Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Beserta Contoh dan Penjelasannya

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Beserta Contoh dan Penjelasannya

Bentuk-bentuk perubahan sosial – Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di kalangan masyarakat yang memberi pengaruh tertentu. Contoh perubahan sosial ada banyak dan sering kita lihat di sekitar. Selain itu terdapat pengelompokkan jenis-jenis perubahan sosial yang didasarkan beberapa faktor tertentu.

Pengertian perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya termasuk nilai, sikap sosial atau pola perilaku di antara individu dan kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Contoh perubahan sosial di masyarakat dapat kita amati di lingkungan sekitar, misalnya perubahan gaya berpakaian atau gaya rambut, perubahan pekerjaan, perubahan pola pikir dan lain sebagainya. Salah satu faktor pendorong perubahan sosial yang utama adalah arus globalisasi, kemajuan teknologi dan pengaruh budaya barat.

Selain itu ada banyak bentuk-bentuk perubahan sosial yang ada. Pengelompokkan jenis-jenis perubahan sosial dibagi berdasarkan beberapa faktor, misalnya dari kecepatan proses terjadinya, perencanaan masyarakat, dampak dan pengaruh yang diberikan serta hasil dan arah perkembangannya.

(baca juga contoh penyimpangan sosial)

bentuk-bentuk perubahan sosial

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Ada beberapa jenis-jenis perubahan sosial yang didasarkan pada kecepatan waktu perubahan, perencanaannya, pengaruhnya serta arah perkembangannya. Berikut merupakan pembahasan bentuk-bentuk perubahan sosial beserta penjelasannya.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Prosesnya

Bentuk-bentuk perubahan sosial menurut proses dan waktunya dibagi menjadi dua yakni perubahan sosial lambat atau evolusi serta perubahan sosial cepat atau revolusi.

1. Perubahan Sosial Lambat (Evolusi)

Pengertian perubahan sosial lambat atau evolusi adalah perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Contoh perubahan sosial evolusi adalah masyarakat pedalaman di pelosok yang dulu menolak masuknya teknologi seiring berjalannya waktu mulai menerima masuknya teknologi seperti listrik dan ponsel sedikit demi sedikit.

2. Perubahan Sosial Cepat (Revolusi)

Pengertian perubahan sosial cepat atau revolusi adalah perubahan sosial yang berlangsung secara cepat mengenai unsur-unsur kehidupan atau lembaga-lembaga masyarakat yang berlangsung relatif cepat. Dalam revolusi, perubahan dapat terjadi dengan direncanakan atau tidak direncanakan.

Contoh perubahan sosial revolusi adalah Revolusi Industri yang pernah terjadi di bangsa Eropa yang merevolusi sektor industri saat itu.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Perencanaannya

Bentuk-bentuk perubahan sosial menurut perencanaannya dibagi menjadi dua yakni perubahan sosial direncanakan serta perubahan sosial tidak direncanakan.

1. Perubahan Sosial Direncanakan

Pengertian perubahan sosial direncanakan adalah perubahan sosial yang dilakukan atas dasar perencanaan matang oleh orang yang melakukan perubahan. Jenis perubahan ini dilakukan atas dasar kehendak pihak yang menginginkan perubahan.

Contoh perubahan sosial direncanakan misalnya yaitu kebijakan imunisasi untuk kesehatan balita atau kebijakan keluarga berencana dari pemerintah.

2. Perubahan Sosial Tidak Direncanakan

Pengertian perubahan sosial tidak direncanakan adalah perubahan sosial yang tidak dikehendaki dan ada di luar jangkauan masyarakat. Jenis perubahan ini tidak direncanakan sebelumnya dan dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga-duga.

Contoh perubahan sosial tidak direncanakan misalnya yaitu relokasi rumah warga akibat banjir atau perpindahan penduduk karena wilayahnya terkena gempa bumi.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Pengaruhnya

Bentuk-bentuk perubahan sosial menurut pengaruhnya dibagi menjadi dua yakni perubahan sosial besar serta perubahan sosial kecil.

1. Perubahan Sosial Besar

Pengertian perubahan sosial besar yaitu bentuk perubahan sosial yang menyangkut masyarakat secara luas dan memberi pengaruh besar bagi kehidupan sosial. Jenis perubahan sosial ini memberi dampak yang besar bagi kehidupan sekitar.

Contoh perubahan sosial besar misalnya yaitu pergeseran profesi masyarakat dari sektor agraris ke sektor industri yang memiliki dampak besar.

2. Perubahan Sosial Kecil

Pengertian perubahan sosial kecil yaitu bentuk perubahan sosial yang tidak menyangkut seluruh unsur masyarakat dan tidak mengubah lembaga sosial yang ada di lingkungan sosial. Jenis perubahan sosial ini tidak memberi dampak yang besar bagi kehidupan sosial.

Contoh perubahan sosial kecil misalnya yaitu perubahan mode berpakaian atau perubahan gaya rambut yang tidak memberi dampak besar.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Arah Perkembangan

Bentuk-bentuk perubahan sosial menurut arah perkembangannya dibagi menjadi dua yakni perubahan sosial progress serta perubahan sosial regress.

1. Perubahan Sosial Progress

Pengertian perubahan sosial progress merupakan jenis perubahan sosial yang berkembang menuju ke arah kemajuan. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi kehidupan masyarakat sekitar karena perubahan sosial ini memberikan dampak positif.

Contoh perubahan sosial progress misalnya yaitu meningkatnya pembangunan listrik ke pelosok serta masuknya teknologi ke pedesaan sehingga menjadi lebih berkembang.

2. Perubahan Sosial Regress

Pengertian perubahan sosial regress merupakan jenis perubahan sosial yang berkembang menuju ke arah kemunduran. Hal ini tentu akan memberikan kerugian bagi kehidupan masyarakat sekitar karena perubahan sosial ini memberikan dampak negatif.

Contoh perubahan sosial regress misalnya yaitu adanya aktivitas terorisme yang menimbulkan korban jiwa atau penyalahgunaan obat-obat terlarang yang dapat merusak bangsa.

Nah itulah macam-macam perubahan sosial beserta contoh dan penjelasannya. Ada banyak jenis-jenis perubahan sosial dilihat dari banyak faktor, mulai dari proses terjadinya, besar kecilnya pengaruh, maju mundurnya arah perkembangan dan perencanaannya.

Tinggalkan komentar