letak geografis malaysia

Letak Geografis Malaysia Beserta Batas Wilayah dan Pengaruhnya

Letak geografis Malaysia – Malaysia merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Malaysia juga termasuk salah satu negara anggota ASEAN. Ibukota Malaysia ada di kota Kuala Lumpur. Luas wilayahnya sebesar 330.803 km persegi, sementara jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 32,7 juta jiwa.

Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia. Bentuk negaranya adalah federal dengan 13 negara bagian dan 3 daerah federal. Negara Malaysia terdiri dari dua wilayah utama, yakni Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur, dimana keduanya dipisahkan oleh perairan Laut China Selatan.

Dilihat dari garis lintang dan garis bujurnya, letak astronomis Malaysia ada pada titik 1°LU – 7° LU serta 100° BT – 119° BT. Sementara untuk letak Malaysia secara geografis dan pengaruhnya, akan dibahas pada pembahasan artikel di bawah ini.

(baca juga nama kota di Malaysia)

letak geografis malaysia

Letak Geografis Malaysia

Malaysia terletak di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Secara geografis, letak Malaysia dibagi menjadi dua bagian, yakni wilayah Semenanjung Malaysia yang ada di sebelah selatan Thailand dan sebelah utara Singapura serta wilayah Malaysia Timur yang ada di bagian utara pulau Kalimantan (Borneo).

Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh perairan Laut China Selatan. Wilayah Semenanjung Malaysia berbatasan dengan negara Thailand, Singapura, dan Indonesia. Sementara wilayah Malaysia Barat memiliki batas darat dengan negara Brunei Darussalam dan Indonesia.

Batas Wilayah Malaysia

Malaysia memiliki batas-batas dengan wilayah di sekitarnya, baik wilayah daratan atau perairan. Malaysia berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, seperti Indonesia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Berikut ini merupakan batas wilayah Malaysia di sebelah utara, timur, selatan, dan barat.

  • Sebelah utara : Thailand, Brunei Darussalam, Laut China Selatan
  • Sebelah timur : Laut Sulawesi, Indonesia
  • Sebelah selatan : Indonesia, Singapura
  • Sebelah barat : Selat Malaka

Pengaruh Letak Geografis Malaysia

Letak Malaysia secara geografis menimbulkan beberapa dampak dan pengaruh pada iklim, ekonomi, dan kondisi geografis. Berikut merupakan pengaruh letak geografis negara Malaysia.

  • Letak Malaysia yang dekat dengan garis khatulistiwa membuat tanahnya subur untuk sektor pertanian.
  • Selain pertanian, lahan pertambangan juga banyak dijumpai di wilayah Malaysia.
  • Negara Malaysia menjadi salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia.
  • Kenanekaragaman hayati dan persebaran flora fauna di Malaysia begitu bervariasi karena posisi geografisnya.
  • Malaysia beriklim tropis dengan pengaruh angin musim. Hal ini juga disebabkan karena posisinya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.
  • Letak Malaysia yang dekat dengan perairan strategis seperti Selat Malaka dan Laut China Selatan membuatnya dilewati jalur perdagangan internasional.

Nah itulah pembahasan mengenai letak geografis negara Malaysia beserta batas-batas wilayah, dampak dan pengaruhnya. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan tentang profil negara Malaysia selengkapnya.

Tinggalkan komentar