30+ Contoh Hewan Karnivora Beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya [Lengkap]

30+ Contoh Hewan Karnivora Beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya [Lengkap]

Secara umum ada 3 jenis-jenis hewan diliat dari makanannnya, yakni karnivora, herbivora dan omnivora. Kali ini akan khusus dijelaskan mengenai hewan karnivora, baik pengertian maupun contoh hewan karnivora atau pemakan daging.

Macam-macam hewan berdasarkan jenis makanannya dibedakan menjadi tiga yakni karnivora, herbivora dan omnivora. Karnivora adalah pemakan daging, herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan sedangkan omnivora pemakan daging dan tumbuhan.

Pengertian hewan karnivora adalah jenis hewan yang memperoleh energi dan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan berupa jaringan hewan. Hewan karnivora bisa dibedakan sebagai hewan pemangsa ataupun hewan pebangkai.

Ada beberapa karakteristik hewan karnivora. Beberapa ciri-ciri hewan karnivora umumnya memiliki kuku atau gigi yang tajam, termasuk golongan hewan bertulang belakang (vertebrata), memiliki kemampuan bergerak cepat serta penglihatan dan pendengaran yang tajam.

Contoh hewan karnivora yang terkenal misalnya yaitu singa, harimau, serigala atau cheetah. Hewan yang sering dipelihara manusia seperti kucing atau anjing juga termasuk contoh hewan karnivora.

Hewan-hewan berikut dikenal sebagai hewan karnivora dengan ciri khas kuku dan gigi taring yang tajam, yang diperlukan untuk memangsa hewan lain sebagai buruannya. Hal itu berbeda dengan pebangkai, yakni karnivora yang memakan buruannya yang sudah mati tanpa harus memangsa terlebih dahulu.

Hewan karnivora tidak hanya hewan dari ras kucing atau anjing saja, ada juga contoh hewan karnivora dari jenis reptil (buaya, komodo), jenis burung (elang, rajawali), jenis ikan (hiu, paus), jenis amfibi (katak, kodok) hingga jenis serangga (laba-laba, kalajengking).

Artinya hewan karnivora tidak melulu hewan liar, meski sering dipandang seperti itu. Misalnya katak termasuk hewan karnivora karena memakan lalat dan serangga kecil.

(baca juga perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan)

Contoh Hewan Karnivora

Di bawah ini akan dijelaskan contoh hewan karnivora atau hewan pemakan daging beserta gambarnya.

Singa

contoh hewan karnivora singa

Harimau

Kucing

Anjing

Serigala

Cheetah

Beruang Madu

Buaya

Komodo

Hyena

Musang

Cerpelai

Laba-Laba

Kalajengking

Belalang Sembah

Katak

Elang

Rajawali

Burung Hantu

Bangau

Pelikan

Penyu

Hiu

Paus Pembunuh

Lumba-Lumba

Gurita

Cumi-Cumi

Ubur-Ubur

Penguin

Beruang Kutub

Anjing Laut

Singa Laut

Nah itulah 30+ contoh hewan karnivora dan gambarnya ditmpilkan secara lengkap. Ada banyak hewan karnivora, baik yang hidup di darat atau hidup di air dari jenis burung, reptil, ikan, serangga atau mamalia.

Tinggalkan komentar