Faktor-Faktor Pembentuk Kelompok Sosial Beserta Penjelasannya

Faktor-Faktor Pembentuk Kelompok Sosial Beserta Penjelasannya

Faktor pembentuk kelompok sosial– Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya. Terdapat beberapa faktor yang mendorong terbentuknya kelompok sosial.

Kelompok sosial sendiri dapat dibedakan menjadi 2 (dua) tipe yakni paguyuban dan patembayan. Paguyuban adalah kelompok sosial anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Sedangkan patembayan adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.

Terdapat beberapa karakteristik dan ciri-ciri kelompok sosial, misalnya tiap anggotanya memiliki kepentingan yang sama serta adanya interaksi dan komunikasi antar anggotanya. Selain itu, dalam kelompok sosial umumnya terdapat struktur sosial dan norma-norma yang harus ditaati oleh setiap anggotanya.

Kelompok sosial memang tidak langsung tiba-tiba terbentuk tanpa alasan tertentu. Ada beberapa faktor yang mendorong terbentuknya kelompok sosial di lingkungan masyarakat. Faktor-faktor ini tercipta karena adanya persamaan dan kedekatan yang ada pada masyarakat.

(baca juga contoh kelompok sosial)

faktor pembentuk kelompok sosial

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Berikut ini merupakan beberapa faktor-faktor pendorong terbentuknya kelompok sosial di masyarakat beserta penjelasannya.

1. Faktor Persamaan

Faktor pertama yang mendorong terbentuknya suatu kelompok sosial adalah faktor persamaan. Adanya kesamaan antar anggota masyarakat tentu mendorong mereka untuk membentuk suatu kelompok sosial, baik secara sengaja atau tidak sengaja.

Persamaan yang dimaksud ini bisa berupa persamaan kepentingan, persamaan keturunan, persamaan nasib, persamaan tujuan, dan sebagainya. Misalnya adanya persamaan keturunan mendorong terbentuknya keluarga dan kekerabatan.

2. Faktor Kedekatan

Selain faktor kesamaan, juga ada faktor kedekatan yang turut mendorong terciptanya kelompok sosial. Pengaruh kedekatan anggota masyarakat secara geografis tentu mendorong terbentuk kelompok sosial di suatu daerah atau wilayah.

Kelompok sosial ini terbentuk karena 2 (dua) faktor, yakni kedekatan geografis atau kedekatan daerah asal.

a) Kedekatan Geografis

Kedekatan geografis antar anggota masyarakat tentu mendorong terbentuknya kelompok sosial. Pada kasus kedekatan geografis bisa dilihat pada kelompok-kelompok sosial di tingkat desa atau RT/RW. Begitu juga pada kelompok arisan ibu-ibu kompleks, kelompok karang taruna, kelompok bermain anak-anak, dan sebagainya.

b) Kedekatan Daerah Asal

Sementara kedekatan daerah bisa membentuk kelompok sosial juga. Hal ini dapat dilihat pada kelompok atau organisasi yang berasal dari daerah sama di tanah perantauan. Biasanya mahasiswa yang merantau akan membentuk perkumpulan yang terdiri dari mahasiswa lain yang sama asal daerahnya.

Nah itulah pembahasan 2 faktor utama yang membentuk kelompok sosial di lingkungan masyarakat. Secara umum memang ada 2 faktor penting yang mendorong terciptanya kelompok sosial yakni faktor persamaan dan faktor kedekatan.

Tinggalkan komentar