10+ Faktor Keberhasilan Wirausaha Agar Sukses dan Penjelasannya

10+ Faktor Keberhasilan Wirausaha Agar Sukses dan Penjelasannya

Faktor keberhasilan wirausaha – Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan, yang berguna untuk mengambil keuntungan serta mengambil tindakan yang tepat untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Menjadi wirausaha tidaklah mudah, karena dibutuhkan sifat-sifat seperti kreatif, jujur, berwawasan luas serta berani mengambil resiko. Kebanyakan orang takut membuka usaha sendiri karena dibayang-bayangi kegagalan. Padahal jika direncanakan dengan matang, seorang wirausaha bisa menggapai kesuksesan besar.

Menjadi wirausaha memang mendatangkan banyak keuntungan, mulai dari waktu kerja yang fleksibel serta kekuasaan mengontrol keuangan sendiri. Namun resiko kegagalan yang mungkin terjadi juga harus diperhatikan. Untuk itu penting untuk memperhatikan faktor-faktor penyebab suksesnya wirausaha.

Ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi sukses tidaknya seorang wirausaha. Tentu yang dilihat tidak hanya kerja keras yang dilakukan, tapi juga seberapa cerdas seorang wirausaha melakukan dan merencanakan strategi serta mewujudkannya dalam dunia bisnis yang dijalani. Selain itu faktor eksternal juga turut diperhatikan.

(baca juga pengertian UMKM)

faktor keberhasilan wirausaha

Faktor Keberhasilan Wirausaha

Untuk itu berikut ini akan dibahas mengenai apa saja faktor-faktor yang mempengarhi keberhasilan dan kesuksesan wirausaha secara umum.

1. Faktor Peluang

Faktor peluang turut mempengaruhi keberhasilan wirausaha. Peluang yang ada harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Tentu wirausaha yang baik pintar memanfaatkan peluang sesuai dengan tren pasar serta kemampuan yang dimiliki.

2. Faktor SDM

Selanjutnya ada faktor SDM atau Sumber Daya Manusia. Sebuah usaha baru akan sukses jika memiliki SDM yang berkualitas. SDM berperan menjalankan operasional usaha sehingga harus kompeten dan sesuai dengan tugas masing-masing.

3. Faktor Keuangan

Salah satu faktor penting dalam kesuksesan wirausaha adalah faktor keuangan. Hal ini meliputi modal awal, pengelolaan hutang, untung rugi yang didapat serta biaya produksi dan operasional. Arus kas dan keuangan harus diperhatikan sedemikian rupa agar dapat meraih keuntungan.

4. Faktor Organisasi

Selanjutnya ada faktor organisasi yang juga mempengaruhi sukses tidaknya wirausaha. Usaha yang berjalan lancar tentu ditunjang struktur organisasi yang baik dan efisien. Suatu organisasi harus bersifat dinamis dan berorientasi ke depan agar terus berkembang.

5. Faktor Perencanaan

Yang tak kalah penting adalah faktor perencanaan. Seorang wirausaha harus mampu membuat planning atau perencanaan yang baik, termasuk memperhitungkan resiko yang dihadapi serta potensi keuntungan yang didapat. Perencanaan yang baik akan melancarkan usaha yang digeluti.

6. Faktor Pengelolaan Usaha

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah faktor pengelolaan usaha. Suatu usaha harus dikelola dengan baik, efisien, dan sesuai target yang telah ditetapkan. Faktor ini mengarah pada realisasi dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

7. Faktor Pemasaran dan Penjualan

Kunci sukses wirausaha tak lepas dari strategi pemasaran dan penjualan yang bagus. Pemasaran sangat penting sebagai media promosi untuk menjangkau sasaran konsumen. Jika sudah berjalan baik, maka tingkat penjualan akan terus naik dari waktu ke waktu dan mendatangkan keuntungan.

8. Faktor Administrasi

Meski terlihat sepele, namun administrasi perusahaan sangat penting untuk diperhatikan. Berbagai jenis-jenis administrasi seperti pencatatan, dokumentasi, pengumpulan data, dan pengelompokkan data administrasi sangat penting untuk strategi dan pengembangan perusahaan.

9. Faktor Kebijakan Pemerintah

Tak hanya faktor internal, ada juga faktor eksternal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kebijakan pemerintah. Peraturan pemerintah pada bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya penting untuk kelancaran usaha kita, misalnya pada izin usaha, pajak pendapatan, legalitas produk, pengembangan budaya lokal, dan sebagainya.

10. Faktor Catatan Bisnis

Faktor keberhasilan wirausaha yang terakhir adalah catatan bisnis. Beberapa contoh catatan bisnis misalnya adalah catatan keuangan (neraca, laba rugi, modal), catatan SDM dan personalia (jumlah karyawan, golongan, produktivitas), catatan pemasaran (konsumen, area, penjualan), dan catatan produksi (stok, kualitas, jumlah produksi).

Nah itulah pembahasan 10 faktor keberhasilan wirausaha beserta contoh dan penjelasannya lengkap. Seorang wirausaha harus bisa memiliki semua faktor tersebut agar bisa mencapai kesuksesan dan keberhasilan dalam dunia usaha yang dijalani.

Tinggalkan komentar