12 Fungsi Paru Paru Pada Manusia Lengkap Beserta Penjelasannya

12 Fungsi Paru Paru Pada Manusia Lengkap Beserta Penjelasannya

Fungsi Paru Paru – Paru-paru ini adalah salah satu organ terpenting pada hewan dan manusia. Banyak sekali peran dan fungsi utama yang dijalankan oleh paru paru dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.  Apabila salah satu fungsi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, maka fungsi organ paru-paru tentunya akan menganggu dan mempengaruhi kinerja dari paru-paru seperti sulit untuk bernafas.

Paru-paru sendiri adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Paru-paru berada di dalam rongga dada manusia sebelah kanan dan kiri yang dilindungi oleh tulang-tulang rusuk.

Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan yang memiliki tiga gelambir dan paru-paru kiri memiliki dua gelambir. Paru-paru sebenarnya merupakan kumpulan gelembung alveolus yang terbungkus oleh selaput yang disebut selaput pleura.

Paru paru sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, Bagian – Bagian Organ Paru Paru Manusia itu sendiri diantaranya adalah Bronkus, Bronkiolus, Alveolus atau Jamak Alveoli, Pleura, Trakea, Dan Diafragma. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.

Salah satu fungsi paru paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Setelah membebaskan oksigen, sel-sel darah merah menangkap karbondioksida sebagai hasil metabolisme tubuh yang akan dibawa ke paru-paru. Di paru-paru karbondioksida dan uap air dilepaskan dan dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung. Proses ini disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas.

Fungsi Paru Paru

Selain fungsi bernafas, paru-paru juga mempunyai fungsi lain atau fungsi nonrespirasi. Berikut ini daftar 12 fungsi paru paru dan penjelasannya,

Fungsi Paru Paru

  1. Respirasi. Manusia menghirup udara karena memerlukan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh. Jadi, paru-paru tentu saja merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia.
  2. Ekskresi. Saat manusia menghembuskan napas, manusia mengeluarkan gas karbondioksida dan uap air. Jadi, paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
  3. Mengubah pH darah (apakah darah lebih asam atau alkali) dengan meningkatkan atau menurunkan jumlah CO2 dalam tubuh.
  4. Menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena.
  5. Mempengaruhi konsentrasi beberapa zat biologis dan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan dalam darah.
  6. Menjaga sterilitas dengan memproduksi lendir yang mengandung senyawa antimikroba adalah fungsi dari paru-paru. Lendir mengandung glikoprotein, misalnya, mucins, laktoferin, lisozim, laktoperoksidase.
  7. Mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim angiotensin-converting.
  8. Dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung hati dari guncangan.
  9. Menyaring gelembung gas kecil yang mungkin terjadi dalam aliran darah.
  10. Menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.
  11. Paru-paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Volume darah paru-paru adalah rata-rata sekitar 450 mililiter, sekitar 9 persen darah total volume seluruh sistem peredaran darah. Kuantitas ini dapat dengan mudah berfluktuasi antara setengah dan dua kali volume normal. Kehilangan darah dari sirkulasi sistemik oleh perdarahan dapat sebagian dikompensasi oleh darah dari paru-paru ke dalam pembuluh sistemik
  12. Aksi siliaris eskalator adalah sistem pertahanan yang penting terhadap infeksi ditanggung udara. Partikel debu dan bakteri di udara yang dihirup terperangkap dalam lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa saluran pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan Silia.

Demikianlah 12 fungsi paru paru pada manusia lengkap beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan mengenai manfaat dan peran paru-paru pada organ tubuh kita.

Tinggalkan komentar