sosial harus dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Tidak bisa dikatakan sebagai interaksi sosial jika hanya 1 orang saja.

2. Terdapat komunikasi antar pelaku

Dalam sebuah interaksi sosial harus ada bentuk komunikasi yang terlain antara pelaku yang terlibat. Komunikasi ini terjadi lewat adanya kontak sosial. Media yang digunakan pun bervariasi, bisa lewat kata-kata, tulisan, pesan teks atau media lainnya.

3. Ada dimensi waktu

Yang dimaksud dengan dimensi waktu dalam interaksi sosial adalah waktu berlangsungnya suatu interaksi sosial. Dimensi waktu ini bisa berupa masa lampau, masa kini dan masa mendatang yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung.

4. Ada maksud dan tujuan interaksi

Dalam suatu interaksi sosial juga harus memiliki maksud dan tujuan tertentu. Adanya tujuan interaksi sosial ini harus terpenuhi, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan-tujuan tersebut yang dilakukan oleh pelaku interaksi karena memang tujuan tiap pelaku dalam interaksi berbeda-beda. Tujuan interaksi sosial ini bisa untuk menanyakan kabar, mencari informasi dan lain-lain.

5. Terdapat reaksi yang ditimbulkan

Interaksi sosial akan menimbilkan suatu reaksi yang ditimbulkan oleh pihak lain dalam sebuah kontak sosial. Misalkan jika seseorang mengajak bicara orang lain, maka orang lain tersebut akan menanggapi dengan mendengarkan dan memberi tanggapan.

Nah demikianlah info pengetahuan mengenai daftar 5 ciri-ciri interaksi sosial lengkap beserta pembahasannya dalam ilmu sosial. Sebagai manusia kita memang sering melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Hal ini sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dengan manusia lain.

Tinggalkan komentar