5+ Macam-Macam Seni Beserta Jenis-Jenis dan Contohnya [Lengkap]

5+ Macam-Macam Seni Beserta Jenis-Jenis dan Contohnya [Lengkap]

Macam-macam seni – Pengertian seni adalah sebuah karya yang dibuat dengan ide gagasan dan wujud ekspresi dari seorang seniman yang mempunyai nilai keindahan dan mampu membangkitkan perasaan. Contoh karya seni bisa kita temui di sekitar kita, seperti lukisan, patung, kain batik, ukiran, musik, tarian, puisi, dan sebagainya.

Seni memiliki banyak fungsi, misalnya sebagai media hiburan serta sebagai sarana ritual dan keagamaan. Fungsi seni juga penting sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional. Sebuah seni memiliki nilai estetika yang memberi kepuasan bagi orang yang menikmatinya.

Secara umum seni dibedakan menjadi dua, yakni seni murni dan seni terapan. Adapun perbedaan seni rupa murni dan terapan bisa dilihat dari fungsinya. Seni murni hanya menonjolkan sisi artistiknya saja, sementara seni terapan memiliki nilai fungsi dan kegunaan bagi manusia.

Terdapat banyak jenis-jenis seni yang dibedakan dari unsur-unsur dan karakteristiknya. Ada contoh karya seni yang bisa dinikmati dengan indera penglihatan seperti patung dan lukisan. Ada juga contoh karya seni yang dinikmati lewat indera pendengaran seperti seni musik.

(baca juga macam-macam seni rupa)

macam-macam seni

Jenis-Jenis Seni

Berikut akan diulas apa saja macam-macam seni beserta pengertian, karakteristik, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contohnya.

1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan jenis seni yang objeknya dapat dinikmati melalui media penglihatan dan perabaan. Seni rupa berfokus pada wujud dan rupa yang bisa diekspresikan dan memiliki nilai keindahan. Jenis seni rupa terdiri dari karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.

Seni rupa umumnya memang mengedepankan nilai artistiknya. Yang termasuk contoh karya seni rupa antara lain adalah lukisan, patung, pahat, kerajinan tangan, dan sebagainya.

2. Seni Musik

Seni musik merupakan jenis seni yang menggunakan bunyi sebagai unsur utamanya. Dalam seni musik juga mempertimbangkan beberapa unsur seperti melodi, harmoni, ritme, tempo, dan tangga nada.

Seni musik bisa terwujud dengan bantuan berbagai alat instrumen musik seperti gitar, trumpet, drum, gendang, rebana, banjo, biola, saksofon, seruling, angklung, dan sebagainya.

3. Seni Tari

Seni tari adalah jenis seni yang memanfaatkan gerakan tubuh yang mengikuti irama tertentu sebagai bentuk keindahan. Umumnya seni tari diiringi oleh irama dan musik pengiring. Unsur-unsur seni tari meliputi raga, irama, rasa, properti, kostum, dan pola panggung.

Gerakan tarian bisa memiliki makna tertentu dan bisa menjadi wujud ekspresi dari sang penari. Orang yang menciptakan gerakan tarian disebut sebagai koreografer.

4. Seni Teater

Seni teater adala seni yang memvisualisasikan imajinasi atau buah pikiran seseorang dalam sebuah pertunjukan. Jenis seni ini disebut juga sebagai seni drama atau seni peran. Umumnya pertunjukan teater dilakukan di atas panggung dan melibatkan beberapa pemain.

Seni teater juga sering dikombinasikan dengan seni musik dan seni tari. Teater dapat dinikmati lewat indera penglihatan dan pendengaran. Cerita dalam seni drama juga disesuaikan dengan perkembangan zaman.

5. Seni Sastra

Jenis seni yang terakhir adalah seni sastra, yaitu jenis seni yang diwujudkan melalui susunan rangkaian bahasa baik lisan maupun tulisan. Seni sastra merangkai kata-kata dengan baik dan pas sehingga tercipta susunan kata yang indah dan puitis.

Puisi merupakan jenis seni sastra paling terkenal sebagai wujud ekspresi diri terhadap topik tertentu. Yang termasuk seni sastra antara lain adalah prosa, pantun, puisi, syair, gurindam, dan sebagainya.

Nah itulah penjelasan 5 macam-macam seni beserta pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan contohnya lengkap. Secara umum terdapat 5 jenis-jenis seni yakni seni rupa, seni musik, seni tari, seni teater, dan seni sastra.

Tinggalkan komentar