10+ Dampak Hujan Asam Bagi Manusia, Tumbuhan, dan Lingkungan

10+ Dampak Hujan Asam Bagi Manusia, Tumbuhan, dan Lingkungan

Dampak hujan asam – Pengertian hujan asam adalah jenis hujan dengan kandungan pH di bawah 5,6, yang berarti memiliki kandungan asam yang tinggi. Hujan asam memiliki banyak dampak dan efek yang cukup berbahaya bagi manusia, hewan, tumbuhan, dan terhadap lingkungan secara umum.

Hujan asam sering terjadi di daerah yang memiliki curah hujan tinggi seperti pada daerah pegunungan. Selain itu penyebab hujan asam juga terjadi karena dampak pencemaran udara. Karena itulah hujan asam sering terjadi di daerah dekat wilayah industri atau pabrik yang diakibatkan adanya polusi udara yang dihasilkan.

Terjadinya hujan asam memiliki akibat buruk bagi manusia dan lingkungan. Bagi manusia, hujan asam dapat menimbulkan gangguan iritasi kulit dan gangguan sistem pernapasan. Hujan asam juga mengancam keselamatan tumbuhan, hewan, dan ekosistem lingkungan secara keseluruhan karena tingginya kandungan asam pada hujan asam.

(baca juga manfaat sungai)

dampak hujan asam

Dampak Hujan Asam

Berikut ini merupakan beberapa efek, dampak dan akibat hujan asam beserta penjelasannya lengkap.

Kesehatan Manusia Terganggu

Dampak hujan asam bagi kesehatan manusia sangat penting, karena hujan asam dapat menggangu kesehatan manusia. Hujan asam menyebabkan penyakit pernafasan bagi manusia, serta dapat menyebabkan munculnya penyakit dan iritasi di bagian kulit.

Terganggunya Ekosistem Laut

Hujan asam juga berdampak pada terganggunya ekosistem laut dan perairan. Adanya hujan asam dapat mematikan spesies ikan yang hidup di laut. Hal ini karena berubahnya pH yang ada di air sehingga ikan-ikan yang ada bisa terganggu dan bahkan mati.

Kesuburan Tanah Berkurang

Hujan asam berdampak pada kesuburan tanah yang jadi berkurang. Adanya kandungan asam menyebabkan hilangnya mineral dan berbagai senyawa kimia yang ada di dalamnya. Hal ini kemudian akan berakibat pada menurunkan kesuburan tanah.

Terjadi Erosi

Selain kesuburan tanah yang berkurang, dampak hujan asam dapat menyebabkan terjadinya erosi. Erosi adalah pengikisan tanah karena transportasi air, angin, atau es. Terjadinya erosi tentu dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Nutrisi Tumbuhan Hilang

Hujan asam dapat menyebabkan hilangnya nutrisi yang ada pada tumbuhan. Hal ini dikarenakan lapisan lilin yang ada pada tumbuhan menjadi rusak. Akibatnya tumbuhan akan jadi lebih rentan terkena berbagai penyakit.

Pertumbuhan Tumbuhan Terhambat

Selain nutrisi tumbuhan yang hilang, hujan asam juga berdampak dalam menghambat pertumbuhan tumbuhan. Pertumbuhan tumbuhan pun akan terganggu karena proses fotosintesis jadi terganggu akibat kandungan asam yang tinggi pada hujan asam.

Menyebabkan Besi Korosif

Dampak hujan asam berikutnya adalah dapat menyebabkan besi korosif. Kandungan asam yang tinggi pada hujan asam dapat menyebabkan beberapa jenis logam besi terkena korosif, sehingga kemudian efeknya besi menjadi berkarat.

Kandungan Logam di Air Meningkat

Efek hujan asam juga bisa meningkatkan kandungan logam di dalam air. Logam berat sangat berbahaya dan dapat mencemari lingkungan air. Hal ini dikarenakan logam berat bersifat toksik dan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem di perairan.

Pertumbuhan Akar Terhambat

Pertumbuhan akar juga bisa terhambat akibat terjadinya hujan asam. Kandungan asam dapat masuk ke dalam tanah dan menyebabkan perkembangan akar terhambat. Akibatnya tumbuhan menjadi cepat tumbang karena sistem akarnya terganggu.

Hewan Darat Bisa Mati

Dampak hujan asam juga bisa mematikan hewan-hewan darat. Kandungan asam yang tinggi pada hujan asam tentu membuat hewan-hewan menjadi tidak tahan dan tidak beradaptasi. Kemungkinan terburuk adalah hewan-hewan tersebut mati karena efek hujan asam tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai dampak dan akibat hujan asam bagi kesehatan manusia, tumbuhan, hewan, ekosistem, dan lingkungan. Semoga info tersebut bisa menambah wawasan pengetahuan mengenai pengertian, penyebab, dan dampak hujan asam.

Tinggalkan komentar