Daftar 20 Negara Anggota Forum G20 (Group of Twenty) Lengkap

Daftar 20 Negara Anggota Forum G20 (Group of Twenty) Lengkap

G20 atau Group of Twenty (Kelompok Dua Puluh) adalah forum internasional antar 20 anggota yang tersebar dari negara negara di seluruh dunia. Forum G-20 ini pertama diadakan di tahun 1999 lalu. Negara anggota dari G-20 adalah 19 negara ditambah dengan Uni Eropa. Negara Indonesia juga termasuk sebagai negara anggota G20 dan mengikuti forum ini tiap diadakan.

Tujuan dari forum G20 adalah untuk menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi negara maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia secara sistematis.

Pertemuan para pemimpin negara anggota G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara negara anggota G20 dilakukan beberapa kali dalam setahun.

G-20 juga menjadi ajang konsultasi dan kerjasama hal-hal yang berkaitan dengan sistem moneter internasional. Pembahasan mengenai isu ekonomi memang menjadi isu utama dalam tiap pertemuan negara anggota G20. Apalagi sejarah pembentukan forum G20 adalah dikarenakan adanya krisis keuangan yang melanda negara negara di Asia di akhir 90an lalu.

Negara negara anggota G20 berkontribusi terhadap 80% perdagangan dunia dan mencakup 2/3 populasi di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan hanya negara negara berpengaruh dan strategis sajalah yang tergabung dalam forum G-20 ini.

Berikut ini merupakan daftar 20 negara anggota G20 termasuk organisasi Uni Eropa selengkapnya.

(baca juga negara anggota AISEC)

negara anggota g20

Daftar Negara Anggota G20

NoNegaraIbukotaBenua
1Afrika SelatanCape TownAfrika
2Amerika SerikatWashington DCAmerika Utara
3Arab SaudiRiyadhAsia
4ArgentinaBuenos AiresAmerika Selatan
5AustraliaCanberraAustralia
6BrasilBrasiliaAmerika Selatan
7InggrisLondonEropa
8CinaBeijingAsia
9IndiaNew DelhiAsia
10IndonesiaJakartaAsia
11ItaliaRomaEropa
12JepangTokyoAsia
13JermanBerlinEropa
14KanadaOttawaAmerika Utara
15Korea SelatanSeoulAsia
16MeksikoMéxico CityAmerika Utara
17PerancisParisEropa
18RusiaMoscowEropa
19TurkiAnkaraEropa
20Uni Eropa (EU)Brussels (markas)Eropa

Nah itulah info lengkap mengenai pengertian, tujuan dan sejarah G20 singkat serta daftar negara anggota G20 saat ini. Organisasi ini pun menjadi forum pertemuan kepala negara dari 20 negara anggota untuk membahas isu isu penting dunia. Sekian info pengetahuan dunia terbaru kali ini.

Tinggalkan komentar