8 Ciri-Ciri Pasar Oligopoli Beserta Struktur dan Karakteristiknya

8 Ciri-Ciri Pasar Oligopoli Beserta Struktur dan Karakteristiknya

Ciri-ciri pasar oligopoli – Pengertian pasar oligopoli adalah jenis pasar dimana terdapat beberapa produsen yang menjual produk dengan kualitas dan harga yang hampir sama. Ada beberapa ciri dan karakteristik pasar oligopoli di antaranya adalah produk bersifat homogen serta produsen terbesar mempengaruhi kebijakan produsen lain. Contoh pasar oligopoli di Indonesia antara lain dapat dilihat pada pasar penjualan air minum kemasan dan semen.

Pengertian Pasar Oligopoli

Apa yang dimaksud pasar oligopoli? Pengertian pasar oligopoli adalah salah satu jenis pasar dimana terdapat beberapa produsen dengan produk yang kualitas dan harganya hampir sama. Definisi pasar oligopoli secara umum juga meliputi ciri-ciri lain seperti produk yang dijual pada pasar oligopoli bersifat homogen dan susah bagi produsen baru untuk masuk dalam pasar.

Sementara arti pasar oligopoli menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah keadaan pasar dengan produsen pembekal barang hanya berjumlah sedikit sehingga mereka atau seorang dari mereka dapat mempengaruhi harga pasar, keadaan pasar yang tidak seimbang karena dipengaruhi oleh sejumlah pembeli.

Terdapat kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli, baik dalam lingkup daerah, nasional hingga dunia. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli selengkapnya.

Kelebihan Pasar Oligopoli

  • Memiliki produk dengan kualitas terbaik yang terus berkembang
  • Harga produk sesuai dengan keinginan konsumen
  • Terdapat banyak pilihan produk yang bisa dibeli

Kekurangan Pasar Oligopoli

  • Produsen baru sulit untuk masuk dalam pasar
  • Kebijakan produsen terbesar mempengaruhi harga produk lain
  • Banyak modal bagi produsen untuk iklan dan promosi produk

(baca juga ciri-ciri pasar monopoli)

ciri-ciri pasar oligopoli

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Apa saja ciri-ciri pasar oligopoli? Berikut akan dijelaskan 8 ciri-ciri pasar oligopoli secara umum, terdiri dari unsur-unsur dan karakteristik pasar oligopoli beserta penjelasannya.

1. Pasar dikuasai oleh beberapa produsen

Ciri utama pasar oligopoli adalah hanya ada beberapa produsen saja yang menguasai pasar. Jumlah produsen yang menguasai pasar oligopoli tidak banyak, namun juga tidak terlalu sedikit pula.

2. Produk yang dijual homogen

Karakteristik pasar oligopoli berikutnya adalah produk yang dijual homogen. Artinya produk yang diperjualbelikan kualitasnya hampir sama sehingga sulit untuk membedakan antara satu produk dengan produk hasil produsen yang lain pada pasar oligopoli ini.

3. Harga produk cenderung sama

Ciri-ciri pasar oligopoli yang lain adalah harga produk yang dijual cenderung sama. Selain kualitas produk yang sama, rata-rata produk pada pasar oligopoli harganya relatif sama. Kalaupun ada perbedaan, maka selisihnya pun sangatlah kecil.

4. Terdapat 1 produsen yang berkuasa

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dalam pasar oligopoli hanya ada beberapa produsen saja yang ada dalam pasar. Meski begitu di antara semuanya, ada 1 produsen utama yang paling berkuasa. Biasanya produsen lain akan mengikuti strategi dari produsen ini.

5. Kebijakan produsen yang berkuasa mempengaruhi produsen lain

Kebijakan yang dikeluarkan oleh produsen yang paling berkuasa di pasar oligopoli cenderung diikuti oleh produsen-produsen lain. Sebuah kebijakan yang dimaksud bisa berupa perubahan kualitas produk, inovasi produk, harga produk dan sebagainya.

6. Harga produk tergantung produk paling laris

Seperti sudah dibahas bahwa ada 1 produsen paling berkuasa di pasar oligopoli yang produknya paling laris. Penetapan harga yang dilakukan oleh produsen tersebut biasanya menjadi standar umum dalam pasar yang kemudian mempengaruhi harga produk dari produsen lain.

7. Produsen baru sulit untuk masuk pasar

Karakteristik pasar oligopoli berikutnya adalah sulit bagi produsen baru untuk masuk dalam pasar oligopoli. Artinya jumlah produsen yang ada relatif stabil dan tetap dari waktu ke waktu.

8. Memerlukan strategi dan promosi menarik

Dalam pasar oligopoli hanya ada beberapa produsen. Agar 1 produk menjadi lebih unggul dan laris, strategi dan promosi sangat penting agar lebih dikenal oleh masyarakat, apalagi mengingat kualitas produk satu sama lain hampir sama.

Jenis-Jenis Pasar Oligopoli

Ada 2 jenis-jenis pasar oligopoli yang ada yaitu pasar oligopoli murni atau pure oligopoly serta pasar oligopoli terdiferensiasi atau disebut sebagai differentiated oligopoly.

  1. Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoli), yaitu jenis pasar oligopoli dimana produk yang dijual bersifat identik atau sangat mirip sehingga sulit membedakan produk satu dengan yang lain.
  2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi (Differentiated Oligopoly), yaitu jenis pasar oligopoli dimana barang yang dijual bersifat homogen, sulit dibedakan atas kualitasnya namun bisa dibedakan berdasarkan coraknya.

Contoh Pasar Oligopoli

Apa saja contoh pasar oligopoli dalam kehidupan sehari-hari? Berikut akan dibagikan beberapa contoh pasar oligopoli dan penjelasannya secara lengkap.

  • Produk air minum kemasan (Aqua, Total, Club, Cleo, dan lain-lain)
  • Produk semen (Semen Indonesia, Tiga Roda, Holcim, dan lain-lain)
  • Produk sepeda motor (Yamaha, Honda, Suzuki, dan lain-lain)
  • Jasa penerbangan (Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan lain-lain)

Nah itulah ilmu pengetahuan pasar dan ekonomi mengenai pengertian pasar oligopoli, ciri-ciri pasar oligopoli, contoh pasar oligopoli serta struktur pasar oligopoli. Sekian info pengetahuan kali ini, semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar