5+ Manfaat Warga Negara Beserta Contoh dan Penjelasannya [Lengkap]

5+ Manfaat Warga Negara Beserta Contoh dan Penjelasannya [Lengkap]

Manfaat warga negara – Pengertian warga negara adalah semua penduduk di suatu negara yang memiliki hak dan kewajiban penuh sebagai seorang warga negara di negara tersebut seperti yang diatur dalam undang-undang. Fungsi warga negara sangat penting untuk keberlangsungan persatuan dan kesatuan negara yang bersangkutan.

Warga negara bisa ditetapkan berdasarkan garis keturunan atau berdasarkan tempat kelahiran. Hal ini membuat asas kewarganegaraan dibedakan menjadi 2 (dua) yakni ius sanguinis (berdasarkan keturunan) dan ius soli (berdasarkan tempat kelahiran).

Di Indonesia, menganut asas sanguinis berdasarkan garis keturunannya. Selain itu, hal-hal mengenai kewarganegaraan juga telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, termasuk apa saja hak dan kewajiban warga negara Indonesia yang didapatkan.

Tentunya keberadaan warga negara memiliki peran dan fungsi bagi terciptanya stabilitas nasional serta persatuan dan kesatuan. Hal ini juga sesuai dengan tujuan negara secara umum yakni untuk menciptakan kesejahteraan, kedaulatan hukum, perdamaian, serta jaminan atas hak dan kewajiban warganya.

manfaat warga negara

Manfaat Warga Negara

Apa saja manfaat yang didapat dengan menjadi warga negara? Berikut ini merupakan fungsi dan manfaat warga negara secara umum.

Syarat Terbentuknya Suatu Negara

Tahukah kamu bahwa salah satu syarat terbentuknya suatu negara adalah adanya warga negara. Ya, salah satu dari 4 unsur-unsur negara adalah penduduk. Artinya tanpa adanya warga negara, maka tidak ada negara, sehingga peran warga negara sangat penting bagi eksistensi negara tersebut.

Sebagai Pengawas Proses Pemerintahan

Warga negara juga memiliki fungsi untuk membantu pemerintah. Salah satu caranya adalah dengan menjadi pengawas proses pemerintahan. Fungsi kontrol pemerintah ini dipegang oleh rakyat sehingga kritik dan saran bisa disampaikan ke pemerintah yang sah dan berdaulat.

Terciptanya Persatuan dan Kesatuan

Manfaat warga negara berikutnya adalah untuk menciptakan persatuan dan kesatuan. Tiap-tiap individu di suatu negara memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing untuk menjaga ketertiban dan keamanan di daerahnya, sehingga akan menciptakan persatuan dan kesatuan secara nasional.

Mendapat Fasilitas dan Layanan Publik

Dengan menjadi warga negara, maka kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas dan layanan publik. Hal itu meliputi layanan kesehatan, keamanan, ekonomi, sosial, budaya serta kependudukan. Pemerintah memang bertugas untuk memberikan pelayanan publik kepada penduduknya.

Memiliki Status Kewarganegaraan

Manfaat warga negara selanjutnya adalah menjadikan kita memiliki status kewarganegaraan. Artinya kita terikat pada suatu negara sebagai tanah air yang kita perjuangkan. Dalam kehidupan sosial, penting untuk berinteraksi kepada sesama serta kepada negara dengan cara mentaati peraturan hukum atau lewat upaya bela negara.

Nah itulah pembahasan mengenai 5 fungsi dan manfaat warga negara dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan para pembaca.

Tinggalkan komentar