7+ Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Bermasyarakat yang Beragam

7+ Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Bermasyarakat yang Beragam

Manfaat toleransi – Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Manfaat toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi dan konflik. Sikap toleransi sangat penting untuk dapat diwujudkan terutama dalam masyarakat multikultur yang berbeda suku, ras, dan agama.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian toleransi adalah sifat atau sikap toleran, yakni bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

Istilah toleransi erat kaitannya dengan hubungan antar umat beragama. Faktanya sikap toleransi tidak hanya dapat diwujudkan dalam kerukunan umat beragama saja, tapi juga bisa diterapkan pada masyarakat yang berbeda suku, ras hingga golongan-golongan tertentu.

Indonesia merupakan negara dengan keadaan masyarakat yang heterogen, terdiri dari banyak suku, ras, dan agama. Untuk itu penting bagi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, guna menciptakan kerukunan, kedamaian, ketertiban, dan keamanan di kalangan masyarakat.

(baca juga macam-macam norma)

manfaat toleransi

Manfaat Toleransi

Berikut merupakan beberapa fungsi, tujuan, dan manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat multikultur.

1. Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

Manfaat toleransi antar umat beragama tentunya akan menciptakan kerukunan di kalangan masyarakat. Adanya toleransi membuat masyarakat yang berbeda agama, suku atau ras bisa hidup berdampingan dan saling menghargai satu sama lain.

2. Menghindari Konflik dan Perpecahan

Toleransi memiliki fungsi penting untuk menghindari terjadinya konflik dan perpecahan. Dalam sejarah, banyak konflik yang terjadi akibat perbedaan ras atau agama. Dengan toleransi maka hal-hal seperti itu tidak akan terjadi karena sikap menghargai masyarakat satu dengan yang lainnya.

3. Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Tujuan toleransi juga berfungsi untuk meningkatkan rasa persaudaraan dalam kalangan masyarakat. Sikap bertoleransi terhadap orang lain tentunya akan menimbulkan rasa sayang, rasa kepedulian dan juga rasa persaudaraan yang kuat.

4. Memperkuat Keimanan Individu

Rasa toleransi yang tinggi ternyata juga dapat memperkuat tingkat keimanan seseorang terhadap ajaran agamanya. Pada tiap ajaran agama apa pun pasti mengajarkan sikap toleransi. Dengan menerapkan sikap toleransi tentu kita melakukan ajaran agama dan bisa memperkuat rasa iman kita.

5. Mewujudkan Keamanan dan Kedamaian

Fungsi toleransi bisa digunakan untuk mewujudkan keamanan dan kedamaian dalam masyarakat. Toleransi akan menghindarkan terjadinya konflik antar suku dan agama. Masyarakat yang heterogen bisa berdampingan secara aman dan damai di suatu wilayah.

6. Melatih Diri Menjadi Lebih Baik

Toleransi juga memiliki manfaat bagi diri sendiri. Dengan menumbuhkan sikap toleransi, akan membuat seseorang menjadi lebih baik lagi. Sikap saling menghargai dan menahan amarah dibutuhkan dalam menerapkan toleransi yang tentunya berdampak agar diri sendiri menjadi lebih baik.

7. Mempercepat Pembangunan Negara

Manfaat toleransi juga bisa dirasakan secara nasional, yaitu terjaminnya pembangunan negara secara nasional. Toleransi menjadi bentuk nyata kedamaian dan ketentraman masyarakat, sehingga program pembangunan pemerintah bisa diwujudkan secara efektif disertai bentuk partisipasi aktif masyarakat.

Nah itulah 7 manfaat toleransi dalam kehidupan masyarakat yang multikultur di Indonesia beserta fungsi dan tujuannya. Tentunya kita juga harus menumbuhkan sikap toleransi antar sesama baik kepada masyarakat yang berbeda agama, suku, ras atau antar golongan.

Tinggalkan komentar