10+ Manfaat Sungai Bagi Manusia, Kehidupan dan Lingkungan

10+ Manfaat Sungai Bagi Manusia, Kehidupan dan Lingkungan

Manfaat sungai – Sungai adalah aliran air yang memanjang dari hulu ke hilir. Sungai menjadi fenomena alam yang ada di sekitar kita. Ada banyak manfaat sungai bagi manusia dan lingkungan secara umum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sungai sendiri dapat terbentuk secara alami, yaitu melalui proses yang dilakukan oleh alam, dan juga dapat terbentuk karena proses campur tangan manusia, atau sekarang kita kenal dengan nama sungai (kali) sodetan.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak aliran sungai di berbagai daerah. Beberapa sungai terpanjang di Indonesia yang cukup terkenal antara lain adalah sungai Musi, sungai Kapuas, sungai Mahakam, sungai Bengawan Solo, sungai Brantas dan lain-lain.

Faktanya sungai juga menyimpan banyak fungsi dan manfaat. Tentunya kegunaan sungai baru bisa dirasakan manusia jika dikelola dengan baik, misalnya dijaga kebersihan dan kejernihan air serta tidak dijadikan sebagai tempat buang sampah sembarangan.

(baca juga dampak pencemaran air)

manfaat sungai

Manfaat Sungai Bagi Manusia

Berikut akan dijelaskan manfaat sungai bagi manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan secara umum.

Tempat Menampung Air

Ada banyak manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Sungai bisa digunakan sebagai tempat menampung air. Debit air yang turun ke tanah melalui hujan akan ditampung dalam sungai sehingga tidak meluber ke pemukiman di sekitarnya.

Sebagai Pembangkit Listrik

Sungai juga bisa digunakan sebagai pembagkit listrik. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) memanfaatkan aliran air di sungai untuk menghasilkan energi. Derasnya aliran sungai dimanfaatkan untuk memutar kincir air yang mengaktifkan generator pembangkit listrik.

Untuk Irigasi Pertanian

Manfaat sungai di bidang pertanian bisa dimanfaatkan untuk irigasi. Air sungai dapat digunakan sebagai sistem irigasi dengan mengalirkan air sungai ke sawah. Hal ini akan memudahkan pekerjaan petani dengan proses pengairan yang lebih praktis.

Sebagai Wahana Rekreasi

Sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi alam. Jika dikelola dengan benar, sungai bisa menghadirkan keindahan wisata. Asalkan kebersihan sungai dijaga, kita bisa mendapat tempat rekreasi alam yang murah dan indah.

Untuk Kebutuhan MCK

Manfaat sungai bagi manusia juga sering digunakan untuk kebutuhan MCK. Banyak masyarakat desa yang mandi dan mencuci pakaian dengan memanfaatkan air sungai. Tak heran jika sungai sangat penting bagi masyarakat, terutama di daerah pedesaan.

Mengalirkan Air ke Hilir

Air memiliki sifat bergerak dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Hal inilah yang melandasi fungsi sungai yang digunakan untuk mengalirkan air dari hulu ke hilir, atau menuju ke tempat dimana sungai itu bermuara.

Sebagai Sumber Matapencaharian

Sungai juga bisa menghasilkan keuntungan finansial bagi manusia. Keanekaragaman hayati di sungai bisa menjadi sumber nafkah. Misalnya bagi nelayan pencari ikan, penambang batu kali, penambang pasir atau penambah mineral yang ada di sungai.

(baca juga manfaat sumber daya alam)

Sebagai Sarana Transportasi

Sungai juga bisa digunakan sebagai sarana transportasi air. Penggunaan perahu, rakit dan kapal kecil lewat aliran sungai menjadi hal yang umum ditemui di negara-negara maju. Yang paling terkenal adalah kota Venice di Italia dengan perahu gondola yang sudah mendunia.

Untuk Tempat Menenangkan Diri

Selain untuk tempat rekreasi, manfaat sungai bisa juga digunakan sebagai tempat relaksasi atau tempat menengkan diri. Aliran sungai yang jernih serta suara air mengalir akan membuat tubuh dan jiwa menjadi lebih santai dan damai dari aktifitas sehari-hari.

Sebagai Sarana Olahraga

Sungai juga bisa digunakan untuk sarana olahraga. Aliran air yang deras tentu bisa menjadi penunjang untuk beberapa olahraga air yang bisa dilakukan. Contoh olahraga air yang bisa dilakukan di aliran air sungai sebut saja seperti arung jeram, dayung perahu dan lain sebagainya.

Nah itulah 10 manfaat air sungai bagi manusia dan lingkungan beserta penjelasannya secara umum. Jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, sungai memiliki banyak fungsi dan kegunaan bagi kehidupan manusia.

Tinggalkan komentar