5 Ciri-Ciri Pasar Monopoli Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

5 Ciri-Ciri Pasar Monopoli Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ciri-ciri pasar monopoli – Pengertian pasar monopoli adalah jenis pasar yang hanya ada 1 penjual dan berperan menentukan harga. Ada beberapa ciri dan karakteristik pasar monopoli di antaranya adalah adanya hambatan bagi pengusaha lain untuk masuk dalam pasar. Contoh pasar monopoli di Indonesia antara lain dapat dilihat pada perusahaan seperti PLN, Pertamina atau PT Kereta Api Indonesia.

Pengertian Pasar Monopoli

Apa yang dimaksud pasar monopoli? Pengertian pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Definisi pasar monopoli secara umum juga meliputi ciri-ciri lain seperti penjual dapat menentukan harga serta ada hambatan bagi penjual lain untuk masuk dalam pasar.

Sementara arti pasar monopoli menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah situasi yang pengadaan barang dagangannya tertentu (di pasar lokal atau nasional) sekurang-kurangnya sepertiganya dikuasai oleh satu orang atau satu kelompok, sehingga harganya dapat dikendalikan.

Terdapat kelebihan dan kekurangan pasar monopoli, baik dalam lingkup daerah, nasional hingga dunia. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pasar monopoli selengkapnya.

Kelebihan Pasar Monopoli

  • Meningkatkan efisiensi dan pertumbuhan ekonomi
  • Meminimalisir adanya produk tiruan
  • Menghindari persaingan yang tidak bermanfaat
  • Menurunkan biaya produksi
  • Meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang publik

Kekurangan Pasar Monopoli

  • Menyebabkan timbulnya penyalahgunaan alokasi sumber daya
  • Menimbulkan ketidakadilan dalam persaingan pasar
  • Mengurangi kesejahteraan konsumen
  • Memperburuk kondisi makroekonomi nasional
  • Meningkatkan kesenjangan dalam pembagian pendapatan
  • Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
  • Mengurangi kondisi perekonomian dunia

(baca juga ciri-ciri pasar persaingan sempurna)

ciri-ciri pasar monopoli

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Apa saja ciri-ciri pasar monopoli? Berikut akan dijelaskan 5 ciri-ciri pasar monopoli secara umum, terdiri dari unsur-unsur dan karakteristik pasar monopoli beserta penjelasannya.

1. Hanya ada satu penjual

Ciri utama pasar monopoli adalah hanya terdapat satu penjual/produsen saja. Penjual inilah yang memonopoli perdagangan dan menguasai penawaran dalam pasar. Tidak ada penjual lain yang menjual barang yang sama, sehingga dimonopoli oleh 1 produsen saja.

2. Terdapat banyak pembeli

Layaknya jenis-jenis pasar pada umumnya, dalam pasar monopoli terdapat banyak pembeli atau konsumen. Pangsa pasar produk dalam pasar monopoli tergantung pada barang atau jasa yang dijual. Pembeli-pembeli ini membeli dari penjual yang memonopoli pasar.

3. Tidak ada barang pengganti/substitusi

Karakteristik pasar monopoli berikutnya adalah tidak tersedianya barang pengganti atau barang substitusi yang mirip. Barang yang ada hanya dijual oleh 1 penjual saja, sementara penjual lain tidak memiliki barang pengganti yang mirip atau mendekati barang yang dimonopoli tersebut.

4. Produsen berperan untuk menentukan harga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam pasar monopoli hanya ada 1 penjual/produsen saja. Karena hanya ada 1 penjual, maka harga akan terbentuk langsung tanpa pengaruh dari pembeli, sehingga fungsi penjual juga sebagai penentu harga atau price taker.

5. Terdapat hambatan untuk masuk ke dalam pasar

Dalam pasar monopoli ada hambatan bagi pihak lain untuk masuk dalam pasar atau disebut sebagai barrier to entry. Artinya penjual atau pengusaha lain kesulitan memasuki pasar tersebut karena ada hambatan yaitu kekuatan utama monopoli. Hambatan inilah yang akan membuat kondisi persaingan yang kuang menguntungkan sehingga merugikan pendatang baru.

Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Ada 2 jenis-jenis pasar monopoli yang ada yaitu pasar monopoli murni atau pure monopoly serta pasar yang mendekati monopoli atau near monopoly.

  1. Pasar Monopoli Murni (Pure Monopoly), yaitu jenis pasar monopoli dengan kekuatan monopoli yang ekstrem hingga mencakup ruang lingkup yang besar.
  2. Pasar yang Mendekati Monopoli (Near Monopoly), yaitu jenis pasar monopoli yang hanya ada 1 pengusaha dalam suatu daerah tertentu.

Contoh Pasar Monopoli

Apa saja contoh pasar monopoli dalam kehidupan sehari-hari? Berikut akan dibagikan beberapa contoh pasar monopoli dan penjelasannya secara lengkap.

  • Perusahaan Listrik Negara (PLN), memonopoli pengadaan listrik di seluruh Indonesia
  • PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), memonopoli layanan kereta api di seluruh Indonesia
  • Pertamina, memonopoli ketersediaan bahan bakar kendaraan di Indonesia
  • Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), memonopoli persediaan air minum

Nah itulah ilmu pengetahuan pasar dan ekonomi mengenai pengertian pasar monopoli, ciri-ciri pasar monopoli, contoh pasar monopoli serta kelebihan dan kekurangan pasar monopoli. Sekian info pengetahuan kali ini, semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar