10+ Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Dihindari dan Penjelasannya

10+ Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Dihindari dan Penjelasannya

Faktor kegagalan wirausaha – Pengertian wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil resiko untuk membaca peluang sebuah usaha yang akan atau sedang dilakukannya. Wirausaha berani membuka usaha sendiri demi meraih kesuksesan dalam dunia bisnis dengan segala resiko kegagalan yang mungkin dihadapi.

Seorang wirausaha harus pintar melihat peluang untuk meminimalisir resiko kegagalan dalam membuka usaha. Tentunya berbagai sifat dan perilaku wirausaha seperti berani, tekun, pekerja keras, jujur serta berorientasi ke depan harus dimiliki jika ingin meraih kesuksesan. Tekad yang kuat sangat penting sebagai faktor keberhasilan wirausaha.

Kebanyakan orang juga takut gagal dalam berwirausaha. Setiap wirausaha tentu tidak menginginkan kegagalan. Motivasi untuk mengagapai kesuksesan harusnya terus menjadi pendorong bagi para wirausaha agar membekali diri sehingga menjadi wirausaha yang tangguh.

Menurut teori, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegagalan seorang wirausaha. Umumnya faktor kegagalan ini berasal dari diri sendiri, misalnya kurangnya kompetensi atau perencanaan yang kurang matang. Namun bisa juga berupa faktor eksternal seperti lokasi yang tidak strategis atau salah memilih peralatan produksi.

(baca juga macam-macam iklan)

faktor kegagalan wirausaha

Faktor Kegagalan Wirausaha

Untuk itu berikut ini akan dibahas mengenai apa saja faktor-faktor yang mempengarhi kegagalan wirausaha secara umum.

1. Tidak Kompeten dalam Manajerial

Faktor yang mempengaruhi kegagalan wirausaha salah satunya adalah kurang kompeten dalam sistem dan prinsip manajemen. Hal ini membuat manajemen usaha menjadi kacau dan tidak sesuai dengan yang semestinya, akibatnya usaha bisa gagal.

2. Kurang Berpengalaman

Pengalaman adalah hal penting dalam dunia bisnis. Tanpa adanya pengalaman dalam manajemen dan koordinasi SDM, tentu akan sulit untuk mengembangkan usaha. Ada baiknya untuk mencari pengalaman terlebih dahulu atau mengikuti pelatihan sebelum terjun sebagai wirausaha.

3. Pengelolaan Keuangan Buruk

Sistem pengelolaan keuangan yang baik menjadi penting dalam menentukan sukses tidaknya usaha. Jika pengendalian keuangan buruk, maka bisa dipastikan usaha yang dijalani akan gagal total akibat arus kas yang kacau balau.

4. Perencanaan Kurang Matang

Perencanaan matang menjadi kunci keberhasilan wirausaha. Sebaliknya, jika perencanaan kurang matang dan terkesan seadanya, maka bisa dipastikan usaha yang dijalankan tidak akan berjalan lama. Calon wirausaha harus benar-benar memperhatikan faktor ini.

5. Lokasi Tidak Strategis

Lokasi usaha yang strategis menjadi penting untuk kesuksesan usaha. Jika lokasi usaha kita tidak strategis dan jauh dari akses masyarakat, maka usaha kita akan jalan di tempat dan lama-lama akan bangkrut. Lokasi usaha menjadi penting untuk diperhatikan sebelum memulai usaha baru.

6. Kurangnya Pengawasan Peralatan

Peralatan bisnis harus mengacu pada efektifitas dan efisiensi pekerjaan. Hindari membeli peralatan yang tidak banyak kegunaannya. Jika peralatan usaha yang dibeli memiliki kualitas buruk, maka tidak akan bertahan lama dan akan mempengaruhi proses produksi.

7. Tekad Kurang Kuat

Tekad kuat menjadi modal penting bagi wirausaha sebelum memulai usaha. Tanpa adanya tekad, tentu pikiran wirausaha akan tergoncang jika ada masalah dan resiko yang dihadapi. Akibatnya keberlangsungan usaha akan terancam jika tidak ada tekad yang kuat dari seorang wirausaha.

8. Kurang Siap dalam Peralihan Bisnis

Banyak wirausaha baru yang merupakan mantan karyawan dan mencoba peruntungan membuka usaha sendiri. Terkadang mereka tidak siap menghadapi usaha baru yang dijalani. Belum lagi jika ada tren-tren baru seperti tren jual beli online. Peralihan usaha seperti itu harus bisa dihadapi untuk menghindari kegagalan.

Nah itulah pembahasan 8 faktor kegagalan wirausaha beserta contoh dan penjelasannya lengkap. Seorang wirausaha harus bisa menghindari faktor-faktor tersebut agar dapat terhindar dari kegagalan di tengah jalan saat menjalankan usaha tertentu.

Tinggalkan komentar