50+ Manfaat Air Beserta Fungsi dan Kegunaan Air Bagi Kehidupan

50+ Manfaat Air Beserta Fungsi dan Kegunaan Air Bagi Kehidupan

Manfaat air bagi kehidupan – Manusia membutuhkan air, begitu pula dengan makhluk hidup lain. Air bisa kita jumpai dimana-mana, baik di laut, danau, sungai, kamar mandi, sumur, kolam, gelas dan lain-lain. Ada banyak manfaat dan fungsi air bagi manusia dan bagi lingkungan.

Menurut KBBI, pengertian air adalah cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau yang terdapat dan diperlukan dalam kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan yang secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen.

Air menjadi salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ada banyak manfaat air bagi manusia dan bagi makhluk hidup lain. Tanpa air, manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Tanpa air, tidak akan ada kehidupan di planet bumi.

(baca juga sifat benda cair)

manfaat air

Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia

Apa saja manfaat air bagi kehidupan manusia dan bagi lingkungan alam? Ada banyak fungsi air yang kita rasakan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat air dan penjelasannya.

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Manusia

Salah satu fungsi utama air adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan pada manusia. Manusia memang tidak boleh kehabisan cairan dalam tubuh. Hal ini bertujuan agar tidak terkena dehidrasi yang dapat berakibat fatal bagi tubuh manusia.

Untuk itu kita dianjurkan untuk rutin minum air putih yang menyehatkan setiap hari. Dengan rutin minum air putih, tubuh menjadi sehat dan fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Membantu Pekerjaan Sehari-Hari

Bisakah kamu membayangkan kehidupanmu tanpa air? Faktanya air juga berguna untuk membantu pekerjaan sehari-hari manusia. Ada banyak kegiatan manusia sehari-hari yang sangat membutuhkan air untuk melakukannya.

Contoh kegiatan sehari-hari manusia yang membutuhkan air misalnya adalah mencuci piring, mencuci baju, memasak, mengepel lantai dan lain-lain. Manusia tidak akan bisa melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa adanya air.

3. Menjaga Kesehatan

Manfaat air juga penting untuk menjaga kesehatan. Penerapannya bisa dilihat dalam berbagai hal, misalnya air digunakan untuk membersihkan badan yang kotor. Air juga dimanfaatkan membersihkan berbagai peralatan rumah tangga agar dapat digunakan secara higienis.

Fungsi air pada bidang kesehatan juga ada saat kita minum air putih, yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Tanpa air manusia tentu tidak akan bisa menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitarnya.

4. Menjaga Kelestarian Alam

Air sangat penting untuk menjaga kelestarian alam. Adanya air membuat lingkungan menjadi lebih sejuk dan lebih asri. Air juga menjadi ekosistem bagi makhluk hidup yang penting untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Adanya hujan juga memiliki banyak manfaat seperti mencegah kekeringan atau menjadi berkah bagi sektor pertanian. Dimanapun tempatnya, adanya air selalu memberi manfaat bagi lingkungan.

5. Menjadi Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Manfaat air juga penting bagi makhluk hidup. Air juga menjadi habitat tempat tinggal makhluk hidup. Baik itu di laut, danau, sungai, kolam atau akuarium, ekosistem air menjadi penting bagi hewan dan tumbuhan yang hidup di perairan.

Tidak hanya ikan saja yang hidup di air, tapi juga hewan air seperti udang, kepiting, cumi cumi dan bintang laut serta tumbuhan air seperti rumput laut dan alga.

6. Membantu Sektor Pertanian

Manfaat air bisa dirasakan dalam banyak bidang. Air juga penting dalam sektor pertanian. Para petani sangat membutuhkan air agar bisa lancar dalam bertani dan bercocok tanam. 

Dalam bidang pertanian, manfaat air sangat diperlukan untuk irigasi. Irigasi adalah pengaliran air menurut sistem tertentu untuk sawah dan sebagainya. Tanpa air, tidak akan ada pertanian.

7. Membersihkan dan Menyegarkan Tubuh

Manfaat air juga penting untuk membersihkan dan menyegarkan tubuh. Air berguna untuk membersihkan badan yang kotor, caranya yaitu dengan mandi yang kita lakukan sehari-hari. Selain itu, tubuh akan bersih dari kuman dan bakteri yang ada.

Saat tubuh lelah, air juga bisa digunakan untuk membuat badan lebih segar. Dengan air, tubuh akan menjadi lebih fresh agar kita lebih semangat dalam melanjutkan pekerjaan sehari-hari. 

8. Sarana Mencari Nafkah

Air juga bisa digunakan sebagai sarana mencari nafkah. Bagaimana penerapannya? Saat ini ada banyak para pedagang yang menjual air galon atau air bersih lain. Masyarakat membutuhkannya guna memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari.

Selain itu banyak produk air mineral kemasan yang diperjualbelikan. Tanpa kita sadari air juga dapat mendatangkan keuntungan berupa uang bagi para pelaku yang terlibat di dalamnya, mulai dari produsen hingga para distributor penjualnya.

9. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat air lainnya adalah merawat kesehatan kulit tubuh. Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh tingkat kelembaban kulit. Salah satu faktornya adalah jumlah konsumsi air minum yang kita konsumsi sehari-hari.

Air secara tidak langsung juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Jika kita rutin mengkonsumsi air putih, kulit kita akan menjadi lebih segar dan lebih halus, dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi air putih sehari-hari.

Nah itulah beberapa manfaat air bagi kehidupan manusia dan bagi lingkungan sekitar. Air memang sangat bermanfaat bagi manusia. Tanpa air, manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Untuk itu kita harus menjaga kelestarian sumber air di sekitar kita.

Tinggalkan komentar